Pelatihan dan Pengembangan Skill Menari Anak-Anak dan Remaja di Kelurahan Montallat II Barito Utara Kalimantan Tengah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zulkifli
Indah Nurjelika
Sin Yin
Miranda Febwandari
Aulia Nurhayati Ningsih
Adam Jordy Maulana

Abstract

Kegiatan pelatihan keterampilan menari bagi anak-anak dan remaja di Kelurahan Montallat II. Kegiatan ini mampu meningkatkan kemampuan teknis, artistik, dan ekspresif peserta. Berdasarkan pembangunan daerah, Kegiatan ini berperan dalam pengembangan sumber daya manusia, sejalan dengan visi pemerintahan desa. Kegiatan ini menegaskan investasi dalam seni dan budaya lokal. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan seni tari dapat menjadi alat efektif dalam pengembangan pribadi dan kreativitas anak-anak dan remaja, serta memperkuat komunitas dan identitas budaya lokal. Kegiatan ini dapat dijadikan model bagi upaya serupa dalam memperluas akses terhadap pelatihan seni dan pengembangan bakat di komunitas sejenis.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Zulkifli, Indah Nurjelika, Sin Yin, Miranda Febwandari, Aulia Nurhayati Ningsih, & Adam Jordy Maulana. (2023). Pelatihan dan Pengembangan Skill Menari Anak-Anak dan Remaja di Kelurahan Montallat II Barito Utara Kalimantan Tengah. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(3), 475-484. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i3.1394

References

Aisara, F., Nursaptini, N., & Widodo, A. (2020). Melestarikan Kembali Budaya Lokal Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler UNtuk Anak Usia Sekolah Dasar. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 9(2), 149–166.
Barito Utara, P. (2019). Peraturan Daerah No 1 Tahun 2019 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Barito Utara Tahun 2018-2023.
Fitria, H. I. (2023). Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022.
Hamid Nasrullah, Asni Tafrikhatin, El Vionna Laellyn Nurul Fatich, Wakhid Yuliyanto, & Ari Waluyo. (2022). Seleksi Perangkat Desa dari Aspek Kognitif, Keterampilan Komputer dan Keterampilan Berbicara Guna Mewujudkan Good Governance di Desa Tasikmadu, Kecamatan Pituruh. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 413–424. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i2.1025
Indah Sari, S. (2023). Pengembangan kreativitas melalui seni tari berbasis kearifan lokal pada anak usia dini di sanggar Kartika budaya ambulu Jember.
Isjoni. (2011). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Lestari, N. W. R., & Gunada, I. W. A. (2021). Pelatihan Seni Tari Pada Siswa Pasraman Sebagai Bentuk Transformasi Kebudayaan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 280–285.
Sutini, N. M., Sanjaya, P., & Indrayasa, K. B. (2022). Pembelajaran Tari Kreatif Dalam Latihan Kemampuan Motorik Kasar Anak Pada Siswa Kelompok Bermain Werdhi Kumara Di Desa Belatungan Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. Nawasena: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Wahyuni, N. (2019). Pembelajaran Tari Di Sanggar Bina Seni Tari Raksa Budaya Serang Banten.
Waluyo, A., Wakhid Yuliyanto, Asni Tafrikhatin, Wahyu Nur Hidayat, Abdurahman Mahmud, Yuni Pancawati, & Alfi Rohmatul Fauziyah. (2022). Pelatihan Pengelolaan Website untuk Pengurus PC dan Pengurus PAC Muslimat NU Se-Kebumen. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(3), 483–490. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i3.1057

Most read articles by the same author(s)