Pemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Peluang Usaha Untuk Meningkatkan Penjualan Dari Hasil Olahan Limbah Organik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yulindawati Yulindawati
Vilianty Rafida
Amelia Yusnita
Siti Lailiyah
Kusnandar

Abstract

Sampah merupakan permasalahan terbesar yang membutuhkan perhatian serius, produksi sampah terbesar dalam keseluruhan produksi sampah terdapat pada sampah organik. Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan pencemaran lingkungan, sebaliknya sampah yang dikelola dengan baik akan memberikan peluang usaha yang menguntungkan bagi masyarakat. Purileisa adalah tempat usaha yang memproduksi sampah organik sekaligus tempat edukasi pertanian bagi generasi muda dan masyarakat sekitarnya. sampah organik dapat diolah menjadi eco-enzyme, hasil turunan dari eco-enzyme dapat dipasarkan. Karena dipasarkan secara konvensional dan kurangnya promosi dalam penjualan produk, banyak masayarakat yang tidak mengetahui manfaat turunan dari eco-enzyme ini. Mitra dan masyarakat sekitar telah berkerja sama dengan beberapa dosen STMIK Widya Cipta Dharma memberikan pelatihan bagaiman cara memanfaat limbah organik menjadi peluang usaha yang memberikan keuntungan dengan mempromosikannya dan memasarkannya menggunakan teknologi digital. Metode yang digunakan selama pengabdian adalah ceramah dan memberikan praktek pelatihan secara langsung bagaimana cara menggunakan sosial media dan mempromosikan barang di marketplace.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yulindawati, Y., Vilianty Rafida, Amelia Yusnita, Siti Lailiyah, & Kusnandar. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Peluang Usaha Untuk Meningkatkan Penjualan Dari Hasil Olahan Limbah Organik . JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 99-108. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i1.1486

References

Andriani, Yuli et al. 2022. “Potensi Dan Kesadaran Masyarakat Mengolah Limbah Organik Di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(3): 627.
Badriatin, Tine, R. Lucky Radi Rinandiyana, and Dina Agustina. 2019. “Pelatihan Kewirausahaan Dengan Membuat Buket Snack Serbagai Alternatif Buah Tangan Bagi Santri Miftahul Huda Al Husna Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya.” Bantenese - Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2).
KRISNANI, HETTY et al. 2017. “Perubahan Pola Pikir Masyarakat Mengenai Sampah Melalui Pengolahan Sampah Organik Dan Non Organik Di Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kab. Sumedang.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 4(2): 281–89.
Nabawiyati, Sri, and Nurul Makiyah. 2020. “Pemberdayaan Ibu-Ibu Aisyiyah Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dan Pembentukan Kelompok Sedekah Sampah.” Abdimas Mahakam Journal 4(02): 251–60.
Nisaa, Ranti An, and Rosi Feirina Ritonga. 2022. “Usaha Mengurangi Limbah Rumah Tangga Dengan Proses Pengomposan Takakura Di Perumahan Coco Garden Klapanunggal, Kabupaten Bogor.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6(3): 2045.
Nurul, Pesantren, Mustofa Al, Siti Lailiyah, and Amelia Yusnita. 2019. “Pelatihan TIK Bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Pada Pondok.” : 194–98.
Prasetio, Viana Meilani, Tia Ristiawati, and Frida Philiyanti. 2021. “Manfaat Eco-Enzyme Pada Lingkungan Hidup Serta Workshop Pembuatan Eco-Enzyme.” Darmacitya?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1): 21–29. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/darmacitya/article/view/24071.
Putra, Ade Dwi, and Ade Dwi Putra. 2020. “Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Usaha Penjualan Helm.” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak 1(1): 17–24.
Wahyuni, Sri, Alfian NisaRokhimah, Afifah Mawardah, and Salma Maulidya. 2019. “Pelatihan Pengolahan Sampah Organik Skala Rumah Tangga Dengan Metode Takakura Di Desa Gebugas.” Indonesian Jurnal of Community Empowerment 1(2): 51–54.
Yanti, Delvi, and Rahmi Awalina. 2021. “Sosialisasi Dan Pelatihan Pengolahan Sampah Organik Menjadi Eco-Enzyme.” Jurnal Warta Pengabdian Andalas 28(2): 84–90.

Most read articles by the same author(s)