Upaya Menciptakan Regenerasi Paham Berbahasa Melalui Program Kelas Bahasa di Desa Sikui
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Artikel ini membahas tentang pengabdian kepada Masyarakat berupa diadakannya kelas Bahasa untuk anak-anak regenarasi penerus bangsa di Desa Sikui. Kelas Bahasa yang dimaksud adalah Bahasa inggris dan Bahasa Indonesia yang dilaksanakan rutinan setiap hari minggu. Tujuannya adalah untuk melestarikan penggunaan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dan memperdalam Bahasa inggris sebagai Bahasa internasional. Strategi yang digunakan adalah praktik secara langsung dilapangan. Sehingga hasil yang didapatkan adalah anak-anak dapat mengetahui serta menerapkan bagaimana penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai KBBI serta anak-anak dapat bekal untuk memperdalam penggunaan Bahasa inggris
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Elan, E., & Handayani, S. (2023). Pentingnya Peran Pola Asuh Orang Tua untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2951–2960. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.2968
Elawati, E., Herdiana, R., & Agustini, R. (2023). PENGGUNAAN RAGAM BAHASA GAUL DALAM KOMUNIKASI LISAN OLEH MASYARAKAT DESA CIEURIH KECAMATAN CIPAKU KABUPATEN CIAMIS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 7.1, 7.
Farida, E. (2023). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DASAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS SISWA MAGENTA ENGLISH COURSE. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 7.1.
Madina, L. O. (2019). PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR DALAM BERKOMUNIKASI. Journal of Dedication to Papua Community, 2(2). https://doi.org/10.34124/jpkm.v2i2.47
Maghfiroh, N. (2022). BAHASA INDONESIA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI MASYARAKAT DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 19.02, 19.
Napitupulu, R., Agustina, T., & Nur, F. (2023). Peningkatan Kosakata Kategori Hewan Dalam Bahasa Inggris Bagi Siswa SMP Swasta Bhakti Bangsa Sunggal. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2.3.
Nurjanah, F., & Habibah, Q. A. (2018). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR DESA TERPENCIL MELALUI METODE KARYAWISATA BERBASIS POTENSI LOKAL. FKIP e-PROCEEDING.
Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111–121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262
Rusdiana, L., Putra, A. P. M., Hermawan, H., Insan, J., & Vebriyanti, N. (2022). Penerapan Sosialisasi Edukasi dan Informasi New Normal Menggunakan E-Poster Pada SDN 1 SIKUI. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7.3.