Pelatihan Literasi Keuangan Bagi Penyandang Disabilitas RBM Kota Bandung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Akmala Hadita
Ramayani Yusuf

Abstract

Pelatihan Literasi Keuangan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada penyandang disabilitas untuk mengetahui literasi keungan. Tingkat literasi keungan bagi para penyandang disabilitas dapat dikatakan minim mengingat mereka tidak mendapat referensi dari manapun mengenai literasi keuangan. Penyandang disabilitas merupakan komunitas minor yang sering diabaikan keberadaannya , padahal jumlah mereka semakin bertambah setiap tahunnya. Penyandang disabilitas ini ada yang bawaan sejak lahir ada yang karena kecelakaan atau suatu kejadian sehingga menyandang disabilitas. Pada kegiatan ini dilaksanakan dengan Kerjasama USAID, Politeknik Piksi Ganesha, LPT Panghegar, YPAC Kota Bandung , RBM Kota Bandung dan beberapa komunitas penyandang disabilitas. Tahap awal mensosialkan pelatihan , mengumpulkan peserta pelatihan , pelaksanaan pelatihan dan evaluasi pelatihan. Dari pelatihan ini literasi keuangan para peserta menunjukkan peningkatan setelah diadakan pre test sebelum pelatihan  dan post test setelah pelatihan. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para penyandang disabilitas mampu melakukan keputusan keuangan bagi dirinya sendiri maupun bagi lingkungan sekitarnya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Akmala Hadita, & Yusuf, R. (2022). Pelatihan Literasi Keuangan Bagi Penyandang Disabilitas RBM Kota Bandung . JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 144-153. Retrieved from https://jurnal.politeknik-kebumen.ac.id/jurpikat/article/view/816

References

Fatmawanti, B., & Gantika, N. (2020). Pelayanan Publik Bagi Penyandang Disabilitas Di Kota Padang. UNES Law Review, 2(2), 126–136. https://doi.org/10.31933/unesrev.v2i2.109
Kiha, B. B. M. E. K. (2020). Penguatan Kapasitan Keuangan Lokal Melalui Peningkatan Keterampilan Perempuan Berbasis Potensi Alam Loka di Desa Humusu Wini Kecamatan Insana utara. Jurnal Akrab Juara, 5(PKK), 202–214.
Lopus, J. S., Amidjono, D. S., & Grimes, P. W. (2019). Improving financial literacy of the poor and vulnerable in Indonesia: An empirical analysis. International Review of Economics Education, 32(February), 100168. https://doi.org/10.1016/j.iree.2019.100168
Ludlum, M., Hongell, L., Tigerstedt, C., & Reese, C. (2016). Financial Life Skills of Finnish College Students : A Pilot Study on Credit Cards and Budgets University of Central Oklahoma Arcada University of Applied Science University of Central Oklahoma. 19(4), 2019.
Sugeng. (2018). Experiential Learning Cycle ( ELC ). Panduan FLS, 1–3.
UU, 2016. (2016). Undang- Undang Republik Indonesia no 8 tahun 2016. Undang- Undang RI 8, 2016, 18(2), 22280. http://dx.doi.org/10.1016/j.jplph.2009.07.006%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.neps.2015.06.001%0Ahttps://www.abebooks.com/Trease-Evans-Pharmacognosy-13th-Edition-William/14174467122/bd
Yusuf, R. Y. S. (2019). Metode Partisipatif pada Pelatihan Financial Life Skills Untuk meningkatkan Literasi keuangan pengajar Tridaya Group Bandung.
Zulbetti, R., & Ratna, P. ; Y. (2018). Pelatihan Financial Life Skills ( Fls ) Untuk Membangun. Sembadha 2018, 1, 144–150.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'