Citra Merek, Konten Pemasaran Dan E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Azarine
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Azzarine sebagai merek skincare lokal semakin populer, khususnya di kalangan generasi muda. Namun, belum diketahui faktor utama yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen, apakah citra merek, konten pemasaran, atau e-WOM. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh citra merek, konten pemasaran, dan e-WOM terhadap keputusan pembelian produk skincare Azzarine di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan populasi 96 konsumen Azzarine di Sidoarjo dan teknik sampling probability. Data dianalisis menggunakan SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, konten pemasaran, dan e-WOM secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Ade