Analisis Sikap Konsumen Pada Atribut Produk Minuman Susu Racik Mak Tam Berbasis Analisis Fishbein

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Megananda Devi Puspa Safitri
Harti Harti

Abstract

Pada riset yang telah dilakukan peneliti bertujuan mengidentifikasi perspektif konsumen terhadap atribut suatu produk dalam konteks minuman susu maktam serta melihat atribut apa yang paling dipercaya dan dipentingkan oleh konsumen dalam mengkonsumsi susu maktam. Peneliti melakukan riset dengan jenis kuantitatif deskriptif. Dalam menentukan sampel, peneliti memanfaatkan teknik purposive sampling dengan menggunakan angket. Analisis data yang digunakan ialah metode Fishbein, dalam memperoleh hasil yang diharapkan penelitian ini dibantu software Microsoft Excel 2013 dan SPSS 26. Berdasarkan temuan dan analisis yang telah dilakukan, penelitian menunjukkan bahwa (Ao) terhadap seluruh atribut produk susu racik mak tam yang meliputi rasa,harga,merek dan kemasan adalah positif dengan total nilai sikap sebesar 75,95 pada rentang skala 61,6 ≤Ao≤ 80,8. Atribut produk yang memiliki nilai tertinggi pada (bi) yaitu atribut merek dengan nilai 4,33 dan atribut produk yang memiliki nilai tertinggi pada (ei) yaitu pada atribut rasa dengan nilai 4,51. Sehingga , kesimpulan yang diperoleh ialah suka.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Megananda Devi Puspa Safitri, & Harti, H. (2022). Analisis Sikap Konsumen Pada Atribut Produk Minuman Susu Racik Mak Tam Berbasis Analisis Fishbein. Jurnal E-Bis, 6(1), 116-127. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i1.899

References

Akrom, M. C. (2013). Pengaruh Kemasan, Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Kripik Paru Umkm Sukorejo Kendal. Skripsi, 105. http://lib.unnes.ac.id/18168/1/7311409062.pdf
Amalina, nofi nur. (2021). Analisis Sikap Fishbein Pada Konsumen Pengguna Indihome Pt Telkom Kediri Nofi Nur Amalina. 9(3), 1397–1403.
Amam, A., Fanani, Z., & Nugroho, B. A. (2016). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Susu Bubuk Berkalsium Tinggi Dengan Menggunakan Multi-Atribut Model Dan Norma Subyektif Model. Wacana, Jurnal Sosial Dan Humaniora, 19(01), 12–21. https://doi.org/10.21776/ub.wacana.2016.019.01.2
Badan Pusat Statistik Jawa Timur. (2019). Produksi Susu Menurut Kab/Kota di Jawa Timur. 11 Oktober 2019. https://jatim.bps.go.id/statictable/2019/10/11/1877/produksi-susu-perah-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-timur-kg-2017.html
Badan Pusat Statistik Kota Kediri. (n.d.). Jumlah Perusahaan,Tenaga Kerja dan Nilai Produksi (Satuan) 2016-2018. Retrieved April 6, 2022, from https://kedirikota.bps.go.id/indicator/9/82/1/jumlah-perusahaan-tenaga-kerja-dan-nilai-produksi.html
Damanik, R. P., Wibowo, R. P., & Sadalia, I. (2021). Analysis o f Fishbein ’ s Multi-Attribute on Property at PT Graha Wisma Sentosa Jaya. International Journal of Research and Review, 8(January), 152–158.
Firmansyah, D. M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran) (1st ed.). Deepublish CV Budi Utama.
Fishbein, M. dan I. A. (1975). Belief, Intention and Behavior (E. Wesley (ed.)). Addtion.
Hendrarini, H., & Parsudi, S. (2020). Keputusan Pembelian Minuman Susu Miucuu Surabaya Consumer Taste of Product Attributes In The Purchase Decision Of Miucuu Surabaya Milk Beverage. 8(2), 129–136.
Hendrarini, H., Sunarsono, R. J., Erviyanti, Y., & Soedarto, T. (2020). The identification of ready-to-eat banana’s superior attributes through the fishbein multi-attribute approach. Bulgarian Journal of Agricultural Science, 26(1), 34–42.
Kahfindra Khalik, Y. I. (2018). Analisis Pengetahuan Dan Sikap Konsumen Dalam Membeli Yoghurt Di Bandar Lampung. 6(2), 196–204.
Kotler, P. dan Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (W. H. Maulana, Adi, Devri Barnadi (ed.); 12th ed.). Erlangga, PT Gelora Aksara Pratama.
Putri, S. E., & Bengkulu, U. (2019). Analisis Sikap Konsumen : Evaluasi Dan Kepercayaan Atribut ( Multiattributes Fishbein Approach ). 14(2), 159–177.
Rohman, E., & Maharani, S. (2020). The Role of Color, Viscosity, and Syneresis on Yoghurt Products. Edufortech, 5(2), 97–107. https://doi.org/10.17509/edufortech.v5i2.28812
Rompolemba, A., & Baso, A. (1995). KOPI BUBUK BINTANG DI KOTA POSO Analysis Of Consumer Attitude To Multiatribut Kopi Bintang in Poso City Abstrak.
Rudy irwansyah, Khanti, L, & Amanda, S. dll. (2021). PERILAKU KONSUMEN (1st ed.). Widina Bakti Persada Bandung.
Santoso, P. A., Sudiyarto, & Parsudi, S. (2022). Sikap Konsumen Terhadap Atribut Susu Sapi Segar Dan Susu Cair Dalam Kemasan Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 9(1), 152–162.
Schiffman, L. dan Kanuk. Leslie Lazar. (2008). Perilaku Konsumen (B. Sarwiji (ed.); ketujuh). PT. INDEKS.
Silva, A. G., Canavari, M., & Wander, A. E. (2017). Consumers intention towards purchasing Ip certified beans: an analysis using the theory of planned behaviour (TPB). Organizações Rurais & Agroindustriais, 19(3), 204–218. https://doi.org/10.21714/2238-68902017v19n3p204
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (19th ed.). CV Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (kedua). CV Alfabeta.
Suworo. (2019). Produk Smartphone Samsung Dan Oppo ( Studi Kasus Mahasiswa S1 Unpam Kelas Reguler B ). Jurnal Mandiri, 3(1), 67–81.
Wahidah. (2010). Komponen-Komponen Yang Mempengaruhi Cita Rasa Bahan Pangan.
Widiyanti, W. (2019). Sikap Konsumen terhadap Multiatribut Produk Domino Pizza Dengan Metode Fishbein di Depok. 19(1), 107–112.
Widiyanto, N. A., Adhi, A. K., & Daryanto, H. K. (2016). Atribut-Atribut Yang Mempengaruhi Sikap Dam Preferensi Konsumen Dalam Membeli Buah Apel Di Kota Surabaya Dan Kota Malang Provinsi Jawa Timur. Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(2), 136–146.
Yulianto, E. T. (2020). Analisis sikap konsumen dalam membeli jenang salak menggunakan pendekatan multiatribut fisbehin. 2(2), 118–124.