Workshop Sinematografi Dan Pengambilan Gambar Pada SMK Tritech Medan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Triadi Sya'Dian
Rinanda Purba
Siti Andini

Abstract

Perkembangan teknologi videografi digital telah menyediakan kemudahan sehingga sangat mudah membuat seseorang mampu atau merasa mampu melakukan apa saja selama piranti tersedia, walaupn sedikit mengabaikan atau tidak menyadari prinsip-prinsip dasarnya, baik secara teknis maupun estetis. Profesionalisme tidak dibedakan oleh jenis kamera yang digunakan, akan tetapi piranti hanya membatasi untuk apa hasil akhir akan digunakan, dan itupun tidak mutlak benar. Dalam kondisi tertentu seperti dalam aktifitas jurnalistik terkadang tujuan professional hanya dapat dipenuhi dengan piranti videografi amatir yang bahkan dilakukan oleh videographer amatir dengan piranti amatiran. Meski hanya dengan menggunakan kamera amatiran, semua orang tetap bisa menghasilkan gambar – gambar yang menarik dengan cita rasa professional. Berdasarkan uraian tersebut mengapa pelatihan ini penting dan perlu dilakukan kepada siswa/i SMK Budi Agung Medan guna melatih kreatifitas dalam pengambilan gambar (Sinematografi).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sya’Dian, T., Rinanda Purba, & Siti Andini. (2022). Workshop Sinematografi Dan Pengambilan Gambar Pada SMK Tritech Medan. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 334-340. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i2.984

References

Ablan, Dan. 2002. Digital Cinematography & Directing. New York: Pearson Education. US
Bignell., J. 1997. Media Semiotic: An Introduction. England: Manchester University Press.
Brannen, Julia. 2005. Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.
Danesi, M. 2002. Understanding Media Semiotics. London: Arnold.
Djalle, Z. G. (2007). The Making 3D Animation Movie. Jakarta: Penerbit Gramedia
K. Lancaster. 2013. DSLR Cinema: Crafting the Film Look with Large Sensor Video. Focal Press.
Kress, Gunther & Theo van Leeuwen. 2006. Reading Images: The Grammar of Visual Design, Second Edition. New York: Routledge.
M. W. Weynand. 2007. How Video Works. USA: Focal Press.
Peacock, Richard Beck. 2001. The Art of Moviemaking: Script to Screen. New York: Longman Inc. US
Syadian, T., & Oktiana, E. (2021). Analisis Mise En Scene Pada Film Parasite. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 6(2), 155-166.
Wahyuni, S., & Sya'dian, T. (2020). ANALISIS PROSES KREATIF PRODUKSI FILM PADA KOMUNITAS FISABILILLAH PRODUCTION (FISPRO) KOTA MEDAN. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 6(1), 67-78.
Rose, G., 2007. Visual Methodologies: An Introduction to Interpretation of Visual Materials, Second Edition. London, England: Sage Publication.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'