Pemanfaatan Media Audio Visual Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Siswa Kelas 5 di SDN 89 Kota Bengkulu
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan dari pengabdian ini adalah dengan menggunakan media visual kompetitif seperti menonton film pendek berbahasa Inggris untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar. Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar dan merupakan mata pelajaran tambahan. Pengetahuan bahasa Inggris sangat penting di zaman modern ini dan harus dipelajari sejak masa kanak-kanak untuk meningkatkan penyerapan dan pemahaman kosa kata. Kosakata adalah salah satu hal terpenting yang harus dipahami untuk mempelajari suatu bahasa. Media audiovisual merupakan media yang menarik dan menyenangkan bagi siswa sekolah dasar karena memungkinkan mereka belajar sekaligus bermain. Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu aspek penunjang siswa dalam penguasaan bidang ilmu khususnya bahasa Inggris. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di SDN 89 Kota Bengkulu menunjukkan bahwa lagu mempunyai tingkat efektivitas yang tinggi dan dapat digunakan untuk mengenalkan kosa kata bahasa inggris kepada anak.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Maru’ao, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Inovatif Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris. -, 14(2), 221–230.
Masturi Rulia, Edi Suyanto, I. H. (2012). Pemanfaatan Media Audio Visual. Jurnal Tujuh Lampung.
Nababan, I. A., Siahaan, F. E., Situmeang, S. A., & Siahaan, S. (2023). PENINGKATAN BERBAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL BAGI SISWA SD NEGERI No . 095175 PARBUNGAAN. AsiaCALL Online Journal, 3(095175), 15–28.
Pengaruh Penggunaan Lagu Bahasa Inggris Terhadap Prestasi Belajar Kosakata Siswa kelas 5 di SDN 69 Bengkulu Tengah. (n.d.).
Phisutthangkoon, K. (2016). Effectiveness of English Song Activities on Vocabulary Learning and Retention. www.iafor.org
Pohan, S., Irmayana, A., Husainah, N., & Saputra, F. B. (2022). Memperkenalkan Vocabulary Melalui Lagu Pada Anak Sd. Jurnal Adam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 304–308. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam
Sari, I., & Ayu, F. (2021). Pemanfaatan Media Lagu Dalam Peningkatan Kosa Kata Bahasa Inggris. Abdimas Mandiri ‐ Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 16–20.
Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874
Uzer, Y. (2020). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Di Tingkat Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 97–106. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4953
Wiryotinoyo, M. (2013). Pengembangan Media Audio Visual. 3(2), 1–13.
Zulkarnindra, E. (2021). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Tingkat SMP di Sekolah Alam Bogor. Rayah Al-Islam, 5(02), 591–599. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.486