Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Di Masa Pandemi Covid-19
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
UKM merupakan salah satu kekuatan perekonomian nasional. Di masa pandemi Covid-19, UKM menjadi sektor yang paling rentan terkena dampak, terutama sisi pemasaran dan penjualan produk. UKM Garasi Kayu adalah usaha yang bergerak di bidang kerajinan kayu. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu masalah yang dihadapi Garasi Kayu. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan ini adalah menerapkan digital marketing menggunakan aplikasi Google Bisnisku. Aplikasi ini dapat membantu pelaku UKM supaya usahanya dapat ditemukan oleh calon pelanggan di Google pencarian dan maps. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah terdiri dari pembentukan tim kegiatan, melakukan analisis, implementasi kegiatan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian adalah aplikasi Google Bisnisku sebagai tools untuk pemasaran dan penjualan secara online serta memberikan pelatihan kepada pemilik usaha agar memiliki kemampuan mengoperasikan aplikasi Google Bisnisku
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Dwiarta, I Made Bagus (2017). Google Bisnis, Sim Dan Sia Guna Menetukan Hpp Sebagai Sarana Meningkatkan Pendapatkan Masyarakat. Jurnal Penamas Adi Buana, Vol.1 No. 1.
Kusumawardani, R, Kurniawan I.S, Ningrum N.K. (2020). Pelatihan Pemasaran Digital Dan Manajemen Usaha Untuk Akselerasi Kinerja Ukm Pengrajin Bambu Di Desa Tirtoadi, Mlati, Sleman. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol. 5 No. 1.
Fawai A. (2018). Merubah Konsep Pemasaran Batik Madura, dari Konvensional ke Digital Marketing. EKSYAR: Jurnal Ekonomi Syari'ah & Bisnis Islam. Vol 5 No 01
Pradiani. T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia. Vol 11 No 2
Putri, S. D. & Fithrah, D. S. (2017). Pengaruh online marketing compaign #samyangchallenge terhadap consumer behavier digital natives pengguna youtube Indonesia. Jurnal Profesi Humas, 1 (2), 132-141.
Suprayogi, B., Razak A. (2019). Implementasi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku Umkm Pamokolan Ciamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi. Vol 3 No 2
Sutejo, B. S. (2016). Internet marketing: konsep dan persoalan baru dunia pemasaran. Jurnal Manajemen, Vol. 6 No. 1.
Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. JIBEKA Vol. 11 No. 2, 46-53.
Purwana, E. S & Dedi. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah (umkm) di kelurahan malaka saei, duren sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), Vol. 1 No. 1.