Pendampingan Mahasiswa Wirausaha dalam Mengintegrasikan AI dalam Membuat Iklan
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kemajuan teknologi kecerdasan buatan (AI) menawarkan peluang baru dalam pengembangan promosi usaha, termasuk bagi mahasiswa wirausaha. Namun, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam memanfaatkan AI masih terbatas. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada lima tenant wirausaha mahasiswa Universitas Negeri Semarang dalam mengintegrasikan AI untuk pembuatan iklan yang menarik. Peserta dikenalkan dengan ChatGPT untuk pembuatan caption serta Canva AI untuk desain visual. Kegiatan ini juga membahas etika penggunaan AI dalam promosi digital. Tenant yang terlibat berasal dari berbagai bidang jasa seperti perbaikan kendaraan, cuci kendaraan, penyedia trofi, dan jasa pindahan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan peserta dalam menggunakan teknologi AI secara kreatif dan bertanggung jawab. Kegiatan ini memberikan dampak positif dan relevan untuk mendukung pengembangan wirausaha muda berbasis teknologi di era digital.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Chen, L., Ifenthaler, D., Yau, J. Y.-K., & Sun, W. (2024). Artificial Intelligence In Entrepreneurship Education: A Scoping Review. Education + Training, 66(6), 589–608. Https://Doi.Org/10.1108/Et-05-2023-0169
Darsono, F. B., Setiyawan, A., Syafei, M. H. G., Wibisono, U. M., Arjuna, S. D., Iman, M. S. N., & Abdurrahman, A. (2023). Pengembangan Young Technopreneur Unnes Melalui Pengelolaan Usaha Berbasis Digital Entrepreneur. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 2092–2096.
Huda, K., Andri Setiyawan, Ahmad Mujaki, Habib Ja’far Nuur, Dwi Firman Arizudin, & Bagus Isnen. (2024). Workshop Kewirausahaan Dalam Membuat Iklan Digital Yang Inovatif Menggunakan Canva. Jurpikat (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), 728–736. Https://Doi.Org/10.37339/Jurpikat.V5i3.1788
Kaharuddin, K. (2021). Assessing The Effect Of Using Artificial Intelligence On The Writing Skill Of Indonesian Learners Of English. Linguistics And Culture Review, 5(1), 288–304. Https://Doi.Org/10.21744/Lingcure.V5n1.1555
King, K., & Ganguli, A. (2024). Impact Of Artificial Intelligence (Ai) On Entrepreneurship.
Poerna Wardhanie, A., Fahminnansih, F., & Rahmawati, E. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Desain Grafis Dan Promosi Produk Pada Sekolah Islami Berbasis Kewirausahaan. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 51–58. Https://Doi.Org/10.37802/Society.V2i1.170
Reniati, R., Nizarudin, A., & Bahri, A. (2024). Penguatan Strategi Pemasaran Menggunakan Platfprom Digital Berbasis Artificial Intellegence (Ai) Pada Umkm Industri Kreatif Di Kelurahan Teladan Kecamatan Toboali: Penguatan Strategi Pemasaran Menggunakan Platfprom Digital Berbasis Artificial Intellegence (Ai) Pada Umkm Industri Kreatif Di Kelurahan Teladan Kecamatan Toboali. Jurnal Abdi Insani, 11(4), 1987–1999. Https://Doi.Org/10.29303/Abdiinsani.V11i4.1974
Salamah, E. R., Subaidah, S., & Julianingsih, D. (2022). Pelatihan Desain Aplikasi Canva Di Pkbm Tunas Harapan Surabaya. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 198–206. Https://Doi.Org/10.29303/Rengganis.V2i2.174
Setiyawan, A. (2014). Hubungan Antara Prestasi Kewirausahaan Dan Prestasi Praktik Kerja Industri Dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xii Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Smk Negeri 1 Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Nosel, 3(2).
Setiyawan, A., Pratiwi, N. D., Rosiyana, F., Budiarso, R., Fatkhi, M., Azizah, N. F., & Mulia, R. (2021). Sosialisai Pentingnya Vaksinasi Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Pemalang. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan; E-Issn, 2686, 2964.
Supraptono, E., Arief, U. M., Ekarini, F., Nashiroh, P. K., Setiyawan, A., Subiyanto, Ariyani, I. D., Abiyasa, B. P., & Muslimah, A. F. (2022). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Evaluasi Autentik Dalam Pembelajaran Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (Mbkm) Jenjang Pendidikan Smk. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(11).
Supriyadi, E. I., & Asih, D. B. (2021). Implementasi Artificial Intelligence (Ai) Di Bidang Administrasi Publik Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Rasi, 2(2), 12–22. Https://Doi.Org/10.52496/Rasi.V2i2.62
Ughulu, Dr. J. (2022). The Role Of Artificial Intelligence (Ai) In Starting, Automating And Scaling Businesses For Entrepreneurs. Https://Doi.Org/10.14293/S2199-1006.1.Sor-.Pp5zkwj.V1
Wang, S., Wang, F., Zhu, Z., Wang, J., Tran, T., & Du, Z. (2024). Artificial Intelligence In Education: A Systematic Literature Review. Expert Systems With Applications, 252, 124167. Https://Doi.Org/10.1016/J.Eswa.2024.124167
Yahya, R. N., Azizah, S. N., & Herlambang, Y. T. (2024). Pemanfaatan Chatgpt Di Kalangan Mahasiswa: Sebuah Tinjauan Etika Teknologi Dalam Perspektif Filsafat. Upgrade : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 53–59. Https://Doi.Org/10.30812/Upgrade.V1i2.3481