Analisis Strategi Pemasaran melalui Sosial Media Tiktok dalam Penjualan di Sekawan.ties

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Teguh Baharudin
Febrina Gerhani
Sri Redjeki

Abstract

Seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi dan tingginya penggunaan media sosial, banyak usaha kecil menengah menghadapi tantangan dalam memperluas pasar dan meningkatkan penjualan secara efektif. Sekawan.Ties, sebuah usaha thrifting di Jember, memanfaatkan media sosial TikTok sebagai sarana promosi untuk menjawab permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pemasaran melalui TikTok dalam meningkatkan penjualan Sekawan.Ties. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Fokus penelitian meliputi pembuatan konten menarik, interaksi dengan pengikut, dan pemanfaatan fitur TikTok seperti hashtag, live streaming, kolaborasi influencer, serta TikTok Shop. Hasil menunjukkan bahwa strategi ini efektif memperluas jangkauan pasar, meningkatkan engagement, dan konversi penjualan, khususnya di kalangan generasi muda. Kesimpulannya, TikTok memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan daya saing dan penjualan Sekawan.Ties di era digital, serta menjadi referensi bagi pelaku usaha dalam merumuskan strategi pemasaran digital inovatif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Baharudin, M. T., Gerhani, F., & Redjeki, S. (2025). Analisis Strategi Pemasaran melalui Sosial Media Tiktok dalam Penjualan di Sekawan.ties. Jurnal E-Bis, 9(2), 1023-1035. https://doi.org/10.37339/e-bis.v9i2.2587

