Pengenalan Bulan Hijriah Melalui Media Smart Box Terhadap Santri TP Al-Qur’an Syuhada

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sardimi Sardimi
Gunanti Gunanti
Yusika Amelia Putri
Surawan Surawan

Abstract

Artikel ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media dalam penyampaian materi yang menarik seperti Smart Box di TP Al-Qur'an Syuhada. Smart Box merupakan alat peraga berbentuk persegi yang terdiri dari empat sisi yang berisi kartu gambar dan kartu kata. Pentingnya penggunaan media Smart Box dalam kegiatan pembelajaran adalah untuk menarik minat siswa dalam mempelajari materi yang disampaikan, salah satunya materi bulan Hijriah. Penggunaan media pembelajaran Smart Box diharapkan dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam mempelajari materi tersebut. Metode yang digunakan adalah Service Learning (SL). Berdasarkan hasil penggunaan media Smart Box dalam penyampaian materi bulan Hijriah telah banyak mengalami kemajuan, antara lain: meningkatnya pemahaman dan keterampilan siswa serta semangat belajar terkait materi bulan Hijriah. Adapun untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan media atau strategi yang menarik dalam pembelajaran, sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman, semangat, dan keterampilan siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sardimi, S., Gunanti, G., Amelia Putri, Y., & Surawan, S. (2025). Pengenalan Bulan Hijriah Melalui Media Smart Box Terhadap Santri TP Al-Qur’an Syuhada. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 877-888. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v6i2.2375

References

Prasasty, A. T., Isroyati, I., & Nurhidayati, R. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran 3D pada Guru kelas di SDN Pondok Terong. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat UP3M STKIP PGRI Sumatera Barat, 4(1), 32–37. https://doi.org/10.22202/rangkiang.2022. v4i1.5749
Aminah, S., & Yusnaldi, E. (2024). Pengembangan Media Smart box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Kependidikan, 13(3), 3077–3086. https://doi.org/10.58230/27454312.778
Masdar, A. K. C., Nadira, L., Murnika, Y., & Wismanto, W. (2024). Pemilihan Media Pembelajaran Yang Tepat Untuk Meningkatkan Hasil. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 76–85. https://doi.org/10.62383/edukasi.v1i3.
Dyah Pramanik, P., Achmadi, M., & Nasution, D. Z. (2021). Media Belajar Inovatif bagi Siswa SDN 05 Pesanggrahan Jakarta: PkM dengan Konsep Service Learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 1(1), 46–56. https://doi.org/10.59818/jpm.v1i3.43
Surur, F., & Usman, K. S. (2022). Pendekatan Service Learning pada Pembelajaran Daring Studio Penyajian dan Presentasi dalam Penyusunan Profil Desa Tarasu Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. The 4th International Conference on University-Community Engagement (ICON-UCE), 4, 231–236. https://icon-uce.com/index.php/icon-uce/article/view/32
Amin, F. (2020). Analisa Pendidikan Pesantren Dan Perannya Terhadap Pendidikan Islam. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 13(2), 56–73. https://doi.org/10.51675/jt.v13i2.63
Fauqi, A. (2025). Pengaruh Media Smart box terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. 2, 11–16. https://doi.org/10.54371/jekas.v2i1.696
Habibah, L., Anwar, A. S., & Kuningan, S. M. (2024). Pengaruh Pemanfaatan Media Smart Box Berbasis QR Code Siswa Kelas IV. 8(3), 525–537.
Handayani, S. F., Humairah, N. I., Simanjuntak, M. J. S., Amar, F. S., Manurung, S. V., Ritonga, P. L., Silalahi, J. F. H., & Prasasti, T. I. (2024). Penerapan Media Bahan Ajar Smartbox Dalam Pembelajaran BIPA Pada Materi Pengenalan Kuliner Etnis Simalungun. JICN : Jurnal Intelek Dan Cendekiawan Nusantara, 1(3), 3303–3304.
Simarmata, H. D. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Metode Refleksi. Jurnal Pendidikan Penabur, I(31), 43–53. https://bpkpenabur.or.id/media/g0kmjnhq/hal-72-82-pendidikan-karakter-melalui-metode.pdf
Hikmah, N., Surawan, S., Ansari, M. R., Endah, E., & Muslimah, M. (2022). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis IT di SMP Muhammadiyah Palangka Raya. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(5), 652–663. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v7i5.3175
Isfihani, I. (2023). Hisab Rukyat Untuk Penentuan Awal Bulan Hijriah Dalam Al Qur’an Dan Al Hadis. Sanaamul Quran : Jurnal Wawasan Keislaman, 4(1), 1–23. https://doi.org/10.62096/tsaqofah.v4i1.50
Maulidiana, F., Arya Wardana, L., & Jannah, F. (2024). Pengembangan Media Smart Box Pada Pembelajaran Tumbuhan dan Energi Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN Curahgrinting 1 Probolinggo. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 1664–1675. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9376
Nabilah, S. H. (2022). Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Dalam Membaca Al- Qur’an. Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(9), 1913–1918. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v1i9.2827
Nugraha, B. A., Zahra, L. A., Prasetya, Y., & Anjelia, P. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Smart Box Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas III Di SD Negeri 1 Podomoro. 8(10), 209–212. https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jsm/article/view/5422
Muthaharoh, N. R., Surawan, S., & Sapitri, S. A. D. (2024). Pendampingan Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas X SMAN 2 Palangka Raya. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat: EDUABDIMAS, 3(4), 361–368. https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v3i4.5600
Oktavia, J., Zahra, V., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Hak dan Kewajiban. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 545–554. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/425/293
Pangestu, A., Malagola, Y., Rahmasari, S., Puspita, H., Astary, V., Aisyah, S., & Latifah, S. (2023). Peningkatan Budaya Literasi pada Anak-Anak di Daerah Terpencil Menggunakan Metode Service Learning. Lok Seva: Journal of Contemporary Community Service, 1(1), 27. https://doi.org/10.35308/lokseva.v1i1.6449
Permatasari, P., & Hardy, F. R. (2019). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Cinere Dalam Penanaman Dan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), 129–134. https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i1.4337
Rahmawati, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran AL-Ahya, 01(01), 219–232.
Rizki, S. N., Ajahari, A., & Surawan, S. (2022). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Al-Qur’an Pada Anak Di Tpa Sidomulyokota Palangka Raya. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 164–177. https://doi.org/10.61136/pmm29y60
Rosalianisa, R., Dorlina, N., Komalasari, D., & Rinakit, K. (2022). Pelatihan Bernyanyi Bagi Pendidik Pos Paud Terpadu Se-Kota Surabaya. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 43–52. https://doi.org/10.26740/jpm.v2n1.p43-52
Sari, I. N., & Heriyawati, D. F. (2020). Pendampingan Komunitas Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah di Kecamatan Sukun Kota Malang. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 563–573. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i2.141
Surawan, S. (2019). Peningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar PAI Menggunakan Model Pembelajaran Pakem Pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Sumbermulyo Bantul Yogyakarta. Journal of Classroom Action Research, 1(1), 29–30. https://doi.org/10.29303/jcar.v1i1.239
Waode, Surawan, S. & Rohmah, C. D. (2024). Pelatihan Pembuatan Poster Melalui Aplikasi Canva Sebagai Media Bahan Pembelajaran Pada Remaja SMA Negeri 2, PalangkaRaya. 6 (1),2299–2304. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/4601
Wasilah Wahidin, N. (2022). Problematika Penyatuan Kalender Hijriyah. Jurnal Ilmu Falak Dan Astronomi, 4(2), 275–283
Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa, S. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika di Era Pandemi COVID-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 331. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218