Minat Mendengarkan Radio Dipengaruhi Oleh Penggunaan Aplikasi Noice Dan Popularitas Penyiar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Henilia Yulita
Lim Yudhi
Sabrina Wisari

Abstract

Aplikasi Noice merupakan produk besutan PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) yang menyediakan platform konten audio terlengkap di Indonesia, sebagai salah satu perusahaan rintisan teknologi asal Indonesia. Pertumbuhan basis pengguna Noice terus meningkat signifikan dan kini telah mencapai hampir 1 juta pengguna di seluruh Indonesia. Penyiar radio juga mengambil peran yang sangat penting dalam kemajuan radio. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan alat analisis SPSS26. Populasi dalam penelitian adalah generasi milenial yang tinggal di Jakarta dengan sampel sebanyak 112 responden. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa minat mendengarkan radio yang dipengaruhi oleh penggunaan aplikasi Noice dan popularitas penyiar. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan aplikasi Noice terhadap minat mendengarkan radio dan popularitas penyiar terhadap minat mendengarkan radio secara parsial. Minat mendengarkan radio juga dipengaruhi signifikan oleh penggunaan aplikasi Noice dan popularitas penyiar secara simultan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yulita, H., Yudhi, L., & Wisari, S. (2023). Minat Mendengarkan Radio Dipengaruhi Oleh Penggunaan Aplikasi Noice Dan Popularitas Penyiar. Jurnal E-Bis, 7(2), 524-536. https://doi.org/10.37339/e-bis.v7i2.1267

References

Azis, M. A. (2021). MINAT PENDENGAR RADIO TERHADAP KARAKTER SUARA PENYIAR. Commercium Volume 04 Nomer 01 , 111-121.
Brendi Wijaya, H. Y. (2020). Effect of Emotional Experience, Electronic Word of Mouth, Reputation, Customer Satisfaction on Loyalty (Empirical Study: Lion Air). Ilomata International Journal of Management Vol. 1 No. 4 October, 215-227.
Brendi Wijaya, H. Y. (2020). Pengaruh Pengalaman Emosional, Electronic Word Of Mouth, Reputasi, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen. Management & Accounting Expose vol. 3, No. 2, Desember , 71-81.
Dhamayanti, M. (2019). PEMANFAATAN MEDIA RADIO di ERA DIGITAL . Jurnal Ranah Komunikasi (JRK) Vol 3 No. 2 , 82-89.
Dinda Helsa Novia, B. R. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PENYIAR RADIO SLA FM 105.6 MHZ TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH DALAM MENINGKATKAN MINAT PENDENGAR. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 1-13.
Graciela Putri Wijaya, H. Y. (2022). The Influence of Content Marketing, E-WoM, and Brand Image on Purchase Intention Mother of Pearl Cosmetics. Jurnal of Business & Applied Management, XV (No. 2)(https://journal.ubm.ac.id/index.php/business-applied-management/), 133-142.
Hair, J. H. (2021). An Introduction to Structural Equation Modeling. In: Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. . Switzerland: Classroom Companion: Business. Springer, Cham.
Henilia Yulita, K. H. (2022). The Influence Of Millenial's Risk Perceptions On E-Commerce Shopee Purchase Decisions. PROMEDIA, (PUBLIC RELATION DAN MEDIA KOMUNIKASI), 8(1), 90 – 103.
Henilia Yulita, M. C. (2016). Pengaruh indikator daring: Surel dan layanan pelanggan terhadap kesetiaan pelanggan (Studi empiris: Anggota Fitness First di Jakarta). Jurnal Siasat Bisnis, 19 (1), 56–68.
Kasim, M. (2020). PROFESIONALITAS PENYIAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SIARAN PROGRAM ASPIRASI NKRI SUARA RAKYAT HULONTHALO 99,9MHZ. ejournal.unsrat.ac.id, 1-13.
Maharani, D. (2021). STRATEGI RRI (RADIO REPUBLIK INDONESIA) PALEMBANG MEMPERTAHANKAN MINAT PENDENGAR DI ERA DIGITALISASI PENYIARAN. PPTK : Publikasi Penelitian Terapan dan Kebijakan Vol 4 No 1, 1-11.
Nadia Triana Siradj, R. H. (2018). PENGARUH KONTEN RADIO TERHADAP KEPUTUSAN MENDENGARKAN RADIO (Studi Kasus pada Radio Play99ers 100 FM Bandung). e-Proceeding of Applied Science : Vol.4, No.3 Desember, 1129.
Pritta Miranda, R. Y. (2020). Keunikan karakteristik radio: Daya tarik bagi khalayak dalam mendengarkan radio . JURNAL STUDI KOMUNIKASI Vol 4, Ed 3, 735-748.
Puspa Nirwana, O. P. (2020 ). KOMUNIKASI SIARAN RADIO DI ERA DIGITAL GUNA MEMPERTAHANKAN BUDAYA BETAWI. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis Vol. 4 No. 1 Juni , 83-91.
Saputro, D. R. (2020). Strategi Penyiaran Radio Komunitas di Era Internet (Studi pada Radio Komunitas di Purwokerto). AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 7(1), 160-181.
Sarinah, M. H. (2021). Strategi Komunikasi Radio Citra FM Kendal dalam Meningkatkan Minat Pendengar. JCS: Journal of Communication Studies Vol. 1 No. 02 Juli-Desember, 97-113.
Sukma, P. B. (2020). Penggunaan Aplikasi Pada Smartphone Sebagai Media Pemasaran Startup Digital Pada Brand Noice. Commed : Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 4 No. 2, 1-10.
Wicaksono Tri Kurniawan, H. S.-F. (2022). Kepuasan Khalayak dalam Mendengarkan Insert Berita The Highlights Radio Prambors Jakarta. Kajian Jurnalisme Volume 05 Nomor 02, 129-144.
Windhy Rahmi, D. D. (2021). STRATEGI PENYIAR RADIO SUARA SAFASINDO 98.2 FM PAYAKUMBUH DALAM MEMPERTAHANKAN KUALITAS DAN EKSISTENSI SIARAN. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi (JRMDK) Vol. 3 No. 4, September, 186-195.