Pengaruh Akreditasi, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Kuliah Mahasiswa di Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pada era modern ini, terdapat beragam jenis perguruan tinggi yang secara aktif bersaing dalam meningkatkan mutu mereka guna menarik perhatian calon mahasiswa dengan metode melalui berbagai macam faktor yaitu akreditasi, strategi promosi dan kualitas layanan. Tujuan akhirnya adalah Untuk menciptakan tenaga kerja yang telah dipersiapkan Untuk mengatasi berbagai rintangan yang timbul dalam era globalisasi. Studi ini memakai metode kuantitatif. Sampel terpilih untuk memakai metode purposive sampling dan jumlahnya ditentukan menggunakan rumus Slovin. Data yang dipakai diperoleh dari sumber data primer yang terkumpul melalui penyebaran kuesioner. Temuan dari riset ini menunjukkan bahwa Akreditasi, Promosi, dan Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan pada minat kuliah mahasiswa untuk memilih jurusan dalam jurusan Manajemen di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Asri, M. M., Kristen, U., & Wacana, S. (2023). Pengaruh Promosi , Kualitas Program Studi , Biaya Pendidikan Dan Lokasi Kampus Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi S1 Manajemen Feb UKSW. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 8828–8842. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Baharsyah, S., & Nurhasan, N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Ums. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 2(1), 14–30. https://doi.org/10.24034/jimbis.v2i1.5767
Bakar, A., Jhon Anderson Butarbutar, D., Hasanudin, A., Mukhlishah, N., Sakiana, D., Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Bone, P., Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar, S., Indonesia Timur Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Studi, U. D., & Kesehatan, A. (2022). Pengaruh Promosi Dan Akreditasi Terhadap Minat Mahasiswa Baru. Jurnal Agama Sosisal Dan Budaya, 5(4), 2599–2473.
Chusanawati, T., & Purwinarti, T. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Minat Kuliah Studi Kasus Di Politeknik Negeri Jakarta. Epigram, 12(2), 105–110.
Hartoyo, B. (2023). Model Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Stie Itmi. SINTAKSIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 43–50. https://jurnalsintaksis.com/index.php/sts/article/view/89%0Ahttps://jurnalsintaksis.com/index.php/sts/article/download/89/82
Kadeni, A. G. P. (2023). PENGARUH MINAT, CITRA KAMPUS, DAN KESEMPATAN KERJA TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2565–2571.
Kamanda, S. V. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Pada …. Jurnal As-Said, 2(1), 1–6.
Kusuma, Y. A. (2023). Penerapan Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Fakultas Teknik di Universitas XYZ. Inaque?: Journal of Industrial and Quality Engineering, 11(1), 33–44. https://doi.org/10.34010/iqe.v11i1.8405
Lubis, D. S. W., & Hamdan, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Literasi: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 2(1), 183–191.
M Ridho Al Aziz. (2023). Pengaruh Peran Kepemimpinan dalam Manajemen Perubahan Organisasi HMJ Manajemen Untuk Peningkatan Akreditasi Prodi Manajemen UIN Sumatera Utara. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 3(2), 2987–2992.
Mahmudah, N., & Faidah, Y. A. (2020). PENGARUH AKREDITASI PRODI, MOTIVASI, FASILITAS PENDIDIKAN DAN REPUTASI PENDIDIK TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK PADA POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL (Studi Empiris Pada Mahasiswa Program St. Account, 7(1). https://doi.org/10.32722/acc.v7i1.2843
Manday, C. C. R. (2023). PENGARUH AKREDITASI DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MELANJUTKAN KULIAH (STUDI KASUS PADA SMA YAYASAN PENDIDIKAN KELUARGA MEDAN). Jurnal Bisnis Kolega (JBK), 9(1), 47–57.
Marlius, D., & Ananda, F. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Website Akademik Terhadap Minat Kuliah Di Akbp Padang. Jurnal Pundi, 3(3), 191. https://doi.org/10.31575/jp.v3i3.190
Maryska Debora Silalahi, Erika Christine Panggabean, E. J. B. M. (2022). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN KRISTEN. DIKAIOS: Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Kristen, 2(2), 25–44.
Masnawati, E., & Darmawan, D. (2023). Pengaruh Lokasi, Akreditasi dan Biaya Kuliah terhadap Niat Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya. Journal on Education, 6(1), 1326–1336. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3072
Nofriavani Mohd. Winario, M. Z. R. K. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS KAMPUS Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Institut Teknologi dan Bisnis Master. Journal of Islamic Economics, Management and Business, 1(1), 29–43. journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/sharing
Purwantoro, & Astri Diani Buulele. (2022). Analisis Akreditasi, Teman Sebaya, Dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Baru Memilih Prodi Manajemen Universitas Pasir Pengaraian. Hirarki?: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 610–625. https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i1.1503
Qadrini, L., Ardiputra, S., & Seppewali, A. (2020). Bimbingan Teknis Olah Data Dengan Spss 25 Untuk Para Pegawai Kantor Bkad Kabupaten Majene. Dharmakarya, 9(3), 184. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i3.29511
Salbiyah, S., & Mahardhika, B. W. (2021). PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP MINAT MEMILIH PRODI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UMSURABAYA TAHUN 2020. Jurnal Balance, I(1), 1–17.
Santoso, P. H., & Triyonowati, T. (2024). the Influence of Innovation, Advertising, Quality and Brand Trust on the Purchase Decisions of Oppo Smartphones By Students. International Conference of Business and Social Sciences, 3(1), 387–400. https://doi.org/10.24034/icobuss.v3i1.384
Saputri, N. (2023). Pengaruh Kinerja Dosen, Kualitas Pelayanan Akademik, dan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan …, 9(5), 2268–2277. http://journal.lembagakita.org/index.php/jemsi/article/view/1582%0Ahttps://journal.lembagakita.org/index.php/jemsi/article/download/1582/1105
Sayekti, Lucas Gading Putra Ridwan, Fazarina Rizkiani Ria, Yecita Surveyandini, C. I. M. S. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Mengambil Studi di Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Wijayakusuma Purwokerto. Jurnal Manajemen Business Innovation Conference-MBIC, 7(3025–3292), 318–330. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/MBIC/index
Sitanggang, F. A., Putri, D. E., & Sitanggang, P. A. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Program Studi Manajemen Jenjang Strata-1 pada Perguruan Tinggi Swasta dan Perguruan Tinggi Negeri di Kota Jambi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 117. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.300
Triyono, T., Dasmadi, D., & TNK, A. F. A. (2021). Pengaruh Promosi, Harga, Fasilitas, Akreditasi, Dan Lokasi Universitas Boyolali Terhadap Minat Calon Mahasiswa Baru. EKOBIS?: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 9(2), 220–229. https://www.ejournal.uby.ac.id/index.php/ekobis/article/view/460
Tulhalim, R., Bakkareng, & Delvianti. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI MANAJEMEN PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS EKASAKTI PADANG (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen). Jurnal Matua, 3(3), 473–488. https://unespadang.ac.id/,
Widyowati, I., & Lusia, A. (2023). PERBEDAAN FAKTOR PENGARUH MINAT KULIAH DI STIE SURAKARTA (Studi Kasus pada SMA Al-Azhar Syifa Budi Solo). J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 8(1), 52–58. https://ojs.unimal.ac.id/jmi/article/view/10802