Pelatihan Penggunaan Aplikasi Sistem Antrian Guna Mencegah Kerumunan Pada Satpas Satlantas Polres Metro
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Antrian adalah keadaan dimana dalam waktu yang bersamaan seseorang menunggu giliran untuk mendapatkan pelayanan. Hail Itu biasa dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kita temui di supermarket, perbankan, pembelian tiket dan tempat lain yang menyediakan jasa layanan. Pada Satpas SIM Polres Metro proses antrian layanan perpanjangan maupun pembuatan SIM sudah menggunakan aplikasi namun aplikasi yang berjalan masih kurang informatif karena tidak ada suara atau audio untuk memanggil nomor antrian serta belum ada layar untuk menampilkan status nomor antrian. Berdasarkan hal tersebut tim pengabdian kepada masyarakat yang terdiri dari dosen dan mahasiswa S1 Program Studi Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Metro bekerjasama dengan Satpas SIM Polres Metro mengembangkan aplikasi serta mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi antrian bagi masyarakat yang membutuhkan layanan di unit tersebut. Ini dilakukan sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan mencegah terjadinya kerumunan pada saat antrian. Hasil dari kegiatan ini yaitu masyarakat memiliki pengetahuan dalam menggunakan aplikasi dengan baik dan benar.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Bahar, M.S., Mananohas, M.L., Montalu, C E.J.C. “Model Sistem Antrian dengan Menggunakan Pola Kedatangan dan Pola Pelayanan Pemohon SIM di Satuan Penyelenggaraan Administrasi SIM Resort Kepolisian Manadoâ€. Jurnal Matematika dan Aplikasi deCertesiaN Vol 7 No 1 (Maret 2018) 15-21
Hilda, “Analisis Antrian Pelayanan Nasabah Pada Pt Bank Syariah Mandiri Cabang Bungkuâ€, E-Journal Manajemen FE UNTAD, Vol 4, No 3 (2018)
Jatmika, B., “Sistem Antrian Pelayanan Pasien Pada Puskesmasâ€, Jurnal Teknik Industri (Strategi) , Vol 1 No2 (2019)
Pambudi, S.B., Suyono. “Digital Marketing As An Integrated Marketing Communication Strategy In Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) In East Java†Jurnal Kompetensi, Vol 13, No 2 (Oktober 2018)
Sarlyng, Jaya, A.I., Sehari, A., “Penerapan Sistem Antrian Sebagai Upaya Mengoptimalkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Kota Palu†Jurnal Ilmiah Matematika dan Terapan (JIMT), Vol. 16 No 2 (2019)