Pemanfaatan Media Audio Visual Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Siswa Kelas 5 di SDN 89 Kota Bengkulu

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Meira Sintia Elvriza
Yupika Maryansyah

Abstract

Tujuan  dari pengabdian ini adalah dengan menggunakan media visual kompetitif seperti menonton film pendek berbahasa Inggris untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar. Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar dan merupakan mata pelajaran tambahan. Pengetahuan bahasa Inggris sangat penting di zaman modern ini dan harus dipelajari sejak masa kanak-kanak untuk meningkatkan penyerapan dan pemahaman kosa kata. Kosakata adalah salah satu hal terpenting yang harus dipahami untuk mempelajari suatu bahasa. Media audiovisual merupakan  media yang menarik dan menyenangkan bagi siswa sekolah dasar karena memungkinkan mereka  belajar sekaligus bermain. Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu aspek penunjang siswa dalam penguasaan bidang ilmu khususnya bahasa Inggris. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di SDN 89 Kota Bengkulu menunjukkan bahwa lagu mempunyai tingkat efektivitas yang tinggi dan dapat digunakan untuk mengenalkan kosa kata bahasa inggris kepada anak.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Meira Sintia Elvriza, & Yupika Maryansyah. (2024). Pemanfaatan Media Audio Visual Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Siswa Kelas 5 di SDN 89 Kota Bengkulu. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), 802-811. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i3.1833

References

Indrayanti, I., & Romadhon, S. A. (2024). Penguatan Pemanfaatan Media Audio Visual Aids Dalam Pemerolehan Kosa Kata Bahasa Inggris Bagi Siswa Siswi Pendidikan Vokasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 1079. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20460
Maru’ao, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Inovatif Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris. -, 14(2), 221–230.
Masturi Rulia, Edi Suyanto, I. H. (2012). Pemanfaatan Media Audio Visual. Jurnal Tujuh Lampung.
Nababan, I. A., Siahaan, F. E., Situmeang, S. A., & Siahaan, S. (2023). PENINGKATAN BERBAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL BAGI SISWA SD NEGERI No . 095175 PARBUNGAAN. AsiaCALL Online Journal, 3(095175), 15–28.
Pengaruh Penggunaan Lagu Bahasa Inggris Terhadap Prestasi Belajar Kosakata Siswa kelas 5 di SDN 69 Bengkulu Tengah. (n.d.).
Phisutthangkoon, K. (2016). Effectiveness of English Song Activities on Vocabulary Learning and Retention. www.iafor.org
Pohan, S., Irmayana, A., Husainah, N., & Saputra, F. B. (2022). Memperkenalkan Vocabulary Melalui Lagu Pada Anak Sd. Jurnal Adam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 304–308. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam
Sari, I., & Ayu, F. (2021). Pemanfaatan Media Lagu Dalam Peningkatan Kosa Kata Bahasa Inggris. Abdimas Mandiri ‐ Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 16–20.
Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874
Uzer, Y. (2020). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Di Tingkat Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 97–106. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4953
Wiryotinoyo, M. (2013). Pengembangan Media Audio Visual. 3(2), 1–13.
Zulkarnindra, E. (2021). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Tingkat SMP di Sekolah Alam Bogor. Rayah Al-Islam, 5(02), 591–599. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.486