Label Ramah Lingkungan, Iklan Ramah Lingkungan, dan Kemasan Ramah Lingkungan terhadap Keputusan Pembelian Mediasi Sikap Pro-lingkungan Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mohammad Fattah
Muhammad Yani
Dewi Komala Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari Ecolabel, Green Advertising, dan Green Packaging yang dimediasi Environmental Attitude terhadap keputusan pembelian. Populasi pada penelitian ini adalah para konsumen yang pernah melakukan pembelian Aqua di JawaTimur, dengan sampel sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner kepada responden. Teknik analisis data menggunakan aplikasi  Smart PLS, hasil analisis data yang dilakukan membuktikan bahwa Ecolabel, Green Advertising, dan Green Packaging berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Aqua dan juga Envrinmental Attitude mampu memediasi pengaruh Ecolabel, Green Advertising, dan Green Packaging terhadap keputusan pembelian.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fattah, M., Yani, M., & Sari, D. K. (2025). Label Ramah Lingkungan, Iklan Ramah Lingkungan, dan Kemasan Ramah Lingkungan terhadap Keputusan Pembelian: Mediasi Sikap Pro-lingkungan. Jurnal E-Bis, 9(2), 869-888. https://doi.org/10.37339/e-bis.v9i2.2592

References

Agustini, M. Y. D. H. (2019). Green Marketing - The Context of Indonesia and Philipphines. In Lambert Academic Publishing. LAMBERT Academic Publishing. http://repository.unika.ac.id/22077/1/GM-Book with cover published_organized.pdf
Amalia, A. P., Hadi, S. P., & Prabawani, B. (2023). Pengaruh Green Promotion Dan Green Packaging Terhadap Keputusan Pembelian Produk Milo Activ-Go Uht (Studi Pada Konsumen Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(3), 1019–1028. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab
Amallia, B. A., Effendi, M. I., & Ghofar, A. (2022). Pengaruh green advertising, green brand trust, dan sikap pada green product terhadap green purchase intention. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 3(2), 68–84. https://doi.org/10.37631/ebisma.v3i2.113
Anisah, N., Ditahardiyani, P., & Forqan, B. N. (2024). Pengaruh Interpersonal , Pengetahuan Lingkungan , dan Pemasaran Hijau terhadap Perilaku Pembelian Hijau Gen Z melalui Sikap Lingkungan. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan, 1(10). https://repository.unukase.ac.id/
Arianty, N., & Maudy, Y. (2019). Monograf Bisnis Masa Kini Berbasis Green Marketing (Vol. 11, Issue 1). Umsu Press. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Augtiah, I., Susila, I., & Wiyadi. (2022). Pengaruh green product , green advertising , dan green brand image terhadap keputusan pembelian dengan consumer attitude sebagai variabel mediasi. Benefit : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(3). https://doi.org/https://doi.org/10.23917/benefit.v7i2.1486
Ayes, Y. T., Hariyadi, G. T., Yovita, L., & Putra, F. I. F. S. (2024). Diferensiasi Produk , Eco - label , Dan Brand Awareness Sebagai Peran Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Produk Eiger. Jurnal Maneksi, 13(2), 500–512. https://doi.org/https://doi.org/10.31959/jm.v13i2.2327
Bani, M. D., Rohman, M. M., & Bani, G. A. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif : Teori Dan Praktik (1st ed., Issue September). Get Press Indonesia.
Carrion-Bosquez, N. G., Ortiz-Regalado, O., Veas-Gonzalez, I., Naranjo-Armijo, F. G., & Guerra-Regalado, W. F. (2024). The Mediating Role Of Attitude And Environmental Awareness In The In Fluence Of Green Advertising And Eco-labels On Green Purchasing Behaviors. Spanish Journal of Marketing. https://doi.org/10.1108/SJME-08-2023-0217
Damayanti, E., & Nuvriasari, A. (2021). Pengaruh Green Packaging , Green Advertising , Green perceived Value, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen The Body Shop. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(2), 385–404. http:jim.unsyiah.ac.id/ekm
Dewi, C. F., & Sari, D. (2023). Green Packaging and Branding Impact on Green Purchase Intention With Green Brand Image As a Mediator: Study At Love Beauty and Planet of Gen Z in West Java. Journal of Business Studies and Mangement Review, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.22437/jbsmr.v7i1.29550
Elistia, E., & Nurma, A. (2023). Theory Planned Behavior Dalam Minat Beli Produk Kosmetik Organik pada Generasi Y di Jakarta Theory of Planned Behavior in Product Purchase Intention Organic Cosmetics for Generation Y in Jakarta. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 33–52. https://doi.org/https://jhr247.org/index.php/jurnal/issue/current Theory
Hair, J. F., M. Hult, G. T., M. Ringle, C., & Sarstedt, M. (2022). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (3rd ed.). SAGE Publication.
