Kepuasan Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Keterikatan Emosional Merek Dan Cinta Merek Sebagai Variabel Mediasi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Elkuny Dovir Siratan
Henilia Yulita
Clarissa Clarissa
Michelle Michelle

Abstract

Kepuasan pelanggan akan secara langsung membangun hubungan atau ikatan yang baik antara seorang pelanggan dengan sebuah merek. Saat konsumen sudah memiliki keterikatan dan perasaan cinta terhadap sebuah merek, mereka akan cenderung setia terhadap merek tersebut. Akan mudah bagi perusahaan untuk meningkatkan profitnya karena adanya konsumen yang setia. Keterikatan emosional pelanggan berpengaruh positif terhadap kecintaan pelanggan akan sebuah merek. Metode kuantitatif digunakan dengan alat analisis SEM – Smart PLS 4.0. Terdapat 188 wanita yang tinggal di Jakarta menjadi responden dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa kesetiaan konsumen pada merek Scarlett dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kecintaan konsumen atas merek tersebut. Sedangkan kecintaan konsumen atas merek tersebut dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kepuasan merek dan keterikatan kepada merek secara emosional. Terakhir, kepuasan atas merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keterikatan kepada merek secara emosional.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Siratan, E. D., Yulita, H., Clarissa, C., & Michelle, M. (2024). Kepuasan Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Keterikatan Emosional Merek Dan Cinta Merek Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal E-Bis, 8(1), 300-309. https://doi.org/10.37339/e-bis.v8i1.1639

References

Brendi Wijaya, H. Y. (2020). Effect of Emotional Experience, Electronic Word of Mouth, Reputation, Customer Satisfaction on Loyalty (Empirical Study: Lion Air). Ilomata International Journal of Management Vol. 1 No. 4 October, 215-227.
Brendi Wijaya, H. Y. (2020). Pengaruh Pengalaman Emosional, Electronic Word Of Mouth, Reputasi, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen. Management & Accounting Expose vol. 3, No. 2, Desember , 71-81.
Choi Meng Leong, A. M. W. (2021). The influence of social media eWOM information on purchase intention. Journal of Marketing Analytics , 10(1), 145–157.
Christian, M. G. (2021). Measuring Ease of Use Aspects of Shopee Usage Behavior during Pandemic using PLS-SEM Approach. Proceedings of the 1st International Conference on Emerging Issues in Humanity Studies and Social Sciences-I (pp. 20-35). Bandung: LPPM Universitas Kristen Maranatha.
Christyawan, H. &. (2020). Christyawan, H., & Sukresna, I. M. (2020). Peningkatan brand satisfaction dan brand trust berbasis brand value terhadap brand loyalty (studi pada pengguna apple iphone di semarang). JURNAL SAINS PEMASARAN INDONESIA, XIX(2), 75–91. JURNAL SAINS PEMASARAN INDONESIA, XIX (2), 75-91.
Ghorbanzadeh, D. &. (2020). Ghorbanzadeh, D., & Rahehagh, A. (2020). Emotional brand attachment and brand love?: the emotional bridges in the process of transition from satisfaction to loyalty. Rajagiri Management Journal Emerald Publishing Limited, Vol.15 No., 1, 16-38.
Graciela Putri Wijaya, H. Y. (2022). The Influence of Content Marketing, E-WoM, and Brand Image on Purchase Intention Mother of Pearl Cosmetics. Jurnal of Business & Applied Management, XV (No. 2)(https://journal.ubm.ac.id/index.php/business-applied-management/), 133-142.
Hair, J. H. (2021). An Introduction to Structural Equation Modeling. In: Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. . Switzerland: Classroom Companion: Business. Springer, Cham.
Hakpyeong Kim, T. H. (2023). Emotional experience in uncomfortable indoor environments: A combined examination of personal factors. Building and Environment, 244(1), 1-10.
Henilia Yulita, K. H. (2022). The Influence Of Millenial's Risk Perceptions On E-Commerce Shopee Purchase Decisions. PROMEDIA, (PUBLIC RELATION DAN MEDIA KOMUNIKASI), 8(1), 90 – 103.
Henilia Yulita, M. C. (2016). Pengaruh indikator daring: Surel dan layanan pelanggan terhadap kesetiaan pelanggan (Studi empiris: Anggota Fitness First di Jakarta). Jurnal Siasat Bisnis, 19 (1), 56–68.
Hikmah Perkasa, D. I. (2020). THE EFFECT OF ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM), PRODUCT QUALITY AND PRICE ON PURCHASE DECISIONS. Dinasti International Journal of Education Management and Social Science , 695-706.
Joan, V. (2022, November 24). Retrieved from https://compas.co.id/article/penjualan-produk-kecantikan/
NgoHai Quynh, N. T. (2021). The role of emotional experience and destination image on ecotourism satisfaction. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 25(2), 308-328.
R. H. Mikkael, H. T. (2020). PkM pelatihan peningkatan usaha mikro dalam mewujudkan smart businessmelalui smartphonedi masa pandemi Covid-19 . Yumary J. Pengabdi. Kpd. Masy, 1(1), 35-40.
R. Septiowati, S. S. (2021). R. Septiowati, S. Sari, P. PurwatinMeningkatkan Profit UMKM Dengan Menerapkan Penjualan Melalui Digital Marketing Di Masa Pandemi Covid-19. Abdikaryasakti, 1(2), 129-142.
Soyoung An, L. J. (2022). Volunteer tourists' revisit intentions explained through emotional solidarity and on-site experience. Journal of Hospitality and Tourism Management, 53(1), 70-80.
Verma, S. &. (2021). Past, Present, and Future of Electronic Word of Mouth (EWOM). Journal of Interactive Marketing, 53(1), 111-128.
Wanwisa Paisri, C. R. (2022). Customer experience and commitment on eWOM and revisit intention: A case of Taladtongchom Thailand. Cogent Business & Management, 9(1), 1-23.
Yulita, H. C. (2023). Penyuluhan digital marketing kepada pelaku usaha catering di Pasar Kemis dalam upaya peningkatan nilai jual. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 6(2), 223-232.