Meningkatkan Antusiasme Belajar Anak-Anak di Desa Pasar Pedati dengan Menggunakan Bahasa Inggris dalam Permainan Tradisional
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Bahasa Inggris menjadi keterampilan penting di era globalisasi, namun anak-anak di Desa Pasar Pedati menghadapi tantangan motivasi belajar yang rendah akibat metode pembelajaran yang kurang menarik. Program pengabdian masyarakat Artery_ECourse bertujuan meningkatkan antusiasme belajar bahasa Inggris anak-anak melalui integrasi permainan tradisional ke dalam pembelajaran. Program ini dilaksanakan selama 12 pertemuan dengan metode pengajaran interaktif yang melibatkan permainan seperti "Polisi-Polisi Numpang Tanya," di mana kosakata dan tata bahasa Inggris disisipkan secara menyenangkan. Pendekatan ini melibatkan persiapan administratif, pelaksanaan kegiatan berbasis pengalaman, serta evaluasi untuk menyesuaikan metode dengan kebutuhan siswa. Hasilnya, siswa menunjukkan peningkatan motivasi, pemahaman bahasa Inggris, dan keterampilan sosial. Selain itu, program ini juga berkontribusi pada pelestarian budaya lokal. Dampak positif ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran yang adaptif dan kreatif dapat menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan relevan bagi masyarakat.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
AR, M. M., & Asmoni, A. (2023, December). IDENTIFIKASI POLA ASUH ORANG TUA PERANTAU KE-JAKARTA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH DASAR (STUDI SDN KALIANGET BARAT V SUMENEP MADURA). In PROSIDING SNAPMA (Seminar Nasional
Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UNIPMA) (Vol. 1, pp. 111-119).
Cendana, H., & Suryana, D. (2021). Pengembangan permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771-778.
Hardi, V. A., & Rizal, M. S. (2020). Analisis buku teks pelajaran bahasa inggris sd berdasarkan karateristik pembelajar muda pada kelas rendah. Jurnal Basicedu, 4(4), 1398-1407.
Hernanda, V. A., Azzahra, A. Y., & Alfarisy, F. (2022). Pengaruh penerapan bahasa Asing dalam kinerja pendidikan. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(01), 88-95.
Julaiha, S., Ramli, A., Oktaviany, V., Sudadi, S., & Anwar, H. C. (2023). Analisis Pengaruh Manajemen Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak Usia Dini.
Mika, M. A., & Mardiana, N. (2023). Edukasi Pentingnya Bahasa Inggris Di Era Globalisasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 246-251.
Mutiah, S. D., Nakhriyah, M., HR, N. H., Hidayat, D. N., & Hamid, F. (2020). The Readiness of Teaching English to Young Learners in Indonesia. Jurnal Basicedu, 4(4), 1370–1387. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.541
Parli, M., Angraini, R., Susyla, D., & Safitri, W. (2024). The Intercultural Edupreneurs’ Collaboration on English Song Lyrics Project-Based Learning of English for Young Learners in Bengkulu Province. Teaching English to Young Learners in Indonesia (TEYLIN), 5(1), 13-24.
Pudjiati, D., Fitria, T. N., Harmayanthi, V. Y., & Mawarni, V. (2023). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Bahasa Inggris Sederhana Untuk Anak-Anak Yatim di Yayasan Al Mugni Indonesia. Benua Etam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14-22.
Rachmawati, D. L., & Fadhilawati, D. (2021). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Anak (Young Learners) Melalui Lagu dan Cerita Rakyat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2302-2314.
Rahmatika, A., Manurung, A. A., & Ramadhani, F. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk meningkatkan empati anak usia dini dengan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Sudo Jurnal Teknik Informatika, 2(3), 122-130.
Sari, N. N. K., Maulida, Z. P., & Salmawati, A. (2024). Pentingnya Bahasa Inggris Pada Era Globalisasi. Karimah Tauhid, 3(3), 3685-3692.
Siregar, U. D. (2023). Bahasa Inggris sebagai Bahasa Komunikasi Bisnis di Era Globalisasi: Persepsi Pebisnis dan Karyawan. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(01), 129-135.
Supriani, Y., & Arifudin, O. (2023). Partisipasi orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95-105.