Sosialisasi Penerapan Pendidikan Multikultural di Era Pademi di Lembaga Bimbingan Belajar GAMA UI Duren Tiga Jakarta

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rina Nurhidayati Soebardji
Ilham Falani
Rini Setiowati

Abstract

Pengenalan atas multikulturalisme menjadi penting diselenggarakan, di tengah keberagaman masyarakat. Masyarakat tidak hanya diajarkan atau dikenalkan tentang adanaya pluralitas di sekelilingnya, melainkan diarahkan dan dituntut mempunyai persepsi yang baik tentang realitas tersebut. Ikhtiar ini perlu setidaknya ditumbuhkan sejak dini, minimal dalam bidang pendidikan. Bidang pendidikan menjadi bidang yang paling kondusif menumbuhkan kesadaran multikultural tersebut. Objektivitas dan ilmiah yang menjadi dasar pengembangan akademik akan memberikan pendasaran logis betapa masyarakat hidup di tengah keragaman budaya. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pemahaman kepada tenaga pengajar Bimbingan Belajar GAMA UI Duren Tiga Jakarta akan pentingnya pendidikan multikultural. Memberikan pemahaman kepada tenaga pengajar Bimbingan Belajar GAMA UI Duren Tiga Jakarta dalam penerapan pendidikan multikultural pada proses pengajaran di Kelas.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rina Nurhidayati Soebardji, Ilham Falani, & Rini Setiowati. (2021). Sosialisasi Penerapan Pendidikan Multikultural di Era Pademi di Lembaga Bimbingan Belajar GAMA UI Duren Tiga Jakarta. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(3), 481-491. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i3.740

References

A. Kusuma, Doni, Pendidikan Multikultural; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global Jakarta: Grasindo, 2007.

Al-Nashr, M. Shofyan, “Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal; Telaah Pemikiran KH.Abdurrahman Wahid (Gus Dur)”, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2010.

Baidhawy,Zakiyuddin. 2005. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Hidayatullah, Furqon, Pendidikan Multikultural; Membangun Peradaban Bangsa, Surakarta: Yuma Pustaka, 2010.

Kesuma, Dharma, Pendidikan Multikultural: Kajian Teori dan Praktek di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

M. Furqon Hidayatullah, Guru Sejati : Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas, Surakarta: Yuma Pustaka, 2009), Cet. 2.

Majid, Abdul, Dian Andayani, Pendidikan Multikultural Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Muhaimin Azzet, Akhmad, Urgensi Pendidikan Multikultural di Indonesia, Jogjakarta: Ar-Ruz Media, 2011.

Supriyatno. Triyo. 2008. Modelisasi Pendidikan Multikultural di Indonesia Jurnal Jabal Hikmah Vol I, Nomor 1, Januari.

Tilaar. H.A.R. 2007. Mengindonesiakan Etnisitas dan Identitas Bangsa Indonesia Tinjauan dari persepektif Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tobroni, dkk. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan, Demokrasi, HAM, Civil Society, dan Multikulturalisme. Malang : PuSAPoM.

Surahmad,. Winarno. 1994. Dasar dan Tehnik Penelitian. Bandung: Trasito.

Warsono, dkk. 2006. Model Pendidikan Multikultural Sebagai Sarana Peningkatan Wawasan Kebangsaan Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Ulul Albab,UIN Malang. No. 1. Vol. 7.

Yaqin, M. Ainul. 2005. Pendidikan Multikulural; Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media.