Peran Customer Value Dan Brand Image Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Travel Rimba Raya Melalui Customer Satisfaction
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Persaingan usaha angkutan bus antar kota semakin ketat, mendorong perusahaan untuk menerapkan strategi efektif dan efisien guna menarik konsumen dan membangun citra positif. Dalam bisnis transportasi, mempertahankan eksistensi memerlukan kesiapan yang matang, terutama karena kualitas pelayanan menjadi faktor utama, mengingat konsumen kini semakin selektif dalam memilih jasa yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer value dan brand image terhadap customer loyalty pada Travel Rimba Raya, dengan customer satisfaction sebagai variabel mediasi. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus hair mendapatkan 129 responden menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Sampel yang dianalisis dengan metode SEM menggunakan perangkat Smart-PLS versi 4.0. Hasil bahwa customer value dan brand image berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty, tetapi ada satu variabel yang tidak memiliki pengaruh signifikan yaitu custoer satisfaction.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Amelia, R., & Ayani, S. (2020). Optimalisasi membangun brand image terhadap customer loyalty melalui customer value dan customer retention sebagai variabel intervening. Ekonomi Bisnis, 26(1), 268-279.
Fakaubun, U. F. K. J. J. I. M. (2017). Pengaruh citra merek terhadap minat beli ulang sepatu adidas di malang melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (studi kasus pada toko sport station dinoyo, Malang). 2(2), 58-73.
Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi kepuasan pelanggan terhadap customer loyaltymelalui kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171-180.
Hendarta, W. S., & Susanto, A. (2019). Pengaruh e-service quality, customer e-satisfaction dan customer value terhadap customer e-loyalty dimoderasi oleh brand image melalui e-CRM quality sebagai variabel intervening. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 14(1), 15-28.
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. J. E. b. r. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. 31(1), 2-24.
Harpe, S. E. (2015). How to analyze Likert and other rating scale data. Currents in pharmacy teaching and learning, 7(6), 836-850.
Indriyarti, E. R. J. J. P. d. K. I. (2016). Pengaruh Customer Value terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty sebagai Strategi menuju Bisnis berkelanjutan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti. 1(2), 72-84.
Komariyatin, N., & Ferdinand, A. (2018). Csr in Effort Improving Purchase Intention Through Brand Image, Trust and Customer Satisfaction. Conference on Business, Management, and Accounting, April,
Nafisah, W., Rizal, M., & Athia, I. J. E.-J. E. J. R. M. (2025). Pengaruh Customer Experience dan Customer Value Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Satisfaction Sebagai Mediasi Pada Salama Meat Shop. 14(01), 1103-1113.
Jamira, A., & Yandi, A. (2019). Peran Customer Value dalam Memediasi Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian Mobil Low Cost Green Car (LCGC) di Kota Jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 4(2), 392-402.
Ksatriyani, S., & Djawoto, D. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image (Citra Merek), Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 8(9).
Lestari, D. A., & Nurhadi, N. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Merek Produk Kosmetik Wardah di Surabaya Selatan. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 7(2).
Nikmah, W., Komaryatin, N., & Huda, N. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Apotek Lisa dalam Pembentukan Brand image. Jurnal Rekognisi Manajemen, 6(1), 13-22.
Nurdiawan, A. K. (2020). Pengaruh Service Quality dan Brand Image terhadap Customer Loyalty Pengguna Traveloka di Surabaya dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Mediasi STIE Perbanas Surabaya].
Pramesti, A. B., & Waloejo, H. D. (2019). Pengaruh brand image dan customer value terhadap repurchase intention melalui customer satisfaction. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 8-13.
Prasetyo, A. H., & Lukiastuti, F. J. M. J. I. E. D. B. (2022). Analisis pengaruh brand image dan service quality terhadap revisit intention dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening (Studi kasus pada AHASS Comal Abadi Motor). 10(2), 151-164.
Rahi, S. J. A. J. B. M. R. S. (2016). Impact of customer value, public relations perception and brand image on customer loyalty in services sector of Pakistan. 2(2).
Ramadhan, M. A. F. J. J. I. M. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan, Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Pelanggan Aplikasi Transportasi Online Gojek Di Kota Malang. 4(2), 153-169.
Rusandy, D. S. J. J. R. I. M. d. K. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Titin Trenggalek. 2(1), 1-11.
Ruslim, T. S., Yulianti, F., Hapsari, C. G., & Iskandar, D. (2023). Peran Customer Satisfaction dalam Memediasi Service Quality dan Brand Image terhadap Customer Loyalty Super I*** di Jakarta. Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 21(3), 147-160.
Sari, D. N. W. K. (2018). Pengaruh Brand Image dan Customer Value Terhadap Customer Satisfaction dan Dampaknya pada Brand Loyalty PT. Arindo Jaya Mandiri Semarang. Admisi dan Bisnis, 19(1), 11-26.
Syaidah, R. F., & Ramadhika, A. J. J. P. T. (2023). Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Rabbani Mall Online Bandung. 7(1), 3671-3682.
Taber, K. S. (2018). The use of Cronbach’s alpha when developing and reporting research instruments in science education. Research in science education, 48, 1273-1296.