Pembinaan Olimpiade: Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fertilia Ikashaum
Juitaning Mustika
Zahwa Eza Soeseno
Bagas Bayu Winata

Abstract

Keberhasilan siswa dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) menunjukkan pengalamannya dalam mengatasi soal-soal matematika bersifat penalaran. Namun sayangnya proses pembinaan olimpiade di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) WU masih dilakukan dengan cara membiasakan penyelesaian soal-soal bersifat rutin. Dengan demikian, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa di SDIT WU. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah siswa-siswi kelas 3, 4, dan 5 yang sedang mengikuti persiapan OSN tingkat kabupaten/kota. Metode yang digunakan adalah pendampingan intensif yang melatih mereka mengembangkan kemampuan penalaran matematis melalui metode drill dan penemuan terbimbing. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan siswa terbiasa mengerjakan soal-soal matematika dengan tingkat kesukaran relatif tinggi sehingga memiliki daya penalaran untuk berpikir, mengambil keputusan dan bertindak secara ilmiah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ikashaum, F., Mustika, J., Soeseno, Z. E., & Winata, B. B. (2021). Pembinaan Olimpiade: Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis . JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 300-308. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i2.618

References

Batubara, Ismail Hanif. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra.” Journal Mathematics Education Sigma (JMES) 1, no. 1 (2020): 24–28.
Ernawati, Tri Maniarta Sari, A S Alonemarera, Fitriani Abdul Asis, and Dina Nurhayati. “Persiapan Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 Melalui Bimbingan Belajar Di SD Negeri 1 Lamokato Kabupaten Kolaka.” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 2 (2021): 598–609.
Hadi, Abdul. “Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Metode Drill Dan Metode Ekspositori Pada Kelas VII SMP Negeri 3 Makassar.” Pedamath: Journal on Pedagogical Mathematics 2, no. 1 (2019): 18–26.
Irnayanti, Ayu, Tegoeh S. Karniman, and Anggraini. “Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dan Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teorema Phytagoras Di Kelas VIII C SMP Negeri 3 Balinggi.” Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika 6, no. 4 (2019): 418–428.
Maftukha, Siti. “Metode Latihan Berjenjang Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Operasi Perkalian Dan Pembagian.” Jurnal Kependidikan Betara (JKB) 2, no. 2 (2021): 79–85.
Mariyati, Yuni, Intan Dwi Hastuti, and Nursina Sari. “Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat.” Sinergi: Jurnal Pengabdian Ummat 2, no. 1 (2019): 19–21.
Nursehah, Uvia, and Rika Rahmadini. “Penerapan Metode Drill and Practice Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di SDIT Enter Kota Serang.” Pelita Calistung 2, no. 01 (2021): 73–82.
Purnamasari, Mega, Jainuri Isman, Aulia Damayanti, and Ismah. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas Dan Volume Balok Dan Kubus Menggunakan Metode Drill Sekolah Smp Islam Al-Ghazali Kelas Viii.” FIBONACI : Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika 3, no. 1 (2017): 45–52.
Rofi’ah, Nur, Hidayah Ansori, and Siti Mawaddah. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 7, no. 2 (2019): 120.
Yaqutunnafis, Lale. “Manajemen Kelas Olimpiade Sains Nasional (OSN) DI MTs Negeri 1 Kota Mataram.” Media Bina Ilmiah 14, no. 10 (2020): 3281–3290.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'