Pelatihan Penggunaan Aplikasi Sistem Antrian Guna Mencegah Kerumunan Pada Satpas Satlantas Polres Metro

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dani Anggoro
Sudarmaji
Mustika
Danang Prabowo

Abstract

Antrian adalah keadaan dimana dalam waktu yang bersamaan seseorang menunggu giliran untuk mendapatkan pelayanan. Hail Itu biasa dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kita temui di supermarket, perbankan, pembelian tiket dan tempat lain yang menyediakan jasa layanan. Pada Satpas SIM Polres Metro proses antrian layanan perpanjangan maupun pembuatan SIM sudah menggunakan aplikasi namun aplikasi yang berjalan masih kurang informatif karena tidak ada suara atau audio untuk memanggil nomor antrian serta belum ada layar untuk menampilkan status nomor antrian. Berdasarkan hal tersebut tim pengabdian kepada masyarakat yang terdiri dari dosen dan mahasiswa S1 Program Studi Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Metro bekerjasama dengan Satpas SIM Polres Metro mengembangkan aplikasi serta mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi antrian bagi masyarakat yang membutuhkan layanan di unit tersebut.  Ini dilakukan sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan mencegah terjadinya kerumunan pada saat antrian. Hasil dari kegiatan ini yaitu masyarakat memiliki pengetahuan dalam menggunakan aplikasi dengan baik dan benar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dani Anggoro, Sudarmaji, Mustika, & Danang Prabowo. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Sistem Antrian Guna Mencegah Kerumunan Pada Satpas Satlantas Polres Metro. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 30-38. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i1.801

References

Anggoro D, Hasugian H., Nofiyani, “Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Jurpikat Vol. 1 No. 3 (2020) 384-491
Bahar, M.S., Mananohas, M.L., Montalu, C E.J.C. “Model Sistem Antrian dengan Menggunakan Pola Kedatangan dan Pola Pelayanan Pemohon SIM di Satuan Penyelenggaraan Administrasi SIM Resort Kepolisian Manado”. Jurnal Matematika dan Aplikasi deCertesiaN Vol 7 No 1 (Maret 2018) 15-21
Hilda, “Analisis Antrian Pelayanan Nasabah Pada Pt Bank Syariah Mandiri Cabang Bungku”, E-Journal Manajemen FE UNTAD, Vol 4, No 3 (2018)
Jatmika, B., “Sistem Antrian Pelayanan Pasien Pada Puskesmas”, Jurnal Teknik Industri (Strategi) , Vol 1 No2 (2019)
Pambudi, S.B., Suyono. “Digital Marketing As An Integrated Marketing Communication Strategy In Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) In East Java” Jurnal Kompetensi, Vol 13, No 2 (Oktober 2018)
Sarlyng, Jaya, A.I., Sehari, A., “Penerapan Sistem Antrian Sebagai Upaya Mengoptimalkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Kota Palu” Jurnal Ilmiah Matematika dan Terapan (JIMT), Vol. 16 No 2 (2019)