Faktor Yang Mempengaruhi Wisatawan Berkunjung Di Rumah Atsiri Indonesia

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Endang Pratiwi
Kusnandar Kusnandar
Erlyna Wida Riptanti

Abstract

Berwisata merupakan kebutuhan sekunder yang harus dipenuhi. Peningkatan jumlah kompetitor dalam industri pariwisata mengharuskan stakeholder pariwisata untuk mampu memahami kebutuhan wisatawan agar dapat terus bersaing. Pengetahuan mengenai faktor yang mempengaruhi keputusan wisatawan sangatlah penting untuk meningkatkan strategi pemasaran pariwisata. Mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi wisatawan dalam keputusan berkunjung di Rumah Atsiri menjadi tujuan dari riset ini. Pengambilan sampel dengan purposive sampling berjumlah 120 responden secara online dan offline. Riset dilakukan dengan alat analisa SEM PLS. Hasil menunjukkan aksesibilitas, daya tarik, harga, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Rumah Atsiri, sedangkan fasilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung di Rumah Atsiri Indonesia.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pratiwi, E., Kusnandar, K., & Riptanti, E. W. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Wisatawan Berkunjung Di Rumah Atsiri Indonesia. Jurnal E-Bis, 7(1), 118-133. https://doi.org/10.37339/e-bis.v7i1.1077

References

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Penerbit Andi.
Angga Pratama. (2021). Daya tarik wisata, promosi online, dan transportasi terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (JEMS), 2(2), 273–292. www.jurnal.umb.ac.id
Ansari. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen ponsel merek samsung. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 7(3), 227–242.
Dewi Astuti, S. N., & Yuliawati, Y. (2018). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Kunjungan Wisata di Agrowisata Kabupaten Semarang. Jurnal Agribisnis Terpadu, 11(2), 241. https://doi.org/10.33512/jat.v11i2.5099
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (5th ed.). BP Universitas Diponegoro. Semarang.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS. Universitas Diponegoro. Semarang.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Universitas Diponegoro. Semarang.
Hadi Saputra, R., & Suryoko, S. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Berkunjung di Ekowisata Mangrove Pasarbanggi Kabupaten Rembang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(1), 9-15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/
Hasan, A. (2018). Studi Daya Tarik Wisata Alam Hutan Mangrove Pantai Baros Bantul, Hutan Mangrove Wana Tirta Pantai Pasir Kadilangu, Hutan Mangrove Jembatan Api-Api Temon dan Kinerja Bisnis Pariwisata. Media Wisata, 16(2), 982–999. https://doi.org/10.36276/mws.v16i2.274
Hasan, A., & Setiyaningtiyas, N. W. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth pada Media Sosial Facebook terhadap Keputusan Berkunjung ke Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul. Media Wisata, 13(1). https://doi.org/10.36276/mws.v13i1.217
Hudiono, R. (2022). Gender dan Usia Muda : Kecenderungan Berwisata Selama Pandemi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4348–4356.
Inayatuka, V., & Sukawati, T. G. R. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Cina Berkunjung Ke Bali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(5), 2809. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i05.p08
Indarto, D. N. S., & Dananti, K. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumtif, Jenis Kelamin, dan Pendapatan terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Karyawan Divisi Garment PT Dan Liris Sukoharjo. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 5(5), 558. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i5.10327
Irwan, & Adam, K. (2015). Metode Partial Least Square (PLS) dan Terapannya (Studi Kasus: Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Layanan PDAM Unit Camming Kab. Bone). Jurnal Teknosains, 9(1), 53–68.
Kause, O., Efata, G. K. E., Panjang, P., & Tengah, K. (2021). Peningkatan Kepuasan Konsumen Melalui Kualitas Layanan Increasing Consumer Satisfactuon Throught Quality Service. Visionida, 7(1), 1–19.
Kotler, phillip. (2008). Manajemen Pemasaran di Indonesia. Salemba Empat. Jakarta.
Maharani, F. M. (2017). Pangaruh Customer Satisfaction terhadap Customer Loyalty pada Pembelian Tiket Online Pesawat di Surabaya. Calyptra, 6(2), 892–909. https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/946/754
Mulyantari, E. (2021). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas terhadap Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Goa Maria Tritis. Media Wisata, 18(1), 81–89. https://doi.org/10.36276/mws.v18i1.79
Mulyati, Y., & Masruri. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Ditinjau dari Perspektif Daya Tarik Destinasi Wisata Kota Bukitinggi. MENARA Ilmu LPPM UMSB, XIII(1), 190–205. https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/wmbj
Palit, I. G., Talumingan, C., & A.J.Rumangit, G. (2017). Strategi Pengembangan Kawasan Agrowisata Rurukan Ireine Gratia Palit Celcius Talumingan. Jurnal Agri-Sosio Ekonomi Unsrat, 13(2), 21–34. file:///C:/Users/IND/Downloads/16558-33191-1-SM.pdf
Pitaka, I. G., & Gayatri, P. G. (2005). Sosiologi Pariwisata. CV Andi Offset. Yogyakarta.
Sari, V. F. S., & Harti. (2020). Pengaruh Harga Tiket Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Obyek Wisata Ubalan Waterpark Pacet Mojokerto. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 08(01), 723–729.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A skill Building Approach (7th ed.). John Wiley & Sons Inc.
Shalsha Afifah Ayumi, Erlyna Wida Riptanti, & Isti Khomah. (2022). Pengaruh Citra Destinasi dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) Dalam Menentukan Kunjungan Wisata (Studi Kasus Pada Kampoeng Kopi Banaran Semarang). Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 6(1), 1–16. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i1.890
Singarimbun, M., & Effendi. (1995). Metode Penelitian Survey. LP3ES.
Soekadijo, R. D. (2003). Anatomi Pariwisata. Gramedia Pustaka Utama.
Stevianus, S. (2014). Pengaruh Atraksi Wisata, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 19(3).
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.
Sulaeman, M. (2018). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Jurnal IImiah Manajemen Dan Bisnisurnal IImiah Manajemen dan Bisnis, 19(1), 64–72.
Suwarni, Khadijah, U. L. S., & Rachmat, H. (2021). The Development Strategy Of Educational Tourism at Rumah Atsiri. 23(1), 97–106. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v23i1.31668
Swastika, I. P. D., Sri Budhi, M. K., & Urmila Dewi, M. H. (2017). Analisis Pengembangan Agrowisata Untuk Kesejahteraan Masyarakat Di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6(12), 4103-4136.. https://doi.org/10.24843/eeb.2017.v06.i12.p03
Wahyuni, S., & Nur, L. (2017). Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Berkunjung the Legend Waterpark. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(8), 1–18.
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Strategi dan Program Pemasaran. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.
Wiraguna, I., & Pratama, I. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Berkunjung ke Bali Zoo di Singapadu. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 1(1), 45–54. https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/wmbjhttp://dx.
Yoeti, O. A. (2008). Ekonomi pariwisata : introduksi, informasi, dan implementasi. Kompas Media Nusantara.

Most read articles by the same author(s)