Strategi Bersaing Dan Keberlangsungan UMKM Kuliner Sate Bebek Tambak Banyumas

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sri Wahyuningsih
Hani Lestari
Harun Harun

Abstract

Efek terjadi Covid 2019 telah mempengaruh ekonomi secara lokal maupun nasional termasuk pada sektor UMKM termasuk didalamnya pada sektor kuliner dengan menurunya jumlah penjualan, penurunan produk dan tenaga kerja. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran UMKM Sate Bebek Di Tambak Banyumas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dengan mengunakan Diagram IFA dan EFE dengan menggunakan 3 sampel usaha pada penjual sate bebek. Hasil dari kajian ini adalah bahwa UMKM Kuliner Sate Bebek semakin kompetitif, adanya peningkatan daya saing dengan adanya peningkatan pada promosi yang dilakukan pemilik, pada posisi Growth Oriented Strategy dengan mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif dan ke-3 usaha yang diteliti pada posisi kuadran pertama, menunjukkan bahwa usaha mereka berada di posisi yang sangat baik, mampu memanfaatkan berbagai peluang yang muncul untuk terus berkembang, tumbuh dan mencapai kemajuan yang maksimal

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wahyuningsih, S., Lestari , H., & Harun, H. (2023). Strategi Bersaing Dan Keberlangsungan UMKM Kuliner Sate Bebek Tambak Banyumas. Jurnal E-Bis, 7(2), 784-803. https://doi.org/10.37339/e-bis.v7i2.1369

References

acuan kuliner tambak. (n.d.).
Amelya Rosita. (2022). Pengukuran Kinerja Manajemen Melalui Analisa SWOT Untuk Beberlanjutan Usaha Studi Kasus Pada UMKM Di Jakarta. J-Abdi, 1(10), 2599–2608.
Anggraeni, P., Sunarti, & Mawardi, M. K. (2017). Analisis Swot Pada Umkm Keripik Tempe Amel Malang Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 43(1), 104–113.
Aniswatun Masruroh, Putri, S. M., Ichwayudi, B., & Solikin, A. (2023). Strategi Bersaing UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus UMKM Arusmaya Tuban). Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 6(1), 1–14. https://doi.org/10.15642/manova.v6i1.595
Anita, S. Y. (2022). Analisis Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Pelaku UMKM Keripik Pisang di Jl. ZA. Pagar Alam). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 352. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.3912
Arifin, A. (2017). Strategi Manajemen perubahan dalam meningkatkan disiplin diperguruan tinggi. EDUTECH Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3 No 1(1), 117–132.
Aulia, V. I., Kadang, J., & Adda, H. W. (2023). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Keberlanjutan Usaha Toreko. Jurnal Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(2), 245–257.
Azis, M., Hasan, M., Azis, F., & Arisah, N. (2021). Keberkanjutan Usaha dan Daya Saing UMKM Melalui Strategi Pemasaran: Studi Kasus pada Bisnis Kuliner. Seminar Nasional LP2M UNM, 1419–1432. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/25341%0Ahttps://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/download/25341/12717
Azra, F. E. A. (2022). Analisis Strategi dan Keunggulan Bersaing Sebagai Kunci Sukses Umkm Ritel: Studi Kasus Perusahaan Abc. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(3), 341–354. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i3.234
David, F. R. (2006). Manajemen Strategis?: Konsep. (10th ed.). Salemba Empat.
Elmi Ulin Nafi’ah, & Ruliq Suryaningsih. (2022). Analisis Swot Sebagai Upaya Menentukan Strategi Pemasaran Pada Usaha Depo Air Minum Isi Ulang Tirto Utomo Siwalan Mlarak Ponorogo. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(1), 43–62. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v2i1.665
Fatimah, F., & Tyas, W. M. (2020). Strategi Bersaing Umkm Rumah Makan Di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2), 245–253. https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3663
Hendrawardani, B., & Ediwijoyo, S. P. (2022). Perhitungan break even point untuk mengetahui profitabilitas obyek wisata Pantai Menganti Kebumen. Jurnal E-Bis: Ekonomi Bisnis, 6(2), 726–736.
Hisrich Robert, D., Peters Michael, P., & Shepherd Dean, A. (2013). Entrepreneurship--Ninth (Edition [B).
Lucky Safitri. (2020). Analisis Swot Pengembangan Industri Konveksi Perusahaan Kogaya Dalam Menghadapi Barang Import Dari China. Jurnal JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Sistem Informasi), 1(6), 532–542. https://doi.org/DOI:10.31933/JEMSI
Maulana, I., & Permana, D. J. (2019). Upaya Meningkatkan Kualitas Produk Bakso Berdasarkan Model Kano di CV Mett Ball Foods. Jurnal Optimasi Teknik Industri (JOTI), 1(1), 25. https://doi.org/10.30998/joti.v1i1.3426
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Rangkuti, F. (2014). ANALISIS SWOT?: Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama.
Yanti, V. A., Amanah, S., & Muldjono, P. (2018). Menengah Di Bandung Dan Bogor. Jurnal Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 20(2), 137–148.
Yuliaty, T., Sarah Shafira, C., & Rafi Akbar, M. (2020). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global Studi Kasus Pada PT. Muniru Burni Telong. Journal Management, 19(3), 2020.