Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare MS GLOW di Sidoarjo Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yuanita Seva Gumardi
Lilik Indayani
Muhammad Yani

Abstract

Penurunan tren penjualan produk skincare MS Glow di Sidoarjo menunjukkan perlunya strategi pemasaran yang efektif untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap keputusan pembelian produk skincare MS Glow di Sidoarjo. Metode yang digunakan merupakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling kepada 100 responden yang menjadi pengguna MS Glow di Sidoarjo. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis memanfaatkan teknik PLS-SEM melalui bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian membuktikan mengenai Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menunjukkan implikasi mengenai peningkatan Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi yang tepat dapat memperkuat daya saing dan meningkatkan minat beli konsumen.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Gumardi, Y. S., Indayani, L., & Yani, M. (2025). Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian : Pada Produk Skincare MS GLOW di Sidoarjo. Jurnal E-Bis, 9(2), 842-856. https://doi.org/10.37339/e-bis.v9i2.2394

References

Abdullah, P. M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Aswaja Pressindo.
Aditya, G., Ristanto, H., & . C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jbe (Jurnal Bingkai Ekonomi), 6(1), 58–71. Https://Doi.Org/10.54066/Jbe.V6i1.99
Alamsyah, W. F., & Tanjung, Y. (2023). Jebidi (Jurnal Ekonomi Bisnis Digital) Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Skincare Ms Glow. Jebidi (Jurnal Ekonomi Bisnis Digital), 2(1), 1–10.
Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand And Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V4i1.277
Apriani, Serli, & Khairul Bahrun,. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maskara Maybelline. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 2 No.1.
Arum Afriana, & Rizal Ula Ananta Fauzi. (2023). Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 5 Simba Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (Simba) 5 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pgri Madiun Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kosme. September.
Astutik, V. P., & Sutedjo, B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek , Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms. Glow (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Skincare Ms. Glow Di Kota Semarang). J-Mas (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 1065. Https://Doi.Org/10.33087/Jmas.V7i2.581
Dhani, M. J. P., & Agustin, S. (2022). Pengaruh Gaya Hidup , Kualitas Produk , Promosi , Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ms Glow For Men. Ilmu Dan Riset Manajemen, 11, 1–17.
Ekasari, R., & Mandasari, E. D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Digital Marketing Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lipcream Pixy Di Kabupaten Sidoarjo. Iqtishadequity Jurnal Manajemen, 4(1), 1. Https://Doi.Org/10.51804/Iej.V4i1.1583
Ekonomi, J., Akuntansi, M., Keputusan, T., Produk, P., Ekonomi, J., & Akuntansi, M. (2023). Neraca Neraca. 1192, 240–253.
Ernanto, H., & Hermawan, S. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Beauty Low Di Sidoarjo. Indonesian Journal Of Law And Economics Review, 14, 6–14.
Fadillah, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Dealer Yamaha Suryanata Amuntai. Inovatif Jurnal Administrasi Niaga, 5(2), 1–12. Https://Doi.Org/10.36658/Ijan.5.2.104
Fauzy, A. (2019). Metode Sampling. In Universitas Terbuka (Vol. 9, Issue 1). Http://Jurnal.Globalhealthsciencegroup.Com
Fernando, Salomo, & Remista Simbolon,. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produkunilever. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15 No.1.
Gunantha, I., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Ms. Glow Beauty (Studi Pada Konsumen Ms. Glow Beauty Di Kota Semarang. Seiko Jurnal Of Manajement And Business, 3(3), 649. Https://Doi.Org/10.37531/Sejaman.V5i2.2087
Hansen Rusliani, Syamsuddin Syamsuddin, & Merdiana Ferdila. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(3), 140–156. Https://Doi.Org/10.61132/Lokawati.V2i3.868
Hasibuan, R. R. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Tenaga Penjual Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Import Oriflame Di Spo 1507. Jurnal Ekonomi, 11(2), 1–12.
Lina, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc (Studi Pada Mahasiswa Stiesia Surabaya) Sonang Sitohang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 12(7), 1–25.
Lystia, C., Winasis, R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Umum Manajemen Terapan, 3(4), 392–403. Https://Doi.Org/10.31933/Jimt.V3i4
Maidah, E. Al, Sari, D. K., & Sidoarjo, U. M. (2022). Pengaruh Price Discount , Fashion Involvement Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna Brand Erigo Apparel Di Sidoarjo. Xix(2).
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi Pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. Https://Doi.Org/10.31334/Abiwara.V1i2.795
Miqdad Sidiq Afif, L. I. (N.D.). The Influence Of Product Innovation , Price , And Promotion On Purchasing Decisions At Pak Cik Abin ’ S Shop , Sidoarjo (Pengaruh Inovasi Produk , Harga , Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Pak Cik Abin Sidoarjo). 1–23.
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan Dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart Di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199. Http://Jurnal.Umsu.Ac.Id/Index.Php/Snk/Article/View/3594/3325
Ningsi, W. P. W., & Ekowati, S. (2021). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Ms Glow. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 2(1), 50–57. Www. Jurnal.Imsi.Or.Id
Paludi, S., & Juwita, R. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(01), 41–53. Https://Doi.Org/10.25134/Equi.V18i1.3498
Priyankha, M. A., & Sulistyawati, L. (2023). The Influence Of Brand Image, Product Quality And Customer Satisfaction On Customer Loyalty In Ms Glow (Study On Upn “Veteran” East Java Fisip Students) Pelanggan Ms Glow (Studi Pada Mahasiswa Fisip Upn “Veteran” Jawa Timur). Jurlnal Manajemen, 4(2), 2083–2090. Http://Journal.Yrpipku.Com/Index.Php/Msej
Purwita Sari, M., Aulia Rachman, L., Ronaldi, D., & F Sanjaya, V. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Y.O.U. Enterpreneuer Dan Bisnis (Jebi), 1(2), 122–129.
Saharani, A., & Indayani, L. (2023). The Influence Of Product Quality, Price And Promotion On Purchase Decisions Of Cosmetic Products In Sidoarjo. Indonesian Journal Of Innovation Studies, 21, 1–15. Https://Doi.Org/10.21070/Ijins.V21i.778
Sari, P. N., Dumadi, & Harini, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Skincare Ms Glow Di Store Rofa Losari Brebes. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4776–4788.
Satria, Alvito Putra, & Nova Anggrainie,. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Gaya Hidup Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 240–253.
Sihombing, P. R., & Arsani, A. M. (2022). Aplikasi Smartpls Untuk Statistisi Pemula (A. Rasyid (Ed.) (Issue March).
Sipahutar, A. W. G. R., Surbakti, E. Y., & Hasibuan, A. S. (2023). Keputusan Pembelian Skincare Somethinc ( Studi Kasus Kasus Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan ). Journal Of Economic, Business And Engineering (Jebe), 5(1), 93–99.
Supangkat & Supriyatin. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas Di Intako. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(9), 1–19.
Tri Harto Katamso, & Sugianto Sugianto. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Experience Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Kecantikan Scarlett Whitening. Masman : Master Manajemen, 2(1), 165–183. Https://Doi.Org/10.59603/Masman.V2i1.324
Wicaksono, S. R. (2022). Teori Dasar Technology Acceptance Model (Issue March). Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.7754254
Wowor, C. A. S., Lumanauw, B., & Ogi, I. W. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Di Kota Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1058–1068.