Sosialisasi Sosialisasi Dampak Pengisian Form INA-CBG’S Dalam Mempengaruhi Pending Klaim BPJS di Rumah Sakit Siaga Al Munawwarah Samarinda
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pengabdian ini mengkaji dan mensosialisasikan tantangan dalam pengisian Form Ina-Cbg’S untuk klaim BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Siaga Al Al Munawwarah Samarinda. Berdasarkan UU No 17 Tahun 2023, upaya kesehatan harus dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan, termasuk dalam administrasi klaim di rumah sakit. Namun, selama magang di unit casemix, teridentifikasi masalah signifikan terkait ketidaklengkapan pengisian form oleh tenaga medis, khususnya dalam Anamnesa, Penunjang Medis, dan Diagnosa utama. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi masalah melalui observasi dan wawancara, yang kemudian dianalisis menggunakan diagram fishbone. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti beban kerja dokter, kurangnya evaluasi rutin, dan ketiadaan sistem yang terintegrasi berkontribusi pada masalah tersebut. Sebagai solusi, penulis merekomendasikan pengembangan sistem dan pengadaan tanda tangan elektronik, diikuti dengan sosialisasi dan pembuatan kebijakan pengisian form. Rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas administrasi klaim BPJS Kesehatan di Rumah Sakit.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
BPJS Kesehatan. (2014). Pedoman pengajuan klaim BPJS Kesehatan. Jakarta: BPJS Kesehatan.
Far, A., Nasution, M. A., & Suhartono, B. (2022). Implementasi sistem casemix dalam pengajuan klaim BPJS kesehatan. Jurnal Administrasi Kesehatan, 8(1), 45-59.
Handayani, I. (2020). Kualitas pelayanan rumah sakit dan dampaknya terhadap kepuasan pasien. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 15(1), 50-63.
M Mellyana, N Nurhasanah, M Ardan.(2024). Analisis Ketidaklengkapan Rekam Medis Rawat Jalan di UPTD Resak Kabupaten Kutai Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Pedoman penggunaan UNU Grouper dalam sistem INA-CBG’s. Jakarta: Kemenkes RI.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan tentang tarif INA-CBG’s. Jakarta: Kemenkes RI.
Kurniawan, A., Sari, R., & Prasetyo, B. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi sukses klaim BPJS Kesehatan. Jurnal Manajemen Kesehatan, 11(2), 120- 135.
Nabila, F., Hidayah, N., & Iskandar, M. (2020). Analisis faktor penyebab pending claim BPJS Kesehatan dan solusinya. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 18(2), 102-110.
Patuang, R., Rukmana, D., & Prasetyo, A. (2024). Pengaruh kelengkapan berkas klaim terhadap pendapatan faskes dalam sistem BPJS Kesehatan. Jurnal Manajemen Kesehatan, 12(1), 56-64.
Permenkes RI No. 04/2018. (2018). Tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Permenkes RI No. 26/2022. (2022). Tentang Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. PMK No. 3 Tahun 2020. (2020). Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Pranayuda, A., Santosa, J., & Handayani, I. (2023). Analisis administrasi klaim BPJS kesehatan: Tantangan dan solusi. Jurnal Manajemen Rumah Sakit, 10(2), 75-88.
UU No. 17 tentang Kesehatan. (2023). Undang-Undang Republik Indonesia tentang Kesehatan. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia.
UU No. 29 Tahun 2004. (2004). Tentang Praktik Kedokteran. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia.
UU No. 36 Tahun 2004. (2004). Tentang Kesehatan. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia.
UU No. 36 Tahun 2014. (2014). Tentang Tenaga Kesehatan. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia.
UU No. 44 Tahun 2009. (2009). Tentang Rumah Sakit. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia.
Vilyasari, R., & Saputra, D. (2023). BPJS kesehatan: Filosofi dan implementasi jaminan sosial di Indonesia. Jurnal Kesehatan dan Sosial, 15(4), 202-215