Pengenalan Bulan Hijriah Melalui Media Smart Box Terhadap Santri TP Al-Qur’an Syuhada
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Artikel ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media dalam penyampaian materi yang menarik seperti Smart Box di TP Al-Qur'an Syuhada. Smart Box merupakan alat peraga berbentuk persegi yang terdiri dari empat sisi yang berisi kartu gambar dan kartu kata. Pentingnya penggunaan media Smart Box dalam kegiatan pembelajaran adalah untuk menarik minat siswa dalam mempelajari materi yang disampaikan, salah satunya materi bulan Hijriah. Penggunaan media pembelajaran Smart Box diharapkan dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam mempelajari materi tersebut. Metode yang digunakan adalah Service Learning (SL). Berdasarkan hasil penggunaan media Smart Box dalam penyampaian materi bulan Hijriah telah banyak mengalami kemajuan, antara lain: meningkatnya pemahaman dan keterampilan siswa serta semangat belajar terkait materi bulan Hijriah. Adapun untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan media atau strategi yang menarik dalam pembelajaran, sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman, semangat, dan keterampilan siswa.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Aminah, S., & Yusnaldi, E. (2024). Pengembangan Media Smart box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Kependidikan, 13(3), 3077–3086. https://doi.org/10.58230/27454312.778
Masdar, A. K. C., Nadira, L., Murnika, Y., & Wismanto, W. (2024). Pemilihan Media Pembelajaran Yang Tepat Untuk Meningkatkan Hasil. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 76–85. https://doi.org/10.62383/edukasi.v1i3.
Dyah Pramanik, P., Achmadi, M., & Nasution, D. Z. (2021). Media Belajar Inovatif bagi Siswa SDN 05 Pesanggrahan Jakarta: PkM dengan Konsep Service Learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 1(1), 46–56. https://doi.org/10.59818/jpm.v1i3.43
Surur, F., & Usman, K. S. (2022). Pendekatan Service Learning pada Pembelajaran Daring Studio Penyajian dan Presentasi dalam Penyusunan Profil Desa Tarasu Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. The 4th International Conference on University-Community Engagement (ICON-UCE), 4, 231–236. https://icon-uce.com/index.php/icon-uce/article/view/32
Amin, F. (2020). Analisa Pendidikan Pesantren Dan Perannya Terhadap Pendidikan Islam. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 13(2), 56–73. https://doi.org/10.51675/jt.v13i2.63
Fauqi, A. (2025). Pengaruh Media Smart box terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. 2, 11–16. https://doi.org/10.54371/jekas.v2i1.696
Habibah, L., Anwar, A. S., & Kuningan, S. M. (2024). Pengaruh Pemanfaatan Media Smart Box Berbasis QR Code Siswa Kelas IV. 8(3), 525–537.
Handayani, S. F., Humairah, N. I., Simanjuntak, M. J. S., Amar, F. S., Manurung, S. V., Ritonga, P. L., Silalahi, J. F. H., & Prasasti, T. I. (2024). Penerapan Media Bahan Ajar Smartbox Dalam Pembelajaran BIPA Pada Materi Pengenalan Kuliner Etnis Simalungun. JICN : Jurnal Intelek Dan Cendekiawan Nusantara, 1(3), 3303–3304.
Simarmata, H. D. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Metode Refleksi. Jurnal Pendidikan Penabur, I(31), 43–53. https://bpkpenabur.or.id/media/g0kmjnhq/hal-72-82-pendidikan-karakter-melalui-metode.pdf
Hikmah, N., Surawan, S., Ansari, M. R., Endah, E., & Muslimah, M. (2022). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis IT di SMP Muhammadiyah Palangka Raya. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(5), 652–663. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v7i5.3175
Isfihani, I. (2023). Hisab Rukyat Untuk Penentuan Awal Bulan Hijriah Dalam Al Qur’an Dan Al Hadis. Sanaamul Quran : Jurnal Wawasan Keislaman, 4(1), 1–23. https://doi.org/10.62096/tsaqofah.v4i1.50
Maulidiana, F., Arya Wardana, L., & Jannah, F. (2024). Pengembangan Media Smart Box Pada Pembelajaran Tumbuhan dan Energi Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN Curahgrinting 1 Probolinggo. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 1664–1675. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9376
Nabilah, S. H. (2022). Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Dalam Membaca Al- Qur’an. Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(9), 1913–1918. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v1i9.2827
Nugraha, B. A., Zahra, L. A., Prasetya, Y., & Anjelia, P. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Smart Box Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas III Di SD Negeri 1 Podomoro. 8(10), 209–212. https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jsm/article/view/5422
Muthaharoh, N. R., Surawan, S., & Sapitri, S. A. D. (2024). Pendampingan Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas X SMAN 2 Palangka Raya. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat: EDUABDIMAS, 3(4), 361–368. https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v3i4.5600
Oktavia, J., Zahra, V., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Hak dan Kewajiban. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 545–554. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/425/293
Pangestu, A., Malagola, Y., Rahmasari, S., Puspita, H., Astary, V., Aisyah, S., & Latifah, S. (2023). Peningkatan Budaya Literasi pada Anak-Anak di Daerah Terpencil Menggunakan Metode Service Learning. Lok Seva: Journal of Contemporary Community Service, 1(1), 27. https://doi.org/10.35308/lokseva.v1i1.6449
Permatasari, P., & Hardy, F. R. (2019). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Cinere Dalam Penanaman Dan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), 129–134. https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i1.4337
Rahmawati, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran AL-Ahya, 01(01), 219–232.
Rizki, S. N., Ajahari, A., & Surawan, S. (2022). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Al-Qur’an Pada Anak Di Tpa Sidomulyokota Palangka Raya. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 164–177. https://doi.org/10.61136/pmm29y60
Rosalianisa, R., Dorlina, N., Komalasari, D., & Rinakit, K. (2022). Pelatihan Bernyanyi Bagi Pendidik Pos Paud Terpadu Se-Kota Surabaya. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 43–52. https://doi.org/10.26740/jpm.v2n1.p43-52
Sari, I. N., & Heriyawati, D. F. (2020). Pendampingan Komunitas Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah di Kecamatan Sukun Kota Malang. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 563–573. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i2.141
Surawan, S. (2019). Peningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar PAI Menggunakan Model Pembelajaran Pakem Pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Sumbermulyo Bantul Yogyakarta. Journal of Classroom Action Research, 1(1), 29–30. https://doi.org/10.29303/jcar.v1i1.239
Waode, Surawan, S. & Rohmah, C. D. (2024). Pelatihan Pembuatan Poster Melalui Aplikasi Canva Sebagai Media Bahan Pembelajaran Pada Remaja SMA Negeri 2, PalangkaRaya. 6 (1),2299–2304. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/4601
Wasilah Wahidin, N. (2022). Problematika Penyatuan Kalender Hijriyah. Jurnal Ilmu Falak Dan Astronomi, 4(2), 275–283
Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa, S. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika di Era Pandemi COVID-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 331. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218