Strategi Pengembangan Usaha Mikro Keripik Bakso Goreng Sumber Rejeki Dengan Pendekatan SPACE

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sultan Hidayatulloh
Darsono Darsono
Erlyna Wida Riptanti

Abstract




Keripik basreng menjanjikan karena permintaan dari penyuka camilan terus meningkat. Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, diperlukan strategi pengembangan pada usaha. Penelitian bertujuan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, alternatif strategi, serta prioritas strategi. Pendekatan menggunakan matriks Strategic Positioning and Action Evaluation (SPACE) untuk alternatif dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk prioritas. Hasil penelitian identifikasi internal, keunggulan kompetitif (CA) adalah kekuatan utama (skor -1, sangat baik), sementara keuangan (FS) memiliki kelemahan (skor 2, buruk). Di sisi eksternal, kekuatan industri (IS) menjadi peluang utama (skor 6, sangat baik), tetapi stabilitas lingkungan (ES) adalah ancaman (skor -5, buruk). Terdapat empat alternatif strategi: membuat toko fisik, membuat kerjasama kontrak jangka persediaan bahan baku, menambahkan varian rasa pedas daun jeruk, dan pengembangan toko online atau marketplace. Prioritas strategi pengembangan yang dipilih adalah strategi pengembangan toko online atau marketplace dengan skor 5,48003.



 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hidayatulloh, S., Darsono, D., & Riptanti, E. W. (2024). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Keripik Bakso Goreng Sumber Rejeki Dengan Pendekatan SPACE. Jurnal E-Bis, 8(1), 241-262. https://doi.org/10.37339/e-bis.v8i1.1477

