Efektivitas Kualitas Produk, Review Influencer , dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare The Originote
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Industri kosmetik di Indonesia tumbuh pesat, terutama produk perawatan kulit yang diminati wanita. Perubahan gaya hidup dan peran influencer meningkatkan perhatian terhadap kecantikan. Meskipun produk seperti The Originote populer, pembelian konsumen tetap dipengaruhi oleh kualitas, review influencer, dan harga. Penelitian ini berguna mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Review Influencer dan harga terhadap keputusan pembelian produk The Originote. Penelitian ini berbasis kuantitatif, dengan populasi seluruh pengguna yang pernah membeli skincare The Originote di Sidoarjo. Teknik purposive sampling digunakan, dan sampel sejumlah 100 orang. Teknik pengumpulan melalui kuesioner diukur dengan skala likert. Teknik analisa data berbasis PLS-SEM dengan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian membuktikan terkait Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada produk Skincare The Originote, Review Influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada produk Skincare The Originote, dan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada produk Skincare The Originote.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Alamsyah, W. F., & Tanjung, Y. (2023). Jebidi (Jurnal Ekonomi Bisnis Digital) Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Skincare Ms Glow. Jebidi (Jurnal Ekonomi Bisnis Digital), 2(1), 1–10.
Alia Candra Devi, Citra Savitri, & Syifa Pramudita Faddila. (2024). Pengaruh Influencer Marketing dan Ulasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare The Originote di Shopee. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(9), 6189–6204. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i9.2588
Amalia, K., & Nurlinda, R. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Purchase Intention Melalui Perceived Value Produk Serum Somethinc. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(11), 2383–2398. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i11.353
Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277
Anugrah, L. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA DIMEDIASI BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE DI SHOPEE (STUDI PADA KONSUMEN MERK THE ORIGINOTE DI SURABAYA) Khuzaini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIESIA) Surabaya. 2022.
Archieva Prisyta. (2023). Terviral di Tahun 2023, Ini Dia 5 Brand Skincare Paling Laris dan Ramai di Sosial Media Artikel ini telah tayang di Tribunshopping.com dengan judul Terviral di Tahun 2023, Ini Dia 5 Brand Skincare Paling Laris dan Ramai di Sosial Media, https://shopping.t. Kaleidoskop. https://shopping.tribunnews.com/2023/12/01/terviral-di-tahun-2023-ini-dia-5-brand-skincare-paling-laris-dan-ramai-di-sosial-media#google_vignette
Arifasari, A. H., & Rakhmawati, D. Y. (2024). Pengaruh periklanan dan harga terhadap keputusan pembelian the originote eye serum pada shopee dan tiktok shop. 12(2).
Ayatulloh Michael Musyaffi, Khairunnisa, H., & Respati, D. K. (2022). KONSEP DASAR STRUCTURAL EQUATION MODEL- PARTIAL LEAST SQUARE (SEM-PLS) MENGGUNAKAN SMARTPLS (D. P. Anastiya (ed.)). Pascal Books. https://books.google.co.id/books?id=KXpjEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Chandradewi, P., & Saefudin, N. (2024). Pengaruh Content Marketing , Influencer Marketing dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Shopee di Universitas Widyatama ). 5(6), 888–900.
Cyrilla Wilda Rizani, Hichmaed Tachta Hinggo, & Hammam Zaki. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Harga Dan Garansi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware Di Pekanbaru. Economics, Accounting and Business Journal, 2(2), 366–376.
Dwi, D. M. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DISKON, DANKEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MAHARANI PRIMA SKIN CAREDI BLITAR. 1–23.
Efendi, F. B., & Aminah, S. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific (Studi pada Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 762. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.1055
Fauziah, Y., Dwikotjo Sri Sumantyo, F., & Ali, H. (2023). Pengaruh Online Consumer Review, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial, 1(1), 48–64. https://doi.org/10.38035/jkis.v1i1.118
Gulo, T., Suryati, L., & Ginting, R. S. I. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Fa. Banang Jaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(3), 545–558. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i3.1508
Hardani, Helmina, A., Jumari, U., Evi, F. U., & Ria, R. I. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).
Khairunnisa, A. S., Syaela, B. N. A. P. S., Fauziah, F. N., Nazhirah, H. M., Sofa, M. A. N., Nayyara, N. S., & Rozak, R. W. A. (2024). Analisis Pengaruh Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Skincare dan Make Up di Kalangan GenZ. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 2(3), 19–30. https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v2i1.3101
Marhamah, M., Hildayanti, S. K., & Purnamasari, E. D. (2023). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Klinik Kecantikan di Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 4(3), 120–131. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v4i3.1424
Mathori, M., Sukmawati, D. A. R., & Marzuki, A. (2022). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc (Studi pada Konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha, 2(2), 579–599.
Mitra Bisnis. (2023). Perkembangan Brand Skincare Lokal 2022. Daya.Id. https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/pengembangan-diri/perkembangan-industri-kecantikan-bagian-2-
Montolalu, N. A., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening pada Platform Digital. Productivity, 2(4), 272–275.
Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Rismayati, R. D. (2022). Analisis Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Minat Beli. Derivatif: Jurnal Manajemen, 16(1), 36–47. https://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JM/article/view/749
Nofitasari, L., & Hastuti, M. A. S. W. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Skincare The Originote pada Mahasiswa Universitas Bhinneka PGRI. Jurnal Economina, 3(7), 697–703. https://doi.org/10.55681/economina.v3i7.1385
Pratiwi, C. S., & Sidi, A. P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Body Whitening. Relasi : Jurnal Ekonomi, 18(1), 192–204. https://doi.org/10.31967/relasi.v18i1.531
Rezky, M., Tinneke, M., Tumbel, M., Kalangi, J. A. F., Studi, P., & Bisnis, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada 3 AM Cofee Manado. Productivity, 3(6), 520–524.
Savitri, D., & Fikriyah, K. (2024). PENGARUH INFLUENCER DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK PASMINA DI INDONESIA. 7, 64–74.
Selvia, M., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2022). the Effect of Price and Product Quality on the Purchase Decision of Scarlett Whitening Products on Students of the Faculty of Economics and Business Sam Ratulangi Manado University. Emba, 10(4), 320–330.
Sidauruk, I. Y., Aqmala, E. D., Haziroh, A. L., & Ulfa, A. K. (2024). Peran Kualitas Produk, Harga, Influencer Marketing Dan Online Consumer Review Terhadapkeputusanpembelian Skincare Skintific. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 10523–10534.
Sonie, M., & Primasatria, E. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Rating Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Casual Pada Marketplace. Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 21–28. https://doi.org/10.30640/jumma45.v1i2.317
Suparno, & Hermiati, N. F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan. Jurnal Pundi, 04(01), 55–70.
Tri Harto Katamso, & Sugianto Sugianto. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Experience dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Kecantikan Scarlett Whitening. MASMAN : Master Manajemen, 2(1), 165–183. https://doi.org/10.59603/masman.v2i1.324
Utami, R. P., & Cahyono, T. D. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Originote. Nusantara Journal of Economics, 5(2), 37–45.
Warganegara, T. L., & Alviyani, D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Klinik Kecantikan Puspita Cabang Kotabumi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 1(2), 26–33. https://doi.org/10.57084/jmb.v1i2.455
Wicaksono, S. R. (2022). Teori Dasar Technology Acceptance Model (Issue March). https://doi.org/10.5281/zenodo.7754254