Purchase Intention Kendaraan Listrik: Pendekatan Technology Acceptance Model
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Surabaya tercatat sebagai kota dengan polusi udara tertinggi yang dibuktikan dari indeks kualitas udara sebesar 166 poin, yang berarti masuk kategori tidak sehat. Dalam hal ini, kendaraan listrik dianggap sebagai solusi untuk mengatasi polusi udara akibat adanya emisi kendaraan bermotor. Akan tetapi tingkat adopsi masyarakat Indonesia terhadap kendaraan listrik masih minim, sehingga penting untuk menggali faktor-faktor yang memengaruhi niat beli masyarakat terhadap kendaraan listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi niat beli masyarakat terhadap kendaraan listrik di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakaan sampel sebanyak 100 responden dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif dengan uji regresi linier berganda dan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel perceived usefulness, perceived ease of use, dan environmental concern secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention dengan kontribusi sebesar 14,7%.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Agustinus, A. K. J., Setiawan, A., & Djajadikerta, H. (2024). Menggali Dinamika Minat Beli Kendaraan Listrik: Faktor Kepedulian Lingkungan Dan Ekonomi. Journal of Social and Economics Research, 6(1), 743-755.
Alberto Jeffyan, & Riza Fahrul. (2023). Electrifying Consumer Choices: Unveiling the Road to Green Intentions and EV Adoption. Journal of Consumer Sciences, 8(3), 257–276. https://doi.org/10.29244/jcs.8.3.256-276
Aprili, A. N., Sadat, A. M., & Rivai, A. K. (2023). Studi Eksplorasi Minat Beli Mobil Listrik pada Generasi Milenial. Journal of Business Application, 2(2), 139–158.
Aryanto, A., Tj, H. W., & Tecoalu, M. (2022). Perception of Electric Car Products on Purchase Intention Mediated By Trust in Jabodetabek Area. Journal of Humanities, Social Science, Public Administration and Management (HUSOCPUMENT), 2(3), 148–154.
Butt, M. H., & Singh, J. G. (2023). Factors affecting electric vehicle acceptance, energy demand and CO2 emissions in Pakistan. Green Energy and Intelligent Transportation, 2(3). https://doi.org/10.1016/j.geits.2023.100081
Daud. F., Abdullah. N., Muhiddin, Darwis. M., 2022. Kepedulian Lingkungan Berbasis Pengertahuan, Penerimaan Informasi, dan Kecerdasan Naturalistik di Kabupaten Majene. Mataram: Pustaka Madani.
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008
Dunlap, R. E., & Jones, R. E. (2002). Environmental concern: Conceptual and measurement issues. In R. E. Dunlap & W. Michelson (Eds.), Handbook of environmental sociology (pp. 482-524). Westport, CT: Greenwood Press.
Gani, M. Y. S. dan G. I. (2023). Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Purchase Intention Kendaraan Listrik Dengan Metode SEM. Jurnal Ilmiah, 15(2), 84–100. https://doi.org/10.33322/energi.v15i2.2086
Handayani, W. P. P., Pitoyo, D. J., & Kurniawati, D. (2023). Model Theory of Planned Behaviour Pada Pengguna Sepeda Listrik di Kota Madiun. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 10(1), 59–66. https://doi.org/10.21107/jsmb.v10i1.20541
Hesniati, & Andrew. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Mobil. 9(2), 385–399.
Hussain, S., & Qureshi, I. M. (2024). Electric Vehicle Adoption: The Nexus of Knowledge, Perceived Usefulness, and Ease of Use. Qlantic Journal of Social Sciences and Humanities, 5(2), 154–161. https://doi.org/10.55737/qjssh.591349398
Inahasari, E. D., & Handayani, W. P. P. (2024). Electronic Word Of Mouth Dan Purchase Intention: Peran Mediasi Brand Image. Motivasi, 9(2), 98-107.
Jogiyanto, H.M. 2007. Metode Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman– Pengalaman. Yogyakarta: BPFE.
Kinnear, Thomas C dan James R. Taylor. 2012. Riset Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. and Keller, K. L. 2016: Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Masra, M. E., Sari, H. M. K., & Sukmono, R. A. (2022). Environmental Concern , Lifestyle Influence and Product Uniqueness Factors Driving Public to Purchase Intention in Electric Motorcycles. Repository Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1–15.
Saleh, H. N., Maupa, H., & Sadat, A. M. (2024). Examining the Factors Influencing the Intention To Buy an Electric Vehicle. International Journal of Application on Economics and Business, 2(2), 3574–3585. https://doi.org/10.24912/ijaeb.v2i2.3574-3585
Santoso A & Hartini. (2023). the Role of Sumbawa Community’S Buying Interest in Electric Vehicles View From Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and Green Life Style. Jurnal Cafetaria, 4(2), 335–340.
Santika, E. F. (2023). Harga Mahal hingga Masalah Pengisian Baterai, Ini Kendala Adopsi Kendaraan Listrik di Indonesia. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2023/05/29/Harga-Mahal-Hingga-Masalah-Pengisian-Baterai-Ini-Kendala-Adopsi-Kendaraan-Listrik-Di-Indonesia.
Sari, H. P. (2023). Peminat Kendaraan Listrik Masih Rendah, Apa Penyebabnya? Https://Money.Kompas.Com/Read/2023/06/14/124000526/Peminat-Kendaraan-ListrikMasih-Rendah-Apa-Penyebabnya-?Page=all&lgn_method=google.
Solomon. M. R. (2016). Customer Behaviour Buying, Having and Being, 12th Edition. USA: Pearson Education.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit. Alfabeta, Bandung.Sukma, A., Suroso, A. I., & Hermadi, I. (2023). The Effect of Environmental Concerns and Government Policies on The Intention to Buy Electric Car. Business Review and Case Studies, 4(1), 52–61. https://doi.org/10.17358/brcs.4.1.52
Supriadi, D., Iman, A. H., & Saputra, Y. (2024). Studi Intensi Pembelian Kendaraan Listrik pada Generasi-Z: Pendekatan Teori Perilaku Terencana yang diperluas. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 5(01), 83–98. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v5i01.1444
Utami, R. D., Gunarsih, T., & Aryanti, T. (2014). Pengaruh pengetahuan, kepedulian dan sikap pada lingkungan terhadap minat pembelian produk hijau. Media Trend, 9(2).
Widyawati, F., & Handayani, W. P. P. (2022). Analisis Niat Untuk Menggunakan Aplikasi Bella Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model. Surakarta Management Journal, 4(2), 93–100.
Zola, G., Siska, ;, Nugraheni, D., Andhien, ;, Rosiana, A., Dzamar, ;, Pambudy, A., & Agustanta, N. (2023). Inovasi kendaraan listrik sebagai upaya meningkatkan kelestarian lingkungan dan mendorong pertumbuhan ekonomi hijau di Indonesia. Ekonomi Sumberdaya Dan Lingkungan, 11(3), 2303–1220.