Pemberdayaan UMKM Aisyiyah Bandung melalui Pengembangan Konten Visual dan Strategi Pemasaran Digital di Era Ekonomi Kreatif
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas digital pelaku usaha BU EKA (Bina Usaha Ekonomi Keluarga Aisyiyah) melalui pelatihan pemasaran digital dan pengembangan desain kemasan produk. Tim pelaksana memberikan pelatihan yang mencakup pembuatan konten visual, penggunaan marketplace, serta strategi komunikasi visual untuk memperkuat daya tarik produk secara online. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman mitra mengenai penggunaan media digital untuk promosi dan penjualan produk. Saat ini, mitra telah memiliki akun penjualan di platform marketplace dan memahami cara mengelola pemasaran digital secara mandiri. Selain itu, mitra juga telah memperoleh keterampilan dasar dalam mendesain ulang kemasan yang lebih menarik dan komunikatif. Intervensi ini telah membuka peluang bagi BU EKA untuk memperluas pasar hingga di luar komunitas lokal serta memperkuat daya saing produknya di era digital. Dampak keberlanjutan diharapkan melalui kemampuan mitra dalam mengadopsi teknologi digital secara berkelanjutan dan kreatif untuk mengembangkan usaha mereka secara mandiri di masa depan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Asaro, Anjangsari Khaida. “Preferensi Konsumen Gen Z Terhadap Tren Customization Dalam Produk Pakaian Untuk Pengembangan Strategi Pemasaran.” Jurnal Ekonomi, Akuntansi, Dan Perpajakan 2, No. 1 (2025): 312-325.
Basnet, Shelby Dhoz , Dan Anisatul Auliya. “Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Dalam Penyelengaraan Event Inacraft 2022.” Journal Of Tourism And Economic 5, No. 1 (2022): 18-31.
Et.Al, Agus Afandi. Metodelogi Pengabdian Masyarakat. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, 2022.
Et.Al, Etty Zuliawati Zed. “Pentingnya Logo/Brand Dalam Membangun Branding Pada Umkm Di Cikarang Utara.” Jurnal Inovasi Global, 2024: 439-444.
Et.Al, Kezia Arum Sary. “Perancangan Visual Branding Untuk Meningkatkan Identitas Dan Daya Saing Umkm Binaan Otorita Ibu Kota Nusantara (Ikn).” Jurnal Abdinus : Jurnal Pengabdian Nusantara, 2024: 200-211.
Et.Al, Mudrika Aqillah Sifwah. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm.” Mantap: Journal Of Management Accounting, Tax And Production, 2024: 109-118.
Et.Al, Naura Nafisha Saadah. “Igital Marketing Using Aisas Marketing Funnel On Semakin Peka Products .” Jurnal Ekonomi, 2023: 1774-1778.
Et.Al, Sharon Hardjono. “Perancangan Ulang Identitas Visual Dan Desain Kemasan Umkm Fesyen Konnuku.” Jurnal Titik Imaji, 2023: 10-19.
Et.Al, Sugeng Eko Yuli Waluyo. “Sosialisasi Pengoptimalan Dan Revitalisasi Potensi Wisata Berbasis Masyarakat Untuk Peningkatan Perekonomian Desa Di Desa Mojogebang Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto.” Jurnal Pengabdian Dan Kesejahteraan Masyarakat, 2024: 62-72.
Et.Al, Untung Novianto. “Pelatihan Dan Pendampingan Manajemen, Pemasaran Melalui Media Periklanan “Sms Broadcaster” Di Desa Wisata Dayeuhkolot Kabupaten Subang.” Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, 2022: 97-103.
Mashadi, Dan Aang Munawar. “Pendampingan Pengembangan Kemasan Produk Bagi Umkm Kota Bogor.” Jurnal Abdimas Dedikasi, 2021: 1-8.
Nuriyah, Sayyidah. Anti Mainstream, Aisyiyah Boarding School Bandung Tempat Lomba Olympicad. Bandung: Pwmu.Co, 2024.
Putri, Reza Cahyani , Dan Hendra Riofita. “Peran Kemasan Produk Dalam Menarik Minat Beli Konsumen.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8, No. 3 (2024): 43121-43128.
Rachmat, Adiva , Dan Nuraeni Sayuti. “Pengembangan Produk Melalui Desain Kemasan Untuk Meningkatkan Minat Beli Pada Bangi Cafe Sunset Cpi.” Jurnal Administrasi Terapan 2, No. 2 (2024): 249-262.
Rachmat, Adiva , Dan Nuraeni Sayuti. “Pengembangan Produk Melalui Desain Kemasan Untuk Meningkatkan Minat Beli Pada Bangi Cafe Sunset Cpi.” Jurnal Administrasi Terapan, 2024: 249-262.
Ririn. Potensi Pesantren Aisyiyah Boarding School (29 April 2025).
Suhaemi, Muhamad Ichsan, Dan Neli Suryani Putri. “Peningkatankualitasprodukumkmkaidahsnackmelaluidigitalmarketing,Upgradingkemasan,Danlegalitasproduk.” Almujtamae: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2023: 18-24.