Meningkatkan Antusiasme Belajar Anak-Anak di Desa Pasar Pedati dengan Menggunakan Bahasa Inggris dalam Permainan Tradisional

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Revo Aditama Febrian
Erza Kurnia Zahari
Meira Sintia Elvriza
M. Rizqi Maulana Albariq
Ria Angraini

Abstract

Bahasa Inggris menjadi keterampilan penting di era globalisasi, namun anak-anak di Desa Pasar Pedati menghadapi tantangan motivasi belajar yang rendah akibat metode pembelajaran yang kurang menarik. Program pengabdian masyarakat Artery_ECourse bertujuan meningkatkan antusiasme belajar bahasa Inggris anak-anak melalui integrasi permainan tradisional ke dalam pembelajaran. Program ini dilaksanakan selama 12 pertemuan dengan metode pengajaran interaktif yang melibatkan permainan seperti "Polisi-Polisi Numpang Tanya," di mana kosakata dan tata bahasa Inggris disisipkan secara menyenangkan. Pendekatan ini melibatkan persiapan administratif, pelaksanaan kegiatan berbasis pengalaman, serta evaluasi untuk menyesuaikan metode dengan kebutuhan siswa. Hasilnya, siswa menunjukkan peningkatan motivasi, pemahaman bahasa Inggris, dan keterampilan sosial. Selain itu, program ini juga berkontribusi pada pelestarian budaya lokal. Dampak positif ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran yang adaptif dan kreatif dapat menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan relevan bagi masyarakat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Revo Aditama Febrian, Erza Kurnia Zahari, Meira Sintia Elvriza, M. Rizqi Maulana Albariq, & Ria Angraini. (2025). Meningkatkan Antusiasme Belajar Anak-Anak di Desa Pasar Pedati dengan Menggunakan Bahasa Inggris dalam Permainan Tradisional. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 800-814. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v6i2.2246

References

ALFARISY, Fitri. Kebijakan pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia dalam perspektif pembentukan warga dunia dengan kompetensi antarbudaya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2021, 6.3: 303-313.
AR, M. M., & Asmoni, A. (2023, December). IDENTIFIKASI POLA ASUH ORANG TUA PERANTAU KE-JAKARTA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH DASAR (STUDI SDN KALIANGET BARAT V SUMENEP MADURA). In PROSIDING SNAPMA (Seminar Nasional
Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UNIPMA) (Vol. 1, pp. 111-119).
Cendana, H., & Suryana, D. (2021). Pengembangan permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771-778.
Hardi, V. A., & Rizal, M. S. (2020). Analisis buku teks pelajaran bahasa inggris sd berdasarkan karateristik pembelajar muda pada kelas rendah. Jurnal Basicedu, 4(4), 1398-1407.
Hernanda, V. A., Azzahra, A. Y., & Alfarisy, F. (2022). Pengaruh penerapan bahasa Asing dalam kinerja pendidikan. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(01), 88-95.
Julaiha, S., Ramli, A., Oktaviany, V., Sudadi, S., & Anwar, H. C. (2023). Analisis Pengaruh Manajemen Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak Usia Dini.
Mika, M. A., & Mardiana, N. (2023). Edukasi Pentingnya Bahasa Inggris Di Era Globalisasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 246-251.
Mutiah, S. D., Nakhriyah, M., HR, N. H., Hidayat, D. N., & Hamid, F. (2020). The Readiness of Teaching English to Young Learners in Indonesia. Jurnal Basicedu, 4(4), 1370–1387. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.541
Parli, M., Angraini, R., Susyla, D., & Safitri, W. (2024). The Intercultural Edupreneurs’ Collaboration on English Song Lyrics Project-Based Learning of English for Young Learners in Bengkulu Province. Teaching English to Young Learners in Indonesia (TEYLIN), 5(1), 13-24.
Pudjiati, D., Fitria, T. N., Harmayanthi, V. Y., & Mawarni, V. (2023). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Bahasa Inggris Sederhana Untuk Anak-Anak Yatim di Yayasan Al Mugni Indonesia. Benua Etam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14-22.

Rachmawati, D. L., & Fadhilawati, D. (2021). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Anak (Young Learners) Melalui Lagu dan Cerita Rakyat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2302-2314.
Rahmatika, A., Manurung, A. A., & Ramadhani, F. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk meningkatkan empati anak usia dini dengan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Sudo Jurnal Teknik Informatika, 2(3), 122-130.
Sari, N. N. K., Maulida, Z. P., & Salmawati, A. (2024). Pentingnya Bahasa Inggris Pada Era Globalisasi. Karimah Tauhid, 3(3), 3685-3692.
Siregar, U. D. (2023). Bahasa Inggris sebagai Bahasa Komunikasi Bisnis di Era Globalisasi: Persepsi Pebisnis dan Karyawan. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(01), 129-135.
Supriani, Y., & Arifudin, O. (2023). Partisipasi orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95-105.