Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan Merek dan Citra Merek terhadap Loyalitas Merek pada produk Hand & Body Lotion Lotion Nivea

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Prahastisalsabila Salsabila
Nurhadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman merek, kepercayaan merek dan citra merek terhadap loyalitas merek. Penelitian ini menggunakan objek konsumen Hand & Body Lotion Nivea. Populasi dalam penelitian ini diambil dari konsumen dengan jumlah sampel 100 responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji F menunjukkan bahwa secara simultan pengalaman merek, kepercayaan merek dan citra merek berpengaruh terhadap loyalitas merek. Sementara itu, hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t memberikan bukti bahwa secara parsial pengalaman merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek, kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Prahastisalsabila Salsabila, & Nurhadi. (2022). Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan Merek dan Citra Merek terhadap Loyalitas Merek pada produk Hand & Body Lotion Lotion Nivea. Jurnal E-Bis, 6(1), 184-198. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i1.869

References

Amilia, Suri & M. Oloan A.Nst. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol. 6, No. 1. Halaman 660-669.
Anastasia, Ribka & Sabrina O. Sihombing. (2015). Peran Kepercayaan Merek, Kepuasan Merek dan Komitmen dalam memprediksi Loyalitas Pelanggan. Jurnal NCBMA.
Anggoro, Wisanggeni B. & Suliyanto & Rahab. (2019). Pengaruh Pengalaman Merek terhadap Kesetiaan Merek di Mediasikan oleh Kecintaan Merek, Kepercayaan Merek dan Keterkaitan Merek. Jurnal Ekonomi Bisnis Akutansi. Vol. 21, No. 3.
Ariowibowo, Stepahanus & Imam Wibowo & Arief Syah Safrianto. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek dan Pengalaman Merek terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana. Vol. 6, No. 2.
Arista, E. Desi & Sri Rahayu Triastuti. (2011). Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Aset. Vol. 13, No. 1. Halaman 37-45.
Bastian, Danny A. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol. 2, No. 1. Halaman 1-9.
Cahyaningtyas, Elok & H. Chalil & Ponirin. (2016). Pengaruh Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Pelanggan membeli Shampo Merek Pantene. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 2, No. 2. Halaman 187-198.
Lestari, Dwi Ari. 2020. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Merek Produk Kosmetik Wardah di Surabaya Selatan.
Noor, Syamsudin. (2014). Penerapan Analisis SWOT dalam menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang (Studi Kasus pada PT. Astra International Daihatsu Malang). Jurnal INTEKNA. Vol. 14, No. 2. Halaman 102-209.
Novrianto, Aldy & Tjahjono Djatmiko. (2016). Citra Merek dan Kepercayaan Merek serta pengaruhnya terhadap Loyalitas Merek (Studi kasus PT. Indosat). Jurnal Manajemen. Vol. 3, No. 1. Halaman 293-303.
Pandowo, Aditya. (2019). Pengaruh Prestise Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Harga Premium: Peran Cinta Merek sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol. 8, No. 2. Halaman 204-220.
Panjaitan, Andrey O.Y & Rofiaty & Sudjatno. (2016). Pengaruh Pengalaman Merek terhadap Loyalitas Merek melalui Mediasi Kepuasan Merek dan Kepercayaan Merek (Studi pada Kuliner Khas Kota Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 3, No. 2. Halaman 141-161.
Prameswari, Arnintya A & Suryono Budi S. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Merek dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management. Vol. 10, No. 2. Halaman 1.
Puspita, Rita & Mukhlis & Sulaiman. (2017). Pengaruh Faktor Sosial, Citra Merek & Kualitas Produk terhadap Kepercayaan Merek serta dampaknya pada Loyalitas Pelanggan Telepon Selular. Jurnal Magister Manajemen. Vol. 1, No. 1. Halaman 46-58.
Rahayu, Sri & Mugi Harsono. (2017). Kepercayaa Merek dan Brand Affect sebagai Anteseden dari Loyalitas Merek. Jurnal Manajemen dan Bisnis Media Ekonomi. Vol. 18, No. 1. Halaman 9-22.
Rismadian, Ivana Azahra. 2020. Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek pada KFC (Studi Kasus pada Pelanggan KFC di Surabaya).
Setiawaty, Novia Anggraeny. (2017). Pengaruh Iklan, Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Samsung Galaxy Series (Studi Kasus Mahasiswa/I Universitas Gunadarma, Depok). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 22, No. 1. Halaman 47-56.
Utari, Debbi Yanti & Elimawaty, R & Ponirin. (2018). Pengaruh Pengalaman Merek dan Citra Merek menggunakan Lipstik Purbasari di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako. Vol. 4, No. 3. Halaman 229-234.
Weenas, Jackson R.S. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA. Vol. 1, No. 4. Halaman 607-618.