Hariyanto, D. (2023). Buku Ajar Komunikasi Pemasaran. Umsida Press. file:///C:/Users/asus vivobook/Downloads/1356-Article Text-6401-1-10-20230726.pdf
Hasanah, A. S., Hindrayani, A., & Noviani, L. (2023). Pengaruh Sikap dan Ekolabel Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Kemasan Berekolabel. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 9(2), 135–147. https://doi.org/10.2961/bise.v9i2.71552
Hezron, Lady V, Fanggidae, R. P. C., Dhae, Y. K. I. D. D., & Paulina, Y. A. (2019). ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN KUPANG The effect of Green Product and Green Advertising on the buying decision of Teh Kotak consumers in Kupang city. Glory : Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 261–273. https://doi.org/https://doi.org/10.35508/glory.v4i2.10391
Hidayah, M. R., Sugandini, D., & Wisnalmawati. (2022). Mediasi sikap konsumen pada pengaruh green product, green advertising, green brand trust terhadap keputusan pembelian produk makanan organik. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), V(2), 46–62. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/manova.v5i2.841
Hidayat, S. (2023). Pengaruh Green Advertising, Green Packaging Dan Green Perceived Value Terhadap Repurchase Intention (Studi Pada Konsumen AMDK Merek Ades di Kab. Kebumen) Kebumen). Skripsi Thesis, Universitas Putra Bangsa., 1–13. http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/711/1/JURNAL SYARIF H 165502796.pdf
Illahi, U. N., & Sari, D. K. (2020). The Role of Environmental Awareness , Consumption Value and Eco- Label In Influencing Green Purchase Intention In Generation Z [ Peran Environmental Awareness , Consumption Value dan Eco-Label Dalam Memengaruhi Minat Beli Hijau Pada Generasi Z ]. UMMSIDA Preprints Server, 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/ups.3975
Jayasinghe, J. A. S. C. (2022). The Influence of Green Packaging, Green Campaigns and Green Attitude on Green Behavioural Intentions of Consumers: Evidence from Sri Lanka. Colombo Journal of Multi-Disciplinary Research, 6(2), 1–32. https://doi.org/10.4038/cjmr.v6i2.63
Kotler, P., & Keller, K. L. (1959). Marketing Management. In Global Edition (Vol. 22).
Kristiyono, Y. R., & Felim, C. (2021). Pengaruh Interpersonal Influence, Altruism, Dan Environment Knowledge Terhadap Green Purchasing Behaviour konsumen The Body Shop Yang Dimediasi. ULTIMA Management Jurnal Ilmu Manajemen, 13(1), 47–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31937/manajemen.v13i1.1912
Kurniawan, F. L., Wibowo, S. F., & Febrilia, I. (2024). Pengaruh Eco-Label dan Green Packaging Terhadap Green Purchase Intention Dimediasi oleh Environmental Attitude (Studi pada Coffee Shop di Jakarta). Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(10), 499–508. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat
Lestiani, E., Maryam, S., & Widayanti, R. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Ecolabelling Pada Keputusan Pembelian Green Product. Bongaya Journal for Research in Management (BJRM), 3(2), 07–13. https://doi.org/10.37888/bjrm.v3i2.243
Lubaba, H., & Masyhuri. (2022). Analisis Peran Environmental Attitude pada Hubungan Antara Consumer Innovativeness terhadap Purchase Intention. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 34–43. https://doi.org/10.26905/jbm.v9i1.7251
Mahrinasari MS. (2020). Perilaku Konsumsi Produk Hijau : Perspektif Theory of Reasoned Action (TRA), Theory of Planned Behavior (TPB), dan Theory of Consumer Behavior (TCV) (1st ed.). Pusaka Media.
Manongko, A. A. C. (2018). Green Marketing ( Suatu Perspektif Marketing Mix & Theory of Planned Behavior ). In Manado: Yayasan Makaria (1st ed.). Yayasan Makaria Waya.
