Penyediaan Alat Peraga dan Pelatihan Pengajaran Sains dan Matematika Bagi MI Mambaul Hidayah Desa Sidorejo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Kris Witono
Zakki Fuadi Emzain
Muhammad Akhlis Rizza
Lisa Agustriyana
Moh. Hartono

Abstract

Alat peraga merupakan salah satu bentuk media ajar yang mempunyai peran penting dalam metode pembelajaran. Fasilitas pembelajaran di MI Mambaul Hidayah masih tergolong minim sehingga perlu adanya penyediaan alat peraga. Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk menyediakan dan melatih penggunaan alat peraga khususnya pada mata pelajaran sains dan matematika di MI Mambaul Hidayah Kabupaten Malang. Tahapan pengabdian meliputi survei, koordinasi, penyediaan, pelatihan dan simulasi pengajaran, serta evaluasi dan serah terima alat peraga. Hasil kegiatan pengabdian setelah simulasi pengajaran dengan menggunakan alat peraga sains dan matematika menunjukkan guru semakin mudah untuk menjelaskan materi dengan berbagai contoh yang aplikatif. Siswa juga semakin antusias praktik menggunakan alat peraga dan lebih mudah untuk mengerti dan memahami materi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kris Witono, Zakki Fuadi Emzain, Muhammad Akhlis Rizza, Lisa Agustriyana, & Moh. Hartono. (2021). Penyediaan Alat Peraga dan Pelatihan Pengajaran Sains dan Matematika Bagi MI Mambaul Hidayah Desa Sidorejo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 69-78. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i2.672

References

Anggoro, Subuh, Sri Harmianto, and Pratik Dwi Yuwono. 2018. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Pembelajaran Tematik Sains Menggunakan Inquiry Learning Process Dan Science Activity Based Daily Life.” JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat) 2, no. 1: 29–35.
Asyhar, Rayandra. 2021. “Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran.”
Hidayah, Isti. 2018. “Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Pada Jenjang Pendidikan Dasar Dan Gerakan Literasi Sekolah.” In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1:1–11.
Ismail, D K K. 2003. “Kapita Selekta Pembelajaran Matematika.” Universitas Terbuka, Jakarta.
Muldiani, Ratu Fenny, Siti Samsiyah Purwaningsih, and Sri Suratmi. 2018. “Alat Peraga Pendidikan IPA Fisika Dan Matematika Untuk SMP Swasta Gratis Berkualitas Dengan Siswa Ekonomi Lemah Di Bandung Jawa Barat.” Jurnal DIFUSI 1, no. 1.
Murdiyanto, Tri, and Yudi Mahatama. 2014. “Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Sarwahita 11, no. 1: 38–43.
Sudarisman, S. 2011. “Pembelajaran Sains Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Hands On Activities Based On Daily Life Untuk Anak.” In Prosiding Seminar Internasional Ke-3 Dan Workshop Pedagogik Praktis Yang Berkualitas, 320–35.
Sukayati & Suharjana, A. 2009. “Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Dalam Pembelajaran Di SD.” Modul Matematika SD Program BERMUTU. Depdiknas PPPPTK: Yogyakarta.
Susanta, Agus, Edi Susanto, and Rusdi Rusdi. 2021. “Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Matematika Kreatif Berbahan Kertas Bekas Untuk Guru MI Humairah Kota Bengkulu.” Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS 19, no. 1.
Wahyudi, Wahyudi, and Nurhayati Nurhayati. 2019. “Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Alat Peraga Matematika Dan IPA Bagi Guru SD Dan SMP Di Desa Tanjung Saleh.” Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA 3, no. 1: 43–47.