References

Aflii. (2021). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 1, Issue 0).
Ana Widya Puspitasari, R. O. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Syariah Untuk Peningkatan Pangsa Pasar Produk Jelly Motif Pada Ud. Sumber Abadi Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 9–24.
Andini, P., Soleh, A., Irawan, Y., Sudarsono, A., & Ertanto, D. (2024). Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Thrifting Panorama Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 3(2), 183–186. https://doi.org/10.37676/jdun.v3i2.6273
Asshidqi, A. A., & Yuliana, N. (2023). Pengaruh Tiktok Shop terhadap UMKM lokal. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 149–156. https://doi.org/10.5281/zenodo.10280058
Awanda Harahap, Y., & Sajali, H. (2024). Digital Marketing Tiktok Affiliate pada Pemasaran Produk Fashion. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(5), 1733–1743. https://doi.org/10.38035/rrj.v6i5.1003
C. Krisdanu, S. K. (2023). TikTok sebagai Media Pemasaran Digital di Indonesia. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi. https://doi.org/https://doi.org/10.51544/jlmk.v7i2.4173
Cpu-data.info. (2024). Indonesia Pengguna TikTok Terbesar di Dunia, Tembus 157 Juta Kalahkan AS. https://cpu-data.info/read/2024/10/25/15020057/indonesia-pengguna-tiktok-terbesar-di-dunia-tembus-157-juta-kalahkan-as?utm_source=chatgpt.com
Farah, N. T., Amiwantoro, S., Nikmah, F., Ikaningtyas, M., & Anyar, G. (2024). Implementasi Strategi Pemasaran Digital Dalam Pengembangan Bisnis Di Era Digitalisasi. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(4).
Haque-fawzi, M. G., Iskandar, ahmad syarief, Erlangga, H., Nurjaya, Sumarsi, D., & I. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. In Pascal Books. http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/4973
Haryanti, S., Mursito, B., Prodi, S., Fe, M., & Surakarta, U. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada Pt. Danar Hadi Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(1), 144–151.
Haryanto, R., Setiawan, A., Nurhayati, R., Gede, I., Mertayasa, A., & Nugraha, A. R. (2024). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Di Era Society 5.0: Sebuah Literature Review. Edunomika, 08(02), 1–10.
Hasanah, I. M., Liana, N. A., Cahyaningrum, Wulan, T., & Derajat, Safitri, P. (2025). ANALISIS PENGGUNAAN TIKTOK UNTUK STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DIKALANGAN REMAJA Ila. Jurnal Krakatau Indonesian of Multidisciplinary Journals, 91–103. http://jurnal.desantapublisher.com/index.php/krakatau/index
Hiregar, G. M. (2019). Analisis Digital Marketing Dinas Pariwisata Dalam Mempromosikan Desa Wisata Kabupaten Magetan. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 103–111.
Jannah, M. (2022). Upaya Peningkatan Strategi Pemasaran Untuk Mencapai Target Penjualan Mobil Di Cv Surya Indah Motor Jepara. Jurnal Administrasi Bisnis. http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28744
Kurniawan, A. S., Fitriana, R., Vrisaliani, M., Adesti, N. S., & Rahmadhani, S. A. (2025). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Untuk Pemasaran Bisnis Digital Sebagai Media Promosi. Jurnal Ilmiah Raflesia Akuntansi, 11(1), 200–209. https://doi.org/10.53494/jira.v11i1.845
Melatiningsih, B. S. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN THRIFT SHOP MELALUI TIKTOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN: STUDI KASUS AKUN MIMINKERANJANGVINTAGE. 16(4), 2–5.
Nufus, H., & Handayani, T. (2022). STRATEGI PROMOSI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada TN Official Store). Jurnal EMT KITA, 6(1), 21–34. https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.483
Nurhasanah, A., Day, S. C. P., & Sabri, S. (2023). Media Sosial Tiktok Sebagai Media Penjualan Digital Secara Live di Kalangan Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 7(2), 69. https://doi.org/10.30595/jssh.v7i2.16304
Olivia, T. (2022). Media Sosial Digunakan sebagai Media Promosi. Kumparan.Com. https://kumparan.com/tasyaolivia1001/media-sosial-digunakan-sebagai-media-promosi-1yPorN4XNAY/4
Pokhrel, S. (2024). MODEL KOMUNIKASI PEMASARAN AISAS PADA KONTEN TIKTOK PRODUK BARENBLISS. Αγαη, 15(1), 37–48.
Purbasari, R., & Sukmadewi, R. (2024). Optimalisasi Digital Marketing Melalui Tiktok Marketing Bagi Startup Bisnis Di Jawa Barat. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2). https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i2.53680
Ramadhan, I. H., Priatama, R., Akalili, A., Kulau, F., & Zhuaida, -Az. (2021). Analisis Teknik Digital Marketing pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Akun Tiktok @jogjafoodhunterofficial). Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60.
Rasdin, R., Mulyati, Y., & Kurniawan, K. (2021). Fenomena Tik Tok sebagai Media Komunikasi Edukasi. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 3, 227–235. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1681
Revita Sari. (2024). Analisis Strategi Promosi Menggunakan Media Sosial Tiktok Dalam Memasarkan Produk Pada UMKM. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 259–270. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i2.784
Riska Utami, & Achmad Fauzi. (2023). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 90–94. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.663
Shafwah, A. D., Fauzi, A., Yulius Caesar, L. A., Octavia, A., Indrajaya, B. L., Endraswari, J. I., & Yulia, N. (2024). Pengaruh Pemasaran Digital dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare di E-Commerce Shopee (Literature Review Manajemen Pemasaran). Pengaruh Pemasaran Digital Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Di E Commerce Shopee (Literature Review Manajemen Pemasaran) , 5(3), 135–147. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109–118. https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1592
Sindonews. (2023). Lika Liku Perjalanan TikTok Shop di Indonesia, dari Awal Muncul, Ditutup, dan Dibuka Lagi Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada oleh dengan judul "Lika Liku Perjalanan TikTok Shop di Indonesia, dari Awal Muncul, Ditutup, dan Dibuka L. https://tekno.sindonews.com/read/1275967/207/lika-liku-perjalanan-tiktok-shop-di-indonesia-dari-awal-muncul-ditutup-dan-dibuka-lagi-1702458737?showpage=all
Sundari, A., Nasoha, M., Ekonomi, F., Terbuka, U., Ekonomi, F., & Terbuka, U. (2024). Analisis Strategi Digital Tiktok dalam Meningkatkan Penjualan pada Djoes Kode di Kota Serang. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3.
Supriyanto, A., Chikmah, I. F., Salma, K., & Tamara, A. W. (2023). Penjualan Melalui Tiktok Shop dan Shopee: Menguntungkan yang Mana? BUSINESS: Scientific Journal of Business and Entrepreneurship, 1, 1–16. https://journal.csspublishing/index.php/business
Thetimes. (2024). TikTok: the billion-user beast thats clicking with advertisers. https://www.thetimes.com/business-money/companies/article/tiktok-the-billion-user-beast-thats-clicking-with-advertisers-m9gf98fm0?utm_source=chatgpt.com®ion=global
Yokesen. (2022). Peranan Media Sosial Dalam Dunia Pemasaran. Yokesen.Com. https://yokesen.com/en/detail-blog/peranan-media-sosial-dalam-dunia-pemasaran

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'