Model Strategi E-WOM terhadap Minat Beli Konsumen pada Batik FY Trusmi Cirebon

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Boyke Setiawan Soeratin
Granit Agustina
Rudi Suprianto Ahmadi
Rakhmia Nalibratawati
Feby Febrian

Abstract

Berdiskusi tentang pemasaran adalah factor penentu bagi kegiatan pemasaran. Bagi pelanggan akan memperoleh suatu value dan kepuasan pada saat akan memutuskan dapat membeli suatu barang yang merupakan bentuk dari suatu kesuksesan atau tidaknya bagi seorang pelanggan dan melanjutkan pemesanannya di masa yang akan datang. Getok tular atau electronic word of mouth merupakan bentuk dari diskusi pemesaran. Perkembangan teknologi internet e-WOM tersedia secara luas. Minat beli adalah bentuk dari sub bagian perilaku konsumen guna melakukan pembelian, kecenderungan menaggapi dalam berupaya bagi keputusan pembelian dilkasanakan secara serius. Sebelum dilakukan pembelian konsumen memiliki pengalaman dalam melakukan minat beli ulang. Pelanggan memahami value produk yang dirasakannya. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dan verifikatif dengan regresi linier sederhana. Dengan populasi mencapai 500 pemilih batik FY Trusmi Cirebon diperoleh 100 orang sebagi sampel. Hasil penelitian bahwa e-WOM berpengaruh terhadap minat beli sebesar 71.45% yang didistribusikan secara simultan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Boyke Setiawan Soeratin, Agustina, G., Rudi Suprianto Ahmadi, Rakhmia Nalibratawati, & Feby Febrian. (2022). Model Strategi E-WOM terhadap Minat Beli Konsumen pada Batik FY Trusmi Cirebon. Jurnal E-Bis, 6(1), 141-152. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i1.868

References

Arrahma Elian Tania, Haris Hemawan, A. I. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi Dan Pelayanan Publik, IX(1), 75–84.

Bae, G., & Kim, H. J. (2020). Relation between early e-WOM and average TV ratings. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 32(1), 135–148. https://doi.org/10.1108/APJML-10-2018-0402

Doosti, S., Jalilvand, M. R., Asadi, A., Khazaei Pool, J., & Mehrani Adl, P. (2016). Analyzing the influence of electronic word of mouth on visit intention: the mediating role of tourists’ attitude and city image. International Journal of Tourism Cities, 2(2), 137–148. https://doi.org/10.1108/IJTC-12-2015-0031

Febrian, F., (2019). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli lembur batik. 13(1), 41–55.

Flavian, C., Gurrea, R., & Orús, C. (2021). Mobile word of mouth (m-WOM): analysing its negative impact on webrooming in omnichannel retailing. International Journal of Retail and Distribution Management, 49(3), 394–420. https://doi.org/10.1108/IJRDM-05-2020-0169

Karundeng, N., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Home Industri Pia Deisy Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 83. https://doi.org/10.35797/jab.8.2.2019.23566.83-90

Lin, C., Wu, Y.-S., & Chen, J.-C. V. (2013). Electronic Word-of-Mouth: The Moderating Roles of Product Involvement and Brand Image. Proceedings of 2013 International Conference on Technology Innovation and Industrial Management, 29–47.

Liu, F., Xiao, B., Lim, E. T. K., & Tan, C. W. (2017). Investigating the impact of gender differences on alleviating distrust via electronic word-of-mouth. Industrial Management and Data Systems, 117(3), 620–642. https://doi.org/10.1108/IMDS-04-2016-0150

Sugiyono (2017), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan
R&D, Bandung: Alfabeta

Jansen, B. J.( 2009). “Twitter Power: Tweet as Electronic Word Of Mouth”. Journal of
The American Society for Information Science and Technology, hal. 20

Malik, G., & Guptha, A. (2013). An empirical study on behavioral Intent of Consumers in Online Shopping. Business Perspectives and Research. Business Perspectives and Research, 13–28.

She, L., Rasiah, R., Waheed, H., & Pahlevan Sharif, S. (2021). Excessive use of social networking sites and financial well-being among young adults: the mediating role of online compulsive buying. Young Consumers, 22(2), 272–289. https://doi.org/10.1108/YC-11-2020-1252

Shiva, A., Chauhan, S., Banerjee, R., Chakraborty, C., Mittal, M., and Ravi, V. (2021), "A self-congruence and impulse buying effect on user’s shopping behaviour over social networking sites: an empirical study", International Journal of Pervasive Computing and Communications, Vol. 17 No. 4, pp. 404-425. https://doi.org/10.1108/IJPCC-01-2021-0013

Hanate Semuel, Adi Suryanata Lintao (2014) Analisis Ewom, Brand Image,Brand Trust
Dan Minat Beli Produk Smartphone Di Surabaya, Jurnal Menejemen Pemasaran,
vol. 8, no. 2, hal 48.

Tan, C. N. L., Ojo, A. O., & Thurasamy, R. (2019). Determinants of green product buying decision among young consumers in Malaysia. Young Consumers, 20(2), 121–137. https://doi.org/10.1108/YC-12-2018-0898

Tondang, B. W. (2018). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Sepatu Bata Mtc Giant Pekanbaru. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.