Sosialisasi Penerapan Pendidikan Multikultural di Era Pademi di Lembaga Bimbingan Belajar GAMA UI Duren Tiga Jakarta
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pengenalan atas multikulturalisme menjadi penting diselenggarakan, di tengah keberagaman masyarakat. Masyarakat tidak hanya diajarkan atau dikenalkan tentang adanaya pluralitas di sekelilingnya, melainkan diarahkan dan dituntut mempunyai persepsi yang baik tentang realitas tersebut. Ikhtiar ini perlu setidaknya ditumbuhkan sejak dini, minimal dalam bidang pendidikan. Bidang pendidikan menjadi bidang yang paling kondusif menumbuhkan kesadaran multikultural tersebut. Objektivitas dan ilmiah yang menjadi dasar pengembangan akademik akan memberikan pendasaran logis betapa masyarakat hidup di tengah keragaman budaya. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pemahaman kepada tenaga pengajar Bimbingan Belajar GAMA UI Duren Tiga Jakarta akan pentingnya pendidikan multikultural. Memberikan pemahaman kepada tenaga pengajar Bimbingan Belajar GAMA UI Duren Tiga Jakarta dalam penerapan pendidikan multikultural pada proses pengajaran di Kelas.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Al-Nashr, M. Shofyan, “Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal; Telaah Pemikiran KH.Abdurrahman Wahid (Gus Dur)â€, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2010.
Baidhawy,Zakiyuddin. 2005. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Hidayatullah, Furqon, Pendidikan Multikultural; Membangun Peradaban Bangsa, Surakarta: Yuma Pustaka, 2010.
Kesuma, Dharma, Pendidikan Multikultural: Kajian Teori dan Praktek di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
M. Furqon Hidayatullah, Guru Sejati : Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas, Surakarta: Yuma Pustaka, 2009), Cet. 2.
Majid, Abdul, Dian Andayani, Pendidikan Multikultural Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Muhaimin Azzet, Akhmad, Urgensi Pendidikan Multikultural di Indonesia, Jogjakarta: Ar-Ruz Media, 2011.
Supriyatno. Triyo. 2008. Modelisasi Pendidikan Multikultural di Indonesia Jurnal Jabal Hikmah Vol I, Nomor 1, Januari.
Tilaar. H.A.R. 2007. Mengindonesiakan Etnisitas dan Identitas Bangsa Indonesia Tinjauan dari persepektif Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Tobroni, dkk. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan, Demokrasi, HAM, Civil Society, dan Multikulturalisme. Malang : PuSAPoM.
Surahmad,. Winarno. 1994. Dasar dan Tehnik Penelitian. Bandung: Trasito.
Warsono, dkk. 2006. Model Pendidikan Multikultural Sebagai Sarana Peningkatan Wawasan Kebangsaan Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Ulul Albab,UIN Malang. No. 1. Vol. 7.
Yaqin, M. Ainul. 2005. Pendidikan Multikulural; Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media.