Sosialisasi Sosialisasi Dampak Pengisian Form INA-CBG’S Dalam Mempengaruhi Pending Klaim BPJS di Rumah Sakit Siaga Al Munawwarah Samarinda

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lidia Febrianty Sule
M. Ardan

Abstract

Pengabdian ini mengkaji dan mensosialisasikan tantangan dalam pengisian Form Ina-Cbg’S untuk klaim BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Siaga Al Al Munawwarah Samarinda. Berdasarkan UU No 17 Tahun 2023, upaya kesehatan harus dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan, termasuk dalam administrasi klaim di rumah sakit. Namun, selama magang di unit casemix, teridentifikasi masalah signifikan terkait ketidaklengkapan pengisian form oleh tenaga medis, khususnya dalam Anamnesa, Penunjang Medis, dan Diagnosa utama. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi masalah melalui observasi dan wawancara, yang kemudian dianalisis menggunakan diagram fishbone. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti beban kerja dokter, kurangnya evaluasi rutin, dan ketiadaan sistem yang terintegrasi berkontribusi pada masalah tersebut. Sebagai solusi, penulis merekomendasikan pengembangan sistem dan pengadaan tanda tangan elektronik, diikuti dengan sosialisasi dan pembuatan kebijakan pengisian form. Rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas administrasi klaim BPJS Kesehatan di Rumah Sakit.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Lidia Febrianty Sule, & M. Ardan. (2025). Sosialisasi Sosialisasi Dampak Pengisian Form INA-CBG’S Dalam Mempengaruhi Pending Klaim BPJS di Rumah Sakit Siaga Al Munawwarah Samarinda. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 365-374. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v6i1.2110

References

Anfal, M. (2020). Kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit: Standar dan implementasi. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-158.
BPJS Kesehatan. (2014). Pedoman pengajuan klaim BPJS Kesehatan. Jakarta: BPJS Kesehatan.
Far, A., Nasution, M. A., & Suhartono, B. (2022). Implementasi sistem casemix dalam pengajuan klaim BPJS kesehatan. Jurnal Administrasi Kesehatan, 8(1), 45-59.
Handayani, I. (2020). Kualitas pelayanan rumah sakit dan dampaknya terhadap kepuasan pasien. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 15(1), 50-63.
M Mellyana, N Nurhasanah, M Ardan.(2024). Analisis Ketidaklengkapan Rekam Medis Rawat Jalan di UPTD Resak Kabupaten Kutai Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Pedoman penggunaan UNU Grouper dalam sistem INA-CBG’s. Jakarta: Kemenkes RI.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan tentang tarif INA-CBG’s. Jakarta: Kemenkes RI.
Kurniawan, A., Sari, R., & Prasetyo, B. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi sukses klaim BPJS Kesehatan. Jurnal Manajemen Kesehatan, 11(2), 120- 135.
Nabila, F., Hidayah, N., & Iskandar, M. (2020). Analisis faktor penyebab pending claim BPJS Kesehatan dan solusinya. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 18(2), 102-110.
Patuang, R., Rukmana, D., & Prasetyo, A. (2024). Pengaruh kelengkapan berkas klaim terhadap pendapatan faskes dalam sistem BPJS Kesehatan. Jurnal Manajemen Kesehatan, 12(1), 56-64.
Permenkes RI No. 04/2018. (2018). Tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Permenkes RI No. 26/2022. (2022). Tentang Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. PMK No. 3 Tahun 2020. (2020). Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Pranayuda, A., Santosa, J., & Handayani, I. (2023). Analisis administrasi klaim BPJS kesehatan: Tantangan dan solusi. Jurnal Manajemen Rumah Sakit, 10(2), 75-88.
UU No. 17 tentang Kesehatan. (2023). Undang-Undang Republik Indonesia tentang Kesehatan. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia.
UU No. 29 Tahun 2004. (2004). Tentang Praktik Kedokteran. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia.
UU No. 36 Tahun 2004. (2004). Tentang Kesehatan. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia.
UU No. 36 Tahun 2014. (2014). Tentang Tenaga Kesehatan. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia.
UU No. 44 Tahun 2009. (2009). Tentang Rumah Sakit. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia.
Vilyasari, R., & Saputra, D. (2023). BPJS kesehatan: Filosofi dan implementasi jaminan sosial di Indonesia. Jurnal Kesehatan dan Sosial, 15(4), 202-215