Strategi Pengembangan Usaha pada Industri Pendidikan Nonformal (Studi Kasus pada Universal English Course) Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Artikel ini mengkaji strategi pengembangan usaha Lembaga Kursus Bahasa Inggris UEC Pontianak di tengah persaingan ketat antar lembaga sejenis. Pendekatan yang digunakan adalah analisis IFAS (Internal Factor Analysis Summary) untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan internal. Sementara itu, analisis EFAS (External Factor Analysis Summary) digunakan untuk mengevaluasi peluang dan ancaman eksternal. Hasil dari kedua analisis ini menjadi dasar dalam merumuskan strategi pengembangan usaha yang lebih adaptif dan efektif guna meningkatkan daya saing UEC Pontianak di pasar pendidikan nonformal. Temuan dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi lembaga pendidikan serupa dalam menyusun strategi pengembangan yang berkelanjutan dan responsif terhadap dinamika pasar.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Darling-Hammond, L., Flook, L., Schachner, A., & Wojcikiewicz, S. (with Cantor, P., & Osher, D.). (2022). Educator learning to enact the science of learning and development. Learning Policy Institute. https://doi.org/10.54300/859.776.
Ege, R., & Yasar, M. (2017). SWOT Analysis: A Theoretical Review. Journal of International Social Research, 10(51), 994–1006.
David, F. R., & David, F. R. (2015). GlobAl Edition Strategic Management Concepts and Cases (Fifteenth). http://www.pearsonmylabandmastering.com
Delzy Perkasa, R., Sitorus, N., & Wahyuni Siregar, A. (2024). Analisis SWOT sebagai Strategi Pengembangan Usaha Koperasi Makmur Mandiri. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 7(3), 884–897.
Dian, P., & Paramita, Y. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Implementasi Aplikasi E-Learning. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1799–1804. http://jurnaledukasia.org
Hariatama, F., Alexandro, R., Lenlioni, L., Sitepu, J. W., & Siahaan, J. A. (2023). Strategi Pemasaran Pasca Pandemi Pada Lembaga Pendidikan Prima Mandiri Utama. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15(Special Issue), 1–9. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/12258
Kamaluddin, I. (2020). Analisis SWOT untuk Merumuskan Strategi Bersaing pada PT. Menara Angkasa Semesta Cabang Sentani. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(4), 342–354. https://doi.org/10.31933/JIMT
Kamila, S. N. N., Pinkan, M. Z., & Aulia, S. (2024). Pentingnya Bahasa Inggris Pada Era Globalisasi. Karimah Tauhid, 3, 3685–3692.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Data Statistik Kursus dan Pelatihan Bahasa Inggris Tahun 2023. Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kemendikbudristek.
Kusumaningrum, H., Nurrohimah, A. E., Pratama, R. P., & Algifaro, A. B. (2024). Strategi Menghadapi Tantangan Lingkungan Eksternal dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 286–295. https://journal.aripafi.or.id/index.php/jmpai/article/view/864
Laurensa, L., & Fuadi, S. (2022). Strategi Pengembangan Usaha (Studi Kasus pada Usaha Jasa Pembuatan Pakaian Dunia Di Tangan di Kecamatan Metro Selatan). SNPPM (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat), 43–46. https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snppm/issue/view/8
Munafisah, A. (2019). Peran Lembaga Kursus Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Pelem (Studi Kasus Pada Pelatihan Kewirausahaan Bagi Masyarakat Desa Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri). Universitas Jember.
Naibaho, F., Sianturi, S., & Sitorus, J. (2024). Persaingan dalam Industri Kursus Bahasa Inggris: Analisis SWOT di Era Digital. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(4), 118-132.
Ningrum, A. D. (2024). Strategi keunggulan bersaing lembaga pendidikan dan pelatihan Magistra Utama Jember. Jurnal Lantabur: Jurnal Ekonomi Syariah dan Ekonomi Pendidikan, 4(1), 10–19. https://ejournal-lantabur.iaiq.ac.id/index.php/LT/article/view/37
Nugroho, R. A. (2014). Analisis strategi pesaing dalam industri jasa pendidikan nonformal: Studi kasus pada Smart Learning Center Pangkal Pinang (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Gadjah Mada. https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/74267
Nurlela, A., & Aziz, I. (2021). Kekuatan Daya Tawar Pembeli dalam Layanan Pendidikan Nonformal: Studi Kasus Lembaga Kursus Bahasa Inggris. Jurnal Pemasaran Pendidikan, 11(1), 78-89.
Pratama, G. Y. A., Prasiani, N. K., & Sulistio, G. R. (2024). Analisis Pengaruh Transformasi Digital pada Inovasi Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (JEBS), 4(6), 95–115. https://jurnal.minartis.com/index.php/jebs/article/view/2271
Putra, R. L. S., Wathan, M. H., & Efendi, M. M. (2020). Perencanaan Strategis Sistem Informasi untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Pare. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 5(1), 1–10.
Putri, N. T. (2023). Strategi Pengembangan Lembaga Pendidikan Nonformal Yayasan Tarbiyah Syamilah di Kabupaten Ogan Ilir. UIN Raden Fatah Palembang.
Rizka, M. A., & Hardiansyah, R. (2017). Strategi Pengembangan Inovasi Program Pendidikan Nonformal sebagai Best Practices bagi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 123–134.
Wajdi, Mf., Mangifera, L., Isa, M., Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, P., & Muhammadiyah Surakarta, U. (2020). Strategi Penguatan Inkubator Bisnis dalam Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 22(2), 101–107.
Wara, M., Harta, S., Ogi, P., Putra, S., Gede, I., Dwijaya Dharmanatha, B., Nyoman, N., Yasa, K., Ayu, G., & Giantari, K. (2024). Formulation of Business Strategy Based on EFAS-IFAS Matrix Analysis to Achieve Competitive Advantage. 22, 184–201. https://doi.org/10.61938/fm.v22i2
Wibbowo, A. (2022). Analisis EFAS dan IFAS dalam Perumusan Strategi Bisnis Lembaga Pendidikan Nonformal. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 78–89.
Yoga Kundhani, E., Ec Sugiharto, Ms., Sri Yani Kusumastuti Irawati, M., La Ode Sabaruddin, Ms., Dalizanolo Hulu, M., Sumiyarti, C., Ahmad Zaenal Wafik, M., Anggatia Ariza, Me., Agustina Suparyati, M., & Loso Judijanto, M. (2024). Prinsip-prinsip Ekonomi (E. Rianty (Ed.); Cetakan Pe). PT. Green Pustaka Indonesia. www.greenpustaka.com
Yordani, M. F., & Basya, A. L. (2018). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Kursus Bahasa Inggris (Studi Pada Pelanggan Lembaga Kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare). Universitas Brawijaya.