Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Di Masa Pandemi Covid-19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dani Anggoro
Humisar Hasugian
Nofiyani

Abstract

UKM merupakan salah satu kekuatan perekonomian nasional. Di masa pandemi Covid-19, UKM menjadi sektor yang paling rentan terkena dampak, terutama sisi pemasaran dan penjualan produk. UKM Garasi Kayu adalah usaha yang bergerak di bidang kerajinan kayu. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu masalah yang dihadapi Garasi Kayu. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan ini adalah menerapkan digital marketing menggunakan aplikasi Google Bisnisku. Aplikasi ini dapat membantu pelaku UKM supaya usahanya dapat ditemukan oleh calon pelanggan di Google pencarian dan maps. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah terdiri dari pembentukan tim kegiatan, melakukan analisis, implementasi kegiatan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian adalah aplikasi Google Bisnisku sebagai tools untuk pemasaran dan penjualan secara online serta memberikan pelatihan kepada pemilik usaha agar memiliki kemampuan mengoperasikan aplikasi Google Bisnisku

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dani Anggoro, Humisar Hasugian, & Nofiyani. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Di Masa Pandemi Covid-19. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 384-391. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.345

References

Azaria, P. A. (2014). Internet marketing terhadap pembentukan word of mouth dan efektivitas iklan dalam meningkatkan brand awareness. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 13 No. 1.
Dwiarta, I Made Bagus (2017). Google Bisnis, Sim Dan Sia Guna Menetukan Hpp Sebagai Sarana Meningkatkan Pendapatkan Masyarakat. Jurnal Penamas Adi Buana, Vol.1 No. 1.
Kusumawardani, R, Kurniawan I.S, Ningrum N.K. (2020). Pelatihan Pemasaran Digital Dan Manajemen Usaha Untuk Akselerasi Kinerja Ukm Pengrajin Bambu Di Desa Tirtoadi, Mlati, Sleman. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol. 5 No. 1.
Fawai A. (2018). Merubah Konsep Pemasaran Batik Madura, dari Konvensional ke Digital Marketing. EKSYAR: Jurnal Ekonomi Syari'ah & Bisnis Islam. Vol 5 No 01
Pradiani. T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia. Vol 11 No 2
Putri, S. D. & Fithrah, D. S. (2017). Pengaruh online marketing compaign #samyangchallenge terhadap consumer behavier digital natives pengguna youtube Indonesia. Jurnal Profesi Humas, 1 (2), 132-141.
Suprayogi, B., Razak A. (2019). Implementasi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku Umkm Pamokolan Ciamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi. Vol 3 No 2
Sutejo, B. S. (2016). Internet marketing: konsep dan persoalan baru dunia pemasaran. Jurnal Manajemen, Vol. 6 No. 1.
Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. JIBEKA Vol. 11 No. 2, 46-53.
Purwana, E. S & Dedi. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah (umkm) di kelurahan malaka saei, duren sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), Vol. 1 No. 1.