Sosialisasi dan Pelatihan Branding Produk untuk Menunjang Strategi Pemasaran Bagi IKM Bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aniek Suryanti Kusuma
I Dewa Made Krishna Muku
I Nyoman Jayanegara
I Ketut Setiawan
Gede Surya Mahendra
Ni Made Mila Rosa Desmayani*

Abstract

Industri Kecil dan Industri Menengah (IKM) memiliki peran yang strategis dalam perekonomian nasional, dimana hal tersebut dapat dilihat dari jumlah unit usaha yang berjumlah 3,4 juta unit dan merupakan lebih dari 90 persen dari unit usaha industri nasional. Berdasarkan kesalahan yang sering terjadi pada pelaku IKM terhadap branding seperti pemilihan merek secara sembarangan, penggunaan visual yang terlalu biasa, tidak mengetahui perihal calon konsumen hingga penggunaan media sosial secara tidak tepat. Para pelaku IKM di Provinsi Bali mendapatkan fasilitas pendampingan dalam hal branding produk, dalam rangka kegiatan bimbingan teknis pengajaran animasi pada Disperindag Provinsi Bali, bersama dengan INSTIKI. Pelatihan ini telah dilakukan selama empat hari oleh para Dosen INSTIKI, yang mana pesertanya adalah 30 pelaku IKM di Provinsi Bali. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 20 April 2022 hingga 23 April 2022. Hasil dari kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan harapan tim pelaksana, ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan peserta pelatihan dari 64,44% meningkat menjadi 82,94% berdasarkan hasil pretest dan postest selama kegiatan sosialisasi serta adanya respon yang antusias dan positif dari mitra dalam kegiatan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Aniek Suryanti Kusuma, I Dewa Made Krishna Muku, I Nyoman Jayanegara, I Ketut Setiawan, Gede Surya Mahendra, & Ni Made Mila Rosa Desmayani*. (2022). Sosialisasi dan Pelatihan Branding Produk untuk Menunjang Strategi Pemasaran Bagi IKM Bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 216-225. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i2.896

References

Amalia, N., Ismanto, B., & Ivandari, I. (2019). Analisa Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi menggunakan EPIC Model. Journal of Informatic and Computer Technology, 14(1), 23–27.
Collins, Patrick. "Speak With Power and Confidence." Sterling, (2010): 304 pages.
Julianto, V., Suprianto, A., Prastyaningsih, Y., & Yuliyanti, W. (2021). Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Website Sekolah Sebagai Media Informasi Untuk operator Sekolah Se-Kecamatan Batu Ampar. Jurnal Widya Laksmi, 1(2), 6.
Kurniawan, D. A., & Maemunah, H. (2019). Peningkatan Pendapatan Dan Daya Saing Produk Pada Usaha Mikro Melalui Strategi Packing, Branding Dan Online Marketing. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat; Vol 1 No 1 (2019): Juni, 1(1), 30–37. https://doi.org/10.32503/cendekia.v1i1.466
Khoiriyah, N. (2019). Perumusan Strategi Guna Peningkatan Usaha Melalui Pengukuran Tingkat Kecanggihan Teknologi dan Analisis SWOT (Studi Kasus IKM Bandeng Presto Semarang). Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Snst, 1, 19–25. https://www.publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PROSIDI NG_SNST_FT/article/view/2844/2778

Moestopo: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol. 3, No. 1 (2020): 27-32.

Nurcandrani, Prita S, Bunga Asriandhini, , and Ade Tuti Turistiati. "Pelatihan Public Speaking untuk Membangun Kepercayaan Diri dan Ketrampilan Berbicara pada Anak-Anak di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto". Abdi

Oktaviani, L., Lestari, Y. T., & Khadaffi, Y. (2021). PKM Peningkatan Pemahaman Guru Mengenai Penelitian Tindakan Kelas dan Kualitatif di MAN 1 Pesawaran. Jurnal Widya Laksmi, 1(2), 6.
Paramitha, A. A. I. I., Mahendra, G. S., & Artana, I. M. (2020). Sosialisasi dan Pelatihan Internet Marketing Bagi UMKM Sokasi di Desa Tigawasa. Jurnal Karya Abdi, 4(2), 276–283.

Rizal, A. A., & Kharisma, L. P. I. (2021). Peningkatan Efektifitas Programming dengan Pelatihan Python for Data Science Bagi Komunitas Programming Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan Anjani. Jurnal Widya Laksmi, 1(1), 7.

Sa’adah, L., & Jannah, K. (2021). Analisis Perbedaan Pendapatan Rata Rata Pengusaha dan Dampaknya Untuk Perkembangan IKM (Studi Pada Toko Modern). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 235– 246. https://doi.org/10.47492/jip.v2i1.625

Most read articles by the same author(s)