Penggunaan Media Belajar Pembangkit Tegangan Gelombang Sinus Berbasis XR2206 Tahan Hubung Singkat Dalam Peningkatan Kompetensi Siswa SMK N 1 Pundong Yogyakarta

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yulia Bherlinda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pencapaian kompetensi siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media belajar pembangkit tegangan gelombang sinus berbasis XR2206 tahan hubung singkat dengan siswa yang mengikuti pembelajaran metode konvensional, (2) mengetahui perbedaan aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotorik siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media belajar pembangkit tegangan gelombang sinus berbasis XR2206 tahan hubung singkat dengan siswa yang mengikuti pembelajaran metode konvensional pada mata diklat Alat Ukur Listrik di SMK N 1 Pundong. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian kuasi tipe Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) metode pembelajaran dengan media belajar pembangkit tegangan gelombang sinus berbasis XR2206 tahan hubung singkat lebih efektif dengan selisih nilai pre-post test 24,03, sedangkan dengan metode konvensional memiliki selisih nilai pre-post test 16,26, (2) ada perbedaan yang signifikan dari hasil belajar antara kelas yang menggunakan media belajar pembangkit tegangan gelombang sinus berbasis XR2206 tahan hubung singkat dengan metode konvensional, dengan nilai t hitung aspek kognitif, afektif dan psikomotorik masing-masing yaitu sebesar (-2,030), (-2,431), dan (-2,352).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Bherlinda, Y. (2020). Penggunaan Media Belajar Pembangkit Tegangan Gelombang Sinus Berbasis XR2206 Tahan Hubung Singkat Dalam Peningkatan Kompetensi Siswa SMK N 1 Pundong Yogyakarta. Jurnal E-Komtek (Elektro-Komputer-Teknik), 4(2), 145-154. https://doi.org/10.37339/e-komtek.v4i2.390

References

[1] O. Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
[2] Dimyati and Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineke Cipta, 2006.
[3] B. A, Model Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: PT Dian Rakyat, 2009.
[4] K. Tooping, The Peer Tutoring Handbook: Promoting Co-Operative Learning, Cambridge: Brookline Books, 1988.
[5] A. Woolfolk, Educational Phychology Active Learning Edition, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
[6] A. Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press, 2011.
[7] E. Mulyatiningsih, Riset Terapan : Bidang Pendidikan dan Teknik, Yogyakarta: UNY Press, 2011.
[8] S. R. L, Electronic Communication, Jakarta: Erlangga, 1991.
[9] Z. Arifin, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
[10] Supardi, Aplikasi Statistika dalam Penelitian: Konsep Statistika yang Lebih Komperensif, Jakarta: Change Publication, 2013.