References

A’idia, Ruseli Nur, and Rosdiana. 2022. “Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse Di Kota Timika.” Journal of Chemical Information and Modeling 6(2): 176–200.
Agustini, Ni Kadek Devi Aprilia. 2017. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 9(1): 127.
Ana, Wahyu, Tiara Dwi Fulandari Sophan, Choirun Nisa, and Diah Ayu Sanggarwati. 2021. “Pengaruh Pemasaran Media Online Dan Marketplace Terhadap Tingkat Penjualan Produk Umkm Cn Collection Di Sidoarjo.” Media Mahardhika 19(3): 517–22.
Angkie, N S, and S R Tanoto. 2019. “Pengaruh Social Media Marketingterhadap Brand Equitypada Brand Fashionzara, H&M, Pull&Bear, Dan Stradivarius Di Surabaya.” Agora 7(2016): 1–6.
Antasari, D W. 2016. “Strategi Pemasaran Dan Pengembangan Bisnis Online (Studi Kasus Kediri).” Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen 5(1): 151–58.
Arsyalizi, F V. 2020. “Upaya Melestarikan Kue Papais Sebagai Kue Tradisional Khas Cirebon.” Culinaria 2(1): 1–30.
Badan Pusat Statistik. 2022. “Rata-Rata Pengeluaran Perkapita Seminggu Menurut Kelompok Makanan Minuman Jadi Per Kabupaten/Kota (Rupiah/Kapita/Minggu), 2022.” bps.go.id.
———. 2023. “Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2023.” Badan Pusat Statistik (35): 1–6.
Cholidah, Lilik Nur, and Mochamad Chobir Sirad. 2023. “Peran Industri Batik Tulis Rahayu Dalam Meningkatkan Pendapatan Dan Kesejahteraan Masyarakat Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam Di Desa Sumbergedong Kabupaten Trenggalek.” 3(2): 75–83.
David, F R. 2016. Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases, Global Edition. Pearson Education.
Dwiputra, Krisna Octavianus. 2021. “Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Pemberitaan Covid-19 Di Klikdokter.Com.” Jurnal Komunikasi Profesional 5(1): 26–37.
Effendi, Mukhlison, and Sulistyorini. 2021. “Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Di Lembaga Pendidikan Islam.” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 2(1): 39–51.
Fadli, Ilhamnurizki, and Rizk Ramayanti. 2020. “Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing ( Studi Kasus Pada UKM Digital Printing Prabu ).” Jurnal Akuntansi Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK) 7(2): 148–61.
Feblin, Anis, and Feby Ariska. 2019. “Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Kopi Pada UMKM The Coffee Legend Di Desa Sipatuhu Kecamatan Banding Agung Kabupaten Oku Selatan.” Kolegial 7(1): 49–61.
Gesi, Burhanudin, Rahmat Laan, and Fauziyah Lamaya. 2019. “Manajemen Dan Eksekutif Burhanudin.” Jurnal Manajemen 3(2): 51–66.
Gunarsa, Surya Muhammad. 2019. “Kontrak Berjangka Komoditas Emas Sebagai Instrumen Transaksi Derivatif Dalam Kajian Hukum Ekonomi Syariah.” Undang: Jurnal Hukum 2(1): 95–117.
Handriani, Aan. 2020. “Perlindungan Konsumen Dalam Perjanjian Transaksi Jual Beli Online.” Pamulang Law Review 3(2): 127–38.
Harahap, Baru. 2019. “Pengaruh Biaya Produksi Dan Harga Jual Terhadap Laba Penjualan Pada PT Shimano Batam.” Jurnal Akuntansi Barelang 3(2): 12–19.
Hariyanti, Widi, Titiek Puji Astuti, Yunus Harjito, and Nurul Herawati. 2022. “Tata Kelola Keuangan Sederhana Pada UMKM Di Desa Jatisobo, Polokarto.” Muria Jurnal Layanan Masyarakat 4(1): 43–49.
Hasanah, Riyan Latifahul, Desiana Nur Kholifah, and Doni Purnama Alamsyah. 2020. “Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan Dan Teknologi Terhadap Pendapatan UMKM Di Kabupaten Purbalingga.” Kinerja 17(2): 305–13.
Hatami, Faisal Reza, Kusnandar Kusnandar, and Mohamad Harisudin. 2022. “Penerapan Matriks Grand Strategy Pada Agribisnis Mangga Di Kabupaten Karanganyar.” Proceedings Series on Physical & Formal Sciences 4: 314–21.
Iftikar, M Z et al. 2022. “Analisis Penentuan Strategi Bersaing Pada Bisnis Usaha Kafe Omah Koempoel.” Value?: Journal of Management and Business 7(2): 19–33.
Indah, Dewi rosa, Linda Purwasih, and Zenitha Maulida. 2018. “Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada PT. Aceh Rubber Industries Kabupaten Aceh Tamiang.” Jurnal Manajemen dan Keuangan 7(2): 157–73.
Khairani, Siti, and Raisa Pratiwi. 2018. “Peningkatan Omset Penjualan Melalui Diversifikasi Produk Dan Strategi Promosi Pada UMKM Kerajinan Souvenir Khas Palembang.” CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1): 36–43.
