Sosialisasi dan Pelatihan Branding Produk untuk Menunjang Strategi Pemasaran Bagi IKM Bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Industri Kecil dan Industri Menengah (IKM) memiliki peran yang strategis dalam perekonomian nasional, dimana hal tersebut dapat dilihat dari jumlah unit usaha yang berjumlah 3,4 juta unit dan merupakan lebih dari 90 persen dari unit usaha industri nasional. Berdasarkan kesalahan yang sering terjadi pada pelaku IKM terhadap branding seperti pemilihan merek secara sembarangan, penggunaan visual yang terlalu biasa, tidak mengetahui perihal calon konsumen hingga penggunaan media sosial secara tidak tepat. Para pelaku IKM di Provinsi Bali mendapatkan fasilitas pendampingan dalam hal branding produk, dalam rangka kegiatan bimbingan teknis pengajaran animasi pada Disperindag Provinsi Bali, bersama dengan INSTIKI. Pelatihan ini telah dilakukan selama empat hari oleh para Dosen INSTIKI, yang mana pesertanya adalah 30 pelaku IKM di Provinsi Bali. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 20 April 2022 hingga 23 April 2022. Hasil dari kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan harapan tim pelaksana, ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan peserta pelatihan dari 64,44% meningkat menjadi 82,94% berdasarkan hasil pretest dan postest selama kegiatan sosialisasi serta adanya respon yang antusias dan positif dari mitra dalam kegiatan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Collins, Patrick. "Speak With Power and Confidence." Sterling, (2010): 304 pages.
Julianto, V., Suprianto, A., Prastyaningsih, Y., & Yuliyanti, W. (2021). Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Website Sekolah Sebagai Media Informasi Untuk operator Sekolah Se-Kecamatan Batu Ampar. Jurnal Widya Laksmi, 1(2), 6.
Kurniawan, D. A., & Maemunah, H. (2019). Peningkatan Pendapatan Dan Daya Saing Produk Pada Usaha Mikro Melalui Strategi Packing, Branding Dan Online Marketing. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat; Vol 1 No 1 (2019): Juni, 1(1), 30–37. https://doi.org/10.32503/cendekia.v1i1.466
Khoiriyah, N. (2019). Perumusan Strategi Guna Peningkatan Usaha Melalui Pengukuran Tingkat Kecanggihan Teknologi dan Analisis SWOT (Studi Kasus IKM Bandeng Presto Semarang). Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Snst, 1, 19–25. https://www.publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PROSIDI NG_SNST_FT/article/view/2844/2778
Moestopo: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol. 3, No. 1 (2020): 27-32.
Nurcandrani, Prita S, Bunga Asriandhini, , and Ade Tuti Turistiati. "Pelatihan Public Speaking untuk Membangun Kepercayaan Diri dan Ketrampilan Berbicara pada Anak-Anak di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto". Abdi
Oktaviani, L., Lestari, Y. T., & Khadaffi, Y. (2021). PKM Peningkatan Pemahaman Guru Mengenai Penelitian Tindakan Kelas dan Kualitatif di MAN 1 Pesawaran. Jurnal Widya Laksmi, 1(2), 6.
Paramitha, A. A. I. I., Mahendra, G. S., & Artana, I. M. (2020). Sosialisasi dan Pelatihan Internet Marketing Bagi UMKM Sokasi di Desa Tigawasa. Jurnal Karya Abdi, 4(2), 276–283.
Rizal, A. A., & Kharisma, L. P. I. (2021). Peningkatan Efektifitas Programming dengan Pelatihan Python for Data Science Bagi Komunitas Programming Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan Anjani. Jurnal Widya Laksmi, 1(1), 7.
Sa’adah, L., & Jannah, K. (2021). Analisis Perbedaan Pendapatan Rata Rata Pengusaha dan Dampaknya Untuk Perkembangan IKM (Studi Pada Toko Modern). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 235– 246. https://doi.org/10.47492/jip.v2i1.625