Strategi Electronic Word Of Mouth Dan Electronic Service Quality Terhadap Purchase Intention

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

David Virgialdo
Anita Silvianita

Abstract

Tingginya pengguna transportasi online yang semakin meningkat tiap tahunnya, telah menimbulkan tingkat persaingan yang semakin ketat di antara layanan transportasi online. Hal ini menjadi perhatian bagi Grab dalam membangun tingkat purchase intention. Salah satunya dengan meningkatkan electronic word of mouth dan electronic service quality. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategic electronic word of mouth dan electronic service quality terhadap purchase intention pada aplikasi Grab di JABODETABEK. Metode pendekatan kuantitatif yang digunakan jenis penelitian deskriptif-kausalitas.Pengambilan sampel dengan teknik non probability sampling metode purposive sampling berjumlah 101 pengguna Grab di JABODETABEK.Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis bahwa electronic word of mouth berpengaruh signfikan terhadap purchase intention pada Aplikasi Grab, electronic service quality berpengaruh signfikan terhadap purchase intention pada Aplikasi Grab, electronic word of mouth dan electronic service quality berpengaruh signifikan terhadap purchase intention pada Aplikasi Grab di JABODETABEK

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Virgialdo, D., & Silvianita, A. (2024). Strategi Electronic Word Of Mouth Dan Electronic Service Quality Terhadap Purchase Intention . Jurnal E-Bis, 8(1), 289-299. https://doi.org/10.37339/e-bis.v8i1.1622

References

Alexander, K. M. (2023). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Produk Exile. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 8(1), 2023.
Amartya, A., & Bestari, D. K. P. (2022). Pengaruh Electronic Service Quality dan Electronic Word of Mouth terhadap Minat Penggunaan Aplikasi dan Keputusan Pembelian Sociolla (Studi pada Pengguna Sociolla di Kota Bandung). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3305–3312. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.854
Edeline, J., & Praptiningsih, M. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchase Intetion Pada Produk Somethinc Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening Di Media Sosial Instagram. Agora, Jurnal Mahasiswa Business Management, 10(2), 1–7.
Khairunnisa, E. I., & Genoveva. (2019). The Influence of Brand Equity Towards Purchase Decision (Case Study of Korean Cosmetics Innisfree in Jabodetabek). Journal of Business Management, 14(1), 45–60. http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/MB/article/view/1788/1814
Kintradinata, L. L., & Hidayah, R. T. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth Melalui Aplikasi TikTok Terhadap Minat Beli pada Produk Skintific. Universitas Telkom, 10(2), 882–892.
Kotler, Philip, Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing (15th ed.). Global Edition Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. New Jersey: Pearson Prentice Hall Intl.
Kusnandar, B. (2019). Berapa Pangsa Pasar Jasa Layanan Transportasi Online Indonesia? Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/05/berapa-pangsa-pasar-jasa-layanan-transportasi-online-indonesia
Laksana. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran (1st ed.). Khalifah Mediatama.
Lukitaningsih, A., Ningrum, N. K., & Listyaningrum, V. H. (2022). Pengaruh Citra Merek, Nilai Utilitarian, Electronic Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan terhadap Niat Beli Konsumen Miniso Ambarukmo Plaza Yogyakarta. Al-Kharaj?: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(4), 1555–1566. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i4.1755
Mutia, A. (2022). Survei: Publik Jabodetabek Paling Sering Pakai Gojek, Bagaimana Grab, Maxim, dan InDriver? Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/11/survei-publik-jabodetabek-paling-sering-pakai-gojek-bagaimana-grab-maxim-dan-indriver
Purwianti, L., Andrew, Agustin, C., Seren, & Enjelia, Y. (2021). Pengaruh Price, Service Quality, Food Quality, Dan E-Wom Terhadap Purchase Intention Steakjobs Di Kota Batam . Economics and Digital Business Review, 4(2), 202–219.
Saputra, D., Sutiksno, D, U., & Perdana, K. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Yayasan Kita Menuli.
Saragih, Gusandra, M. (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Lolyalty Melalui E-Satisfaction (Studi Pada Pelanggan Toko Online Shopee Di Kota Medan). Jurnal Mantik Penusa, 15(3), 238–251. https://doi.org/10.26487/jbmi.v15i3.4543
Susanto, D. A., & Sugiyanto, L. B. (2021). Pengaruh Trust, Service Quality, Utilitarian Value dengan Mediasi Attitude Toward Online Shopping, dan Subjective Norm terhadap Purchase Intention (Studi Empiris: Konsumen Tokopedia Domisili DKI Jakarta). Journal of Business & Applied Management, 14(2), 115. https://doi.org/10.30813/jbam.v14i2.2805
Suyani, Y. E., & Secapremana, V. H. (2022). Pengaruh Service Quality Dan Social Interaction Terhadap Purchase Intention. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 25(2), 40–48. https://doi.org/10.24123/jeb.v25i2.4892
Syafaruddin, Suharyono, & Kumadji, S. (2016). Pengaruh Komunikasi Electronic Word of Mouth Terhadap Kepercayaan (Trust) dan Niat Beli (Purchase Intention) Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survey Pada Konsumen Online Shopping Zafertech.com). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 65–72.
Winarno, O., & Indrawati, . (2022). Impact of Social Media Marketing and Electronic Word of Mouth (E-Wom) on Purchase Intention. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(3). https://doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.03.15
Zaki Akbar, N., Hendry Putri, V., Marina, S., & Liana, E. (2021). The Effect of Electronic Word of Mouth and Electronic Service Quality on Purchase Intention of Ticket Citilink Indonesia Airlines. GROSTLOG Global Research on Sustainable Transport & Logistics, 5778, 597–609. http://proceedings.itltrisakti.ac.id/index.php/altr