Kusnandar, Mohamad Harisudin, Rr. Aulia Qonita, and Erlyna Wida Riptanti. 2021. “Perbaikan Kemasan Kripik Basreng Untuk Meningkatkan Perluasan Pasar Pada Ukm Suki.” Minda Baharu 5(2): 144–54.
Laili, Miftasari Nurul, and Ahmad Faruq. 2022. “Tinjauan Etika Bisnis Syari’ah Terhadap Penetapan Harga Dalam Jual Beli Online (Study Kasus Ilukba Shop Tambakberas).” Irtifaq: Jurnal Ilmu-Ilmu Syari’ah 9(1): 1–12.
Leiwakabessy, Bethsy, Agustinus Tupamahu, and Friesland Tuapetel. 2021. “Rantai Pasok Ikan Layang ( Decapterus Spp) Di Kota Ambon Supply Chani Of Scad (Decapterus Spp) In Ambon.” Jurnal Penelitian Sosial Ekonomi Perikanan dan Kelautan 5(1): 28–38.
Leksono, Budi Bowo, and Rediyanto Putra. 2022. “Strategi Pengembangan Usaha Produk Dangkrik Di Dusun Kulubanyu, Kabupaten Mojokerto.” Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia 2(1): 235–42.
Lubis, Hilda Ariska Br, Ihsan Effendi, and Ahmad Prayudi. 2020. “Pengaruh Tingkat Modal Kerja Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Otomotif & Komponen Yang Terdaftar Di Bei Periode 2014 – 2018.” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI) 1(2): 1–7.
Maisur, Widya Amirah, Desmelati, and Dewita. 2019. “Pengaruh Jenis Ikan Air Tawar Berbeda Terhadap Karakteristik Mutu Kerupuk Amplang Ikan.” Jurnal Agroindustri Halal 5(2): 151–60.
Marthalina. 2018. “Pemberdayaan Perempuan Dalam Mendukung Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Indonesia.” Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintahan 3(1): 59–76.
Mawarni, M M, and M Maria. 2021. “Nilai Tambah Snack Sayuran Organik Ud Jibariz Di Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang.” 46(3): 288–98.
Morrisan, M A. 2016. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.
Muchlisa, Nanda A, and Moh. Agung Surianto. 2021. “Analisis Saluran Distribusi Pada PT. Panahmas Dwitama Distrindo Jember.” Jurnal Indonesia Sosial Sains 2(12): 2059–68.
Nugroho, Wildan Aryo, and Mudiantono. 2019. “STUDI TENTANG MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGEMBANGAN UKM MELALUI KEUNGGULAN BERSAING DAN IMPLEMENTASI MODEL A.I.D.A. Pada UMKM Pangan Di Kota Semarang.” Diponegoro Journal of Management 8(4): 152–65.
Nurairin, Desischa Anggita, and Yan Orgianus. 2022. “Perbaikan Strategi Pengembangan Perusahaan Dengan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).” Jurnal Riset Teknik Industri: 161–70.
Nurhayadi, Willy et al. 2021. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan Dan Risiko Bisnis Terhadap Struktur Modal.” Tirtayasa Ekonomika 16(1): 97–117.
Permadi. 2018. “Strategi Entrepreneurial Marketing Gocampus. Co. Id Dalam Memasarkan Perguruan Tinggi Swasta.” Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan 01(Primadhyta): 1–23.
Porawati, Hilda et al. 2023. “KELOMPOK USAHA KERIPIK TEMPE DI KEL . PAYO LEBAR Kelurahan Payo Lebar Melakukan.” 20(1): 55–68.
Porter, Michael E. 1980. Competitive Strategy?: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York: Free Press.
Pradana, F.A., and R.W Pahlevi. 2022. “Strategi Pengembangan Usaha ‘Dika Ban Kalasan’ Dengan Pendekatan Matriks Space (Pendekatan Studi Kasus).” Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi 1(2): 203–18.
Prasetya, Hendra, and Nurul Azizah. 2022. “Apakah Persepsi Konsumen Mengenai Risiko Dan Kepercayaan Berpengaruh Terhadap Keputusan.” Jesya 5(2): 2108–16.
Pratiwi, Citra, Rita Tri Yusnita, and Suci Putri Lestari. 2022. “Keputusan Pembelian Berdasarkan Citra Rasa Dan Kemasan ( Survei Pada Konsumen Basreng Dua Saudara Snack Di Singaparna ).” J-CEKI?: Jurnal Cendekia Ilmiah 1(5): 654–60.
Puryanto, and Novi Helmidani. 2019. “Implementasi Kebijakan Kredit Usaha Rakyat Dalam Mengembangkan Usaha, Mikro, Kecil Dan Menengah Di Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya.” Ensiklopedia of Journal 1(4): 71–77.
Puteri, Adinda M et al. 2021. “Modifikasi Dan Inovasi Olahan Ringan Bakso Ayam Menjadi Keripik Basreng Olahan Program Mbkm Mahasiswa Indo Global Mandiri.” Journal of Sustainable Community Service 1(4): 176–91.
