Pembelajaran Aplikasi Android Dengan APP Inventor Untuk Mengontrol Lampu Berbasis Arduino Pada SMK NU 1 Islamiyah Kramat Tegal

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Bahrun Niam
Rony Darpono

Abstract

Belum adanya pengembangan kurikulum dalam mata pelajaran mikrokontroller. Belum memanfaatkan aplikasi android secara tepat guna. Agar Siswa dapat membuat aplikasi android tepat guna. Membuat siswa lebih tertarik untuk membuat aplikasi Android sesuai dengan minatnya. Mengenalkan pemrograman arduino yang dapat berkomunukasi dengan Android. Menambah wawasan Siswa tentang pengembangan mikrokotroller. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat “Pembelajaran Aplikasi Android dengan APP Inventor untuk mengontrol lampu berbasis Arduino pada SMK NU 1 Islamiyah Kramat Tegal†Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari yaitu pada tanggal 27-28 Juli 2021. Sosialisasi ini bermaksut untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam menggunakan media aplikasi android pada smartphone dengan tepat guna. mengenalkan aplikasi pendukung yang berupa program arduino untuk mikrokontrollernya. Pelatihan pembuatan aplikasi Android dengan menggunakan APP Inventor yang dapay digunakan untuk kendali lampu maupun peralatan elektronika yang lain. Dengan menggunakan Bouetooth sebagai media komunikasinya. Hasil kegiatan mendapatkan beberapa point, yaitu (1) Peserta pelatihan memiliki ketertarikan dalam melakukan pembuatan aplikasi dan mencoba aplikasi android yang telah dibuat dengan menggunakan Aplikasi APP inventor (2) Peserta dapat memahami akan manfaat aplikasi android secara tepat guna yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Bahrun Niam, & Rony Darpono. (2022). Pembelajaran Aplikasi Android Dengan APP Inventor Untuk Mengontrol Lampu Berbasis Arduino Pada SMK NU 1 Islamiyah Kramat Tegal . JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 137-143. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i1.820

References

G. K. Hamdi. “Membangun Aplikasi Berbasis Android Pembelajaran Psikotes .’” (2011) vol. 12, no. 4, pp. 37–41.
E. Maiyana, M. Informatika, J. By, and P. Simpang. “Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa”. ( 2018). vol. 1, pp. 54–67.
G.Dwi Oktiana. (2015). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dalam Bentuk Buku Saku Digital Untuk Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Membuat Ikhtisar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Di Kelas Xi Man 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015”. skripsi, p. 260.
J.Intra-tech. (2018). “Rancangan Aplikasi Game Edukasi Berbasis Mobil Menggunakan App Inventor”. vol. 2, no. 1.
Abdul Kadir. (2018). “Langkah Mudah pemrograman Android menggunakan APP inventor2 ultimate. Penerbit PT.Elex media komputindo. Jakarta
E. S. Wihidayat and D. Maryono. (2017). “Pengembangan Aplikasi Android Menggunakan Integrated Development Environment ( Ide ) App,” vol. 4, no. 1, pp. 1–12.
Abdul Kadir, (2016). “Buku Pintar APP Inventor Tingkat Lanjut, Penerbit Andi Ofset Jogjakarta.
Muhamad Muslihudin, Willy Renvillia. (2018). Implementasi Aplikasi Rumah Pintar berbasis Android dengan Arduino Microcontroller, Jurnal Keteknikan dan Sains (JUTEKS) – LPPM UNHAS Vol. 1, No.1
Andri Susanto, Ismail Darisman Jauhari, Rancang Bangun Aplikasi Android Untuk Kontrol Lampu Gedung menggunakan Media Bluetooth berbasis arduino
Micha Thesania Katarine, Karel Octavianus Bachri. (2020). Smart Room Monitoring menggunakan MIT App Inventor dengan koneksi Bluetooth. Vol 13 No 1 (2020): Jurnal Elektro