Mogaji, E., Adeola, O., Adisa, I., Hinson, R. E., Mukonza, C., & Kirgiz, A. C. (2022). Green Marketing in Emerging Economies. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-030-82572-0
Mucaren, I. T., & Albayan, A. (2024). Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan ( Amdk ) Merek Qiana Dalam Perspektif Ekonomi. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 3(1), 100–111. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jesi.v3i1.53
Mulati, I. R., & Kuswati, R. (2022). Pengaruh Sikap Lingkungan Terhadap Perilaku Pro Lingkungan Yang Dimediasi Oleh Kepedulian Lingkungan Dan Kemauan Membayar Lebih. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 18(3), 157–167. https://doi.org/https://doi.org/10.23960/jbm.v18i3.710
Mulyono, F. P., & Sulistyowati, R. (2024). Pengaruh Green Marketing Dan Green Packaging Terhadap Perilaku Konsumen Guardian Supermarket Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(1), 9–19. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jptn.v11n3.p351-362
Ncube, L. K., Uchenna, A., Ogunmuyiwa, E. N., Zulkifli, R., & Beas, I. N. (2020). Environmental Impact of Food Packaging Materials : A Review of Contemporary Development from Conventional Plastics to Polylactic Acid Based Materials. Materials. https://doi.org/doi:10.3390/ma13214994
Pawistri, kristina D., & Harti. (2020). Pengaruh Pengetahuan Ramah Lingkungan, Sikap Terhadap Lingkungan Dan Gaya Hidup Pada Keputusan Pembelian Nature Republic Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 08(01), 626–626. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jptn.v8n1.p%25p
Purwoko, P., Fikri, M. A., Rini, P. L., & Marhadi, M. (2025). Green Advertising, Eco Labels, Environmental Responsibility and Green Purchase Behavior: Environmental Attitude as mediation. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(1), 281–295. https://doi.org/10.18196/mb.v16i1.25998
Puspitasari, C. A., Yuliati, L. N., & Afendi, F. (2021). Pengaruh Green Marketing , Kesadaran Lingkungan Dan Kesehatan. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 7(3), 713–722. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17358/jabm.7.3.713 Available online http://journal.ipb.ac.id/index.php/jabm PENGARUH
Safitrih, I. M. W., & A’yun, D. Q. (2024). Analisis Perilaku Konsumen Usia Produktif Dan Dampaknya Terhadap Pencemaran Sampah Plastik Di Kota Pamekaasan. JIPDAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(3), 45–51. https://doi.org/https://ejournal.lpipb.com/index.php/jipdas
Sahota, A. (2014). Sustainability: How the Cosmetics Industry is Greening Up. Wiley Publisher.
Sakina, R. A. (2024). Ancaman Lingkungan Indonesia: Jutaan Ton Sampah Tidak Terkelola di 2024. GOOD STAST. https://data.goodstats.id/statistic/ancaman-lingkungan-indonesia-jutaan-ton-sampah-tidak-terkelola-di-2024-YzBe5
Sari, P. (2021). Pengaruh Pengetahuan Label Ramah Lingkungan (EcoLabel) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Perspektif Bisnis Syariah (Studi Pada Konsumen Aqua Di Bandar Lampung). Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16478
Simarmata, H. M. P., Revida, E., Kato, I., Sari, H., Simatupang, S., Sudarso, A., Faisal, M., Tjiptadi, D. D., Sisca, Anggusti, M., & Muliatie, urilla E. (2021). Manajemen Perilaku Konsumen dan Loyalitas. In Yayasan kita menulis. https://books.google.co.id/books?id=mrc0EAAAQBAJ&pg=PA113&dq=definisi+loyalitas&hl=ban&sa=X&ved=2ahUKEwjBm8X0o5fzAhU36XMBHZ8HAscQ6AF6BAgFEAI#v=onepage&q=definisi loyalitas&f=false
Sinulingga, N. A. B., & Sihotang, H. T. (2021). Perilaku Konsumen_ Strategi dan Teori.
Song, Y., Qin, Z., & Yuan, Q. (2019). The impact of eco-label on the young Chinese generation: The mediation role of environmental awareness and product attributes in green purchase. Sustainability (Switzerland), 11(4). https://doi.org/10.3390/su11040973
Sugandini, D., Sukarno, A., Effendi, M. I., Kundarto, M., Rahmawati, E. D., & Arundati, R. (2020). Perilaku Konsumen Pro-Lingkungan. Zahir Publishing.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (19th ed., Vol. 4, Issue 1). Alfabeta.
Utami, K. S., Lestari, D., & Maulana, I. (2024). Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi Strategi green marketing : green awareness , eco label , dan eco brand pada perilaku pembelian. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 5(2), 407–420. https://doi.org/10.37631/ebisma.v5i2.1634
Utami, M. I., & Ningrum, D. E. A. F. (2020). Proses Pengolahan Sampah Plastik di UD Nialdho Plastik Kota Madiun. Indonesian Journal of Conservation, 9(2), 89–95. https://doi.org/10.15294/ijc.v9i2.27347
Wicaksono, W. L. D. (2023). Peran Green Promotion Dan Ecolabel Terhadap Keputusan Beli Melalui Brand Image Sebagai Mediasi (Studi Pada Konsumen Aqua Botol). 22.