Markov Analysis: Strategi Mempertahankan Brand Image Produk Unggulan Sumatera Utara

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Williny
Rina Friska B Siahaan
Elserra Siemin Ciamas

Abstract

Tujuan Penelitian adalah Untuk mempertahankan brand Image UMKM Produk Unggulandi Sumatera Utara. Ada beberapa langkah yang dilakukan dalam melaksanakan penelitian ini yaitu, a) melakukan wawancara terkait strategi pemasaran yang selama ini dilakukan, b) melakukan wawancara terkait brand image yang digunakan, c) melakukan analisis markovd) menerapkan strategi analisis markov untuk mempertahankan brand Image. Strategi yang dimaksud adalah strategi mempertahankan brand Image. Salah satu strategi yang dilakukan adalah Analisis Markov. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 50 responden yang merupakan konsumen UMKM Produk Unggulan Sumatera Utara yaitu Syrup Markisah dan Ulos Khas Sumatera Utara, dengan indikator yaitu: Kualitas Produk, Harga, Packaging dan Mudah didapati. Dengan Skala Likert sebagai skala pengukuran. Jenis data pada penelitian ini adalah Data Primer dan metode yang digunakan untuk menganalisis adalah Metode Analisis Markov dengan data Deskriptif Kuantitatif. Dan dari hasil penelitianini menunjukkan bahwa dari kelima merk ulos yang penulis teliti, yang mengalami penambahan jumlah konsumen terbesar adalah merek O dengan pergeseran dari 3 orang (6%) naik menjadi 16 orang (32%) hal ini dikarenakan merek A unggul dalam kualitas produk yang nyaman saat digunakan. Sedangkan yang mengalami jumlah penurunan konsumen terbesar adalah merek S dengan pergeseran dari 25 orang (50%) turun menjadi 16 orang (32%) hal ini dikarenakan bahan yang digunakan terlalu kasar dan cukup mahal. Sedangkan untuk syrup markisah terjadi pergerseran merk antara Pohon Pinang dan Sarang Tawon.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Williny, Rina Friska B Siahaan, & Elserra Siemin Ciamas. (2021). Markov Analysis: Strategi Mempertahankan Brand Image Produk Unggulan Sumatera Utara. Jurnal E-Bis, 5(1), 287-295. https://doi.org/10.37339/e-bis.v5i1.774

References

Allo, Hatidja, dan Paendong. 2013. Analisis Rantai Markov Untuk Mengetahui Peluang Perpindahan Merek Kartu Seluler Pra Bayar GSM. Studi Kasus : Mahasiswa Fakultas Unsrat Manado.
Gitleman, Lisa. 2014. “Strategi Pengembangan Produk Unggulan Kawasan Sentra Industri Kecil Keripik Di Kota Bandar Lampung.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents: 50–56.
Pemerintah, Kebijakan, and Daerah Kabupaten. 2018. “Jurnal Natapraja.” 6(2): 163–78.
Sandriana, Hakim, and Saleh. 2015. “Strategi Pengembangan Produk Unggulan Daerah Berbasis Klaster Di Kota Malang.” Reformasi 5(1): 89–100.
Sukaria, Sinulingga. 2012. Metode Penelitian USU. Medan.
Sulaiman, Fahmi. 2017. “Desain Produk : Rancangan Tempat Lilin Multifungsi Dengan Pendekatan 7 Langkah Nigel Cross.” Teknovasi 4(1): 32–41.
Wibowo, Dimas Hendika, Zainul Arifin, and Sunarti. 2015. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 29(1): 59–66.

Most read articles by the same author(s)