Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Alat Permainan Edukatif (APE) Dan Sosialisasi Keselamatan Bermain Outdoor Bagi Paud Bina Cendikia Desa Sidorejo Kabupaten Malang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Akhlis Rizza
Ratna Monasari
Etik Puspitasari
Kris Witono

Abstract

Abstrak: Salah satu media pembelajaran utama yang digunakan dalam sistem pendidikan anak usia dini ialah Alat Permainan Edukatif (APE). APE akan menunjang keberhasilan proses belajar melalui pengembangan aspek motorik halus dan kasar yang dilakukan pada area bermain indoor maupun outdoor. APE indoor dapat dipenuhi melalui pembuatan sendiri dari bahan yang tersedia di sekitar, sedangkan APE outdoor sebagian besar membutuhkan alat bantu pabrikasi yang harganya relatif mahal. Tujuan utama penyediaan APE outdoor adalah untuk meningkatkan kreativitas, keterampilan fisik, rasa percaya diri, daya nalar, kemampuan bersosialisasi dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Ketersediaan APE outdoor pada PAUD Bina Cendikia Malang masih sangat terbatas sehingga program kegiatan belajar untuk mengembangkan aspek motorik siswa kurang optimal. Selain itu diperlukan peningkatan pemahaman tentang keselematan bermain bagi anak agar guru dan wali siswa dapat memastikan kegiatan bermain berlangsung dengan aman, menarik, menyenangkan, dan minim resiko. Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat pada PAUD Bina Cendikia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Muhammad Akhlis Rizza, Ratna Monasari, Etik Puspitasari, & Kris Witono. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Alat Permainan Edukatif (APE) Dan Sosialisasi Keselamatan Bermain Outdoor Bagi Paud Bina Cendikia Desa Sidorejo Kabupaten Malang. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(3), 512-522. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i3.681

References

Bredekamp. (1987). Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs Serving Children from Birth Through Age 8. NY: AAEYC.
Yulianti, D. (2010). Bermain sambil Belajar Sains di Taman Kanakkanak. Jakarta: PT Indeks.
Patmonodewo, S. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Badan Standarisasi Nasional (BSN), 2012. Standar Keamanan Mainan Anak. Jakarta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, 2015, Pedoman Sarana Bermain Luar Ruangan (Outdoor), Jakarta.
Andang Ismail, Education Games (Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif), Yogyakarta: Pilar Media, 2006.
Dadan Suryana, Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak, Jakarta: Kencana, 2016.
Hasanah Uswatun. 2019. “Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Pada Taman Kanak-Kanak Se-Kota Metro” AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak Vol 5: 20.
Susilowati Retno. 2014. “Strategi Belajar Out Door Bagi Anak PAUD” Jurnal iainkudus Vol. 2 No. 1: 65-82.
Shofyatun A. Rahman, Alat Permainan Edukatif Untuk Program PAUD, Palu: Tadulako University Press, 2010.
Yuliani Nurani Sujiono, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Indeks, 2012.