Pembinaan Olimpiade: Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Keberhasilan siswa dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) menunjukkan pengalamannya dalam mengatasi soal-soal matematika bersifat penalaran. Namun sayangnya proses pembinaan olimpiade di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) WU masih dilakukan dengan cara membiasakan penyelesaian soal-soal bersifat rutin. Dengan demikian, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa di SDIT WU. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah siswa-siswi kelas 3, 4, dan 5 yang sedang mengikuti persiapan OSN tingkat kabupaten/kota. Metode yang digunakan adalah pendampingan intensif yang melatih mereka mengembangkan kemampuan penalaran matematis melalui metode drill dan penemuan terbimbing. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan siswa terbiasa mengerjakan soal-soal matematika dengan tingkat kesukaran relatif tinggi sehingga memiliki daya penalaran untuk berpikir, mengambil keputusan dan bertindak secara ilmiah.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Ernawati, Tri Maniarta Sari, A S Alonemarera, Fitriani Abdul Asis, and Dina Nurhayati. “Persiapan Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 Melalui Bimbingan Belajar Di SD Negeri 1 Lamokato Kabupaten Kolaka.†BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 2 (2021): 598–609.
Hadi, Abdul. “Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Metode Drill Dan Metode Ekspositori Pada Kelas VII SMP Negeri 3 Makassar.†Pedamath: Journal on Pedagogical Mathematics 2, no. 1 (2019): 18–26.
Irnayanti, Ayu, Tegoeh S. Karniman, and Anggraini. “Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dan Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teorema Phytagoras Di Kelas VIII C SMP Negeri 3 Balinggi.†Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika 6, no. 4 (2019): 418–428.
Maftukha, Siti. “Metode Latihan Berjenjang Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Operasi Perkalian Dan Pembagian.†Jurnal Kependidikan Betara (JKB) 2, no. 2 (2021): 79–85.
Mariyati, Yuni, Intan Dwi Hastuti, and Nursina Sari. “Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat.†Sinergi: Jurnal Pengabdian Ummat 2, no. 1 (2019): 19–21.
Nursehah, Uvia, and Rika Rahmadini. “Penerapan Metode Drill and Practice Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di SDIT Enter Kota Serang.†Pelita Calistung 2, no. 01 (2021): 73–82.
Purnamasari, Mega, Jainuri Isman, Aulia Damayanti, and Ismah. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas Dan Volume Balok Dan Kubus Menggunakan Metode Drill Sekolah Smp Islam Al-Ghazali Kelas Viii.†FIBONACI : Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika 3, no. 1 (2017): 45–52.
Rofi’ah, Nur, Hidayah Ansori, and Siti Mawaddah. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya.†EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 7, no. 2 (2019): 120.
Yaqutunnafis, Lale. “Manajemen Kelas Olimpiade Sains Nasional (OSN) DI MTs Negeri 1 Kota Mataram.†Media Bina Ilmiah 14, no. 10 (2020): 3281–3290.