Marketing Mix Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Perekonomian Rakyat Araya Arta

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Endang Shyta Triana
Sri Wahyuningsih

Abstract




Fluktuatifnya jumlah nasabah pada PT. BPR Araya Arta pada tahun 2018-2022 menjadi hal yang perlu diperhatikan pengelola pada bidang perbankan. Strategi pemasaran bank memiliki hubungan dengan kepuasaan nasabah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui marketing mix apa sajakah memiliki pengaruh terhadap nasabahnya, sehingga nanti dapat digunakan untuk meningkatkan pelayanan pada nasabahnya. Metode deskriptif kuatitatif digunakan pada riset ini, dengan sampel 100 respoden dari nasabah yang di analisa dengan SEM-PLS dengan Smartpls. Hasil pada penelitian ini adalah Produk dan Harga tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada kepuasaan nasabah, sedang Tempat dan Promosi memiliki pengaruh yang signifikan pada Kepuasaan Nasabah PT. BPR Araya Arta. Kebijakan implementasi pada strategi marketing mix baik pada produk , harga, tempat, promosi dan proses pelayanan harus menjadi perhatian untuk yang  selalu diperhatikan pada lembaga perbankan.


##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Triana, E. S., & Wahyuningsih, S. (2024). Marketing Mix Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Perekonomian Rakyat Araya Arta. Jurnal E-Bis, 8(1), 410-423. https://doi.org/10.37339/e-bis.v8i1.1488

References

Ajeng Larasati, D., & Seno Aji, T. (2019). Pengaruh Marketing Mix-7P Terhadap Kepuasan Nasabah BRI Syariah Kantor Cabang Malang. Jurnal Ekonomi Islam, 2(3), 42–53. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/26497/10145
Akbar, Y. R., Zain, I., & Nuraini, P. (2019). Analisis Dimensi Service Marketing Mix Sebagai Pengukur Kepuasan Nasabah Bank Syariah Di Pekanbaru. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 2(2), 1–15. https://doi.org/10.25299/jtb.2019.vol2(2).4395
Amstrong, K. (1997). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Erlangga (ed.)).
Djaslim Saladin. (2003). Intisari Pemasaran. Linda Karya.
Hasan, A. R. (2022). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PRODUK TABUNGAN SIMPANAN PELAJAR DI BPR SYARIAH SITUBONDO.
Hasballah Sofyan Sardi, N. I. M. 14820031. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Yogyakarta. 126. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35543/
Indrasari, Methiana. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan (Unitomo Press (ed.); Pertama Ce).
Kosanke, R. M. (2020). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen. Publikasi Ilmiah, 600(3), 6–19. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/83391
Kotler, P. and K. L. K. (2016). Manajemen Pemasaran (Jakarta: PT. Indeks. (ed.); 12 Jilid 1).
Mamahit, B. B. V, Mandey, S. L., & Rotinsulu, J. J. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Jasa Cv. Caritas Dei Nobiscum Untuk Meningkatkan Daya Saing Analysis of Service Marketing Strategy Cv. Caritas Dei Nobiscum To Increase Competitiveness. Jurnal EMBA, 9(3), 892–901.
Mardiyanto, E. (2021). Implementasi Marketing Mix dalam Pemasaran Perbankan Syariah. Al-Iqtishod?: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 9(1), 93–103.
Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasaan pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi Volume, 7(2), 113–125.
Muhson, A. (2022). Analsisi Statistik Dengan Smart PLS. https://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/Panduan Penggunaan SmartPLS.pdf
Safri, H., & Mulfa, B. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Alfamart (Studi Pada Mini Market Alfamart Di Kelurahan Balandai Kecamatan Bara Kota Palopo). Jurnal Online Internasional & Nasional, 7(1), 91–102. https://moraref.kemenag.go.id/documents/article/98810827380913675
Setyorini, A. P., & Ratno, F. A. (2020). Pengaruh Promotional Mix Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 83–92. https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i2.9045
Sholikah, L. (2018). Pengaruh Marketing Mix Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bank Jatim Syariah Madiun. Pengaruh Marketing Mix Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bank Jatim Syariah Madiun, 53(9), 1–97.
Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang Bsd Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 7–13. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v21i1.473
Teguh, M. A. (2020). LOYALITAS MAHASISWA: DAMPAK PERSEPSI BAURAN KOMUNIKASI TERHADAP PROSES KEPUTUSAN MEMILIH PERGURUAN TINGGI. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 17(2), 107–116. http://ejurnal.stieipwija.ac.id/index.php/jmk/article/view/485/pdf
Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa. Andi Offset.
Wahyuningsih, S., Sutriningsih, S., & Triana, E. S. (2023). Pengaruh Financial Literacy Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Produk Perbankan PT. BPR Araya Arta. EKSISBANK: Ekonomi Syariah Dan Bisnis Perbankan, 7(1), 111–122. https://doi.org/10.37726/ee.v7i1.777
Wijaya, E., & Ariyani, P. M. (2018). Pengaruh Service Marketing Mix terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung Pada PT. Bank Mayapada Internasional TBK Cabang A.Yani Pekanbaru. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 1(2), 283–296. https://doi.org/10.31539/costing.v1i2.263
Yanti, N. D., & Kamil, K. (2020). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Ojek Online (Go-Ride). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI), september, 32–41.