Viral Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Gnj Store di Jakarta

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fatria Eka Putri
Anita Silvianita

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat telah mempengaruhi dunia bisnis, diantaranya bisnis fashion secara online yang semakin meningkat. Sehingga para pelaku bisnis dihadapkan untuk merancang strategi pemasaran melalui internet atau pemasaran digital untuk meningkatkan keputusan pembelian. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, diantaranya adalah viral marketing dan brand awereness. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh viral marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian pada GnJ Store. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dan kausal. Penelitian ini disebarkan melalui kuisioner kepada 115 konsumen GnJ store yang pernah melakukan pembelian di Tiktok berjumlah  dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan non probability sampling metode purposive sampling serta diolah menggunakan analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis regresi diperoleh bahwa viral marketing dan brand awareness mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada GnJ Store baik secara parsial dan simultan dengan nilai pengaruh sebesar 62%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putri, F. E., & Silvianita, A. (2024). Viral Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Gnj Store di Jakarta. Jurnal E-Bis, 8(1), 310-320. https://doi.org/10.37339/e-bis.v8i1.1623

References

Anastasya, A. (2023). Data UMKM, Jumlah dan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia. UKMIndonesia.ID. https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/data-umkm-jumlah-dan-pertumbuhan-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-di-indonesia
Anindya, F., & Indriastuti, H. (2023). The Rise of Viral Marketing and Brand Awareness Influence Purchase Decisions of Somethinc Products. International Journal of Economics, Business and Accounting Research , 7(1), 173–183. https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR/article/view/8176
Ariadi, Akbar, Yusniar, Meina Wulansari, Rifani, A. (2019). Pengaruh Brand Awarenss , Brand Loyalty , Perceived Quality , Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Konsumen Sepeda Motor Matic Honda Scoopy Pada Dealer Honda Di Kota Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen, 7(3), 252–268.
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Helm LTD (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Pendekatan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 897.
Dinianti, D. P., Rusdan, & Dayani, R. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Tiktok Shop Di Indonesia. Unram Management Review, 3(2), 23–29.
El-Haq, S. N., & Nurtjahjani, F. (2023). Pengaruh Viral Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Somethinc Di Tiktok Shop. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 2407–3741.
Furqon, M. A. (2020). Pengaruh Viral Marketing dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 79. https://doi.org/10.33603/jibm.v4i1.3311
Gina, A. (2018). Pengaruh Viral Marketing terhadap Brand Awareness dan Kepercayaan Konsumen serta Dampaknya terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi GO-JEK di Banjarmasin. Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia, 1(1), 1–13. http://feb.jtam.unlam.ac.id
Hapy Linawati, E., Qurrotu Aini, F., Rahayu, L., Rio Masandi, N., Fatma Handayani, V., Khoir, Mz., & Pudji Estiasih, S. (2023). Pengaruh viral marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembeliann (Studi kasus gerai mixue gayungsari). Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengambdian, 5(5), 1986–1995. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/771
Kotler, Phillip, Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Maulida, A. R., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Viral Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 27–37. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.260
Muliajaya, I. M., Sujana, I. N., & Indrayani, L. (2019). Pengaruh Viral Marketing Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial Instagram Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 628–636.
Mushtajab, R. (2023). Pengguna E-Commerce RI Diproyeksi Capai 196,47 Juta pada 2023. DataIndoneisa.Id. https://dataindonesia.id/ekonomi-digital/detail/pengguna-ecommerce-ri-diproyeksi-capai-19647-juta-pada-2023
Mustikasari, A., & Widaningsih, S. (2019). The Influence of Viral Marketing toward Brand Awareness and Purchase Decision. 65(Icebef 2018), 647–650. https://doi.org/10.2991/icebef-18.2019.138
Prabowo, A. J., & Harsoyo, T. D. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Es Teh Indonesia. Citaconomia: Economic and Business Studies, 2(2), 60–80. https://www.e-journal.citakonsultindo.or.id/index.php/CITACONOMIA/article/view/406%0Ahttps://www.e-journal.citakonsultindo.or.id/index.php/CITACONOMIA/article/download/406/330
Pratama, C. A. Z., Dewi, R. S., & Wijayanto, A. (2022). Pengaruh Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Wardah melalui Brand Awareness sebagai Variabel Intervening (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(1), 59–69. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.33406
Prisnawati, L. R. (2021). Pengaruh Viral Marketing, Kualitas Produk, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Mie Samyang Hot Chicken Flavor Ramen Di Kabupaten Kebumen. 1–9. http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/490/
Rahayu, N. L. P. G., & Kusumadewi, N. M. W. (2023). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12(02), 318–326. https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/index
Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6690
Rizaty, Ayu, M. (2023). Transaksi e-Commerce RI Tak Capai Target pada 2022. DataIndoneisa.Id. https://dataindonesia.id/ekonomi-digital/detail/transaksi-ecommerce-ri-tak-capai-target-pada-2022
Sadya, S. (2023). APJII: Pengguna Internet Indonesia 215,63 Juta pada 2022-2023. DataIndoneisa.Id. https://dataindonesia.id/internet/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-21563-juta-pada-20222023
Setiayaningrum, A., Udaya, J., E. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran Plus Tren Terkini Pemasaran Global, Pemasaran Jasa, Green Marketing, Entrepreneurial Marketing, E-Marketing. CV Andioffset.
Silalahi, A. D. H. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Furendori Betta Jakarta Selatan). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, 1–18.
Trian Kurnia, et al (2020). (2020). Pengaruh Viral Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Compass Melalui Media Sosial Instagram. Pengaruh Viral Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Compass Melalui Media Sosial Instagram, 45(9), 6889–6899.
Wati, T. R., Maduwinarti, A., & Nasution, U. C. (2023). Pengaruh Viral Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Di Sidoarjo. 2. https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/sosialita/article/view/9039