Putri, Tita Rizkita, and Bambang Hermanto. 2023. “STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERIPIK SINGKONG PADA UD . MARINDAL JAYA ( Studi Kasus Di Desa Marindal I Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang ) Abstrak Bahan Baku Pembuatan Keripik Belakangan Ini Terus Dijadikan Perbincangan Oleh Para Konsumen Dari Jeni.” Jurnal AgroNusantara 3(2): 176–91.
Qanita, Ariza. 2020. “Analisis Strategi Dengan Metode Swot Dan Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’Gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep.” Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen 1(2): 11–24.
Quintania, Melani, and Sasmitha Sasmitha. 2020. “Pengaruh Desain Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Lipstik Wardah Kosmetik Jabodetabek).” Media Ekonomi 20(1): 26.
Rachmawati, DR Rina, Dra Sicilia Sawitri, Dra Musdalifah, and Wulansari Prasetyaningtyas. 2022. “Analisis Pertumbuhan Usaha Umkm Batik Di Masa Pandemi Covid 19.” Book Chapter Ekonomi Jilid 1: 54–72.
Ritonga, Z. 2020. Buku Ajar Manajemen Strategi (Teori Dan Aplikasi). Deepublish.
Rukajat, A. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.
Santoso, R et al. 2018. “Konsep Dan Implementasi Manajemen Strategi.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.
Sari, Cahyani Tunggal, and Etty Indriani. 2017. “Pentingnya Pembukuan Sederhana Bagi Kelompok Umkm Kub Murakabi Desa Ngargoyoso.” Wasana Nyata 1(1): 17–21.
Sinuhaji, Virginia Verby, Nina Siti Salmaniah Siregar, and Bahrum Jamil. 2019. “Aktivitas Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Karo Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Deskriptif Kualitatif Wisata Bukit Gundaling Berastagi).” Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM) 1(2): 105–18.
Siyoto, S, and M A Sodik. 2015. DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Literasi Media Publishing.
Suaedi, F. 2019. Dinamika Manajemen Strategis Sektor Publik Di Era Perubahan. Airlangga University Press.
Sudiro, A, and O A Putri. 2023. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
Sulasih, Sulasih. 2019. “Implementasi Matrik Efe, Matrik Ife, Matrik Swot Dan Qspm Untuk Menentukan Alternatif Strategi Guna Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Bagi Usaha Produksi Kelompok Buruh Pembatik Di Keser Notog Patikraja Banyumas.” Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis) 3(1): 27–40.
Sunyoto, Danang, and Yanuar Saksono. 2022. “Anteseden Keterikatan Program Studi Ilmu-Ilmu Sosial Pts Di Yogyakarta Berbasis Teori Pertukaran Sosial.” Jurnal Inovasi Penelitian 3(5): 6123–32.
Surepi, Lenda, Rahmat Azwar, and Resi Julita. 2021. “Peranan Administrasi Bisnis Dalam Strategi Pengembangan Usaha.” Jurnal Aghinya Stiesnu Bengkulu 4(1): 4.
Susanto, W H A et al. 2023. Holistic & Transcultural Nursing. Global Eksekutif Teknologi.
Syafruddin, R F, and K Darwis. 2021. EKONOMI AGROINDUSTRI. Pekalongan: Penerbit NEM.
Tambunan, Willy et al. 2019. “Dan Menengah Manis Bakery.” Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Manis Bakery 5(1): 23–34.
Tjiptono, F. 2022. SERVICE MANAGEMENT: Mewujudkan Layanan Prima Edisi 4. Penerbit Andi.
Ukkas, Imran. 2017. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Industri Kecil Kota Palopo.” Kelola: Journal of Islamic Education Management 2(2).
Veranita, Mira, and Gunardi. 2023. “Jurnal E-Bis?: Ekonomi-Bisnis Analisis Lingkungan Internal Dan Eksternal Untuk Perencanaan Strategi.” 7(1): 198–208.
Waton, Isbul, Nelsi Adryana, and Ratih Kusumastuti. 2023. “Pengenalan Akuntansi Aset Tetap Berwujud Stright Line Method.” Trending:Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen 1(3): 119–31.
Yani, Ari Soeti. 2017. “Pengaruh Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku Dan Pengawasan Mutu Bahan Baku Terhadap Kelancaran Proses Produksi Pada Industri Otomotif.” Jurnal Manajemen 13(2): 85–191.
Zahra, Shafiyya, Muhammad Taufiq Abadi, Mohammad Rosyada, and Uin KH Abdurrahman Wahid Pekalongan. 2023. “Analisis Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Menjelang Bulan Ramadhan Di Pasar Induk Kajen.” Jurnal Sahmiyya 2(1): 230–39.
Zaini, Achmad, Nurul Puspita. Palupi, Penny. Pujiwati, and Aswita. Emmawati. 2019. Nilai Tambah Dan Daya Saing Produk Unggulan Di Kutai Barat.

Most read articles by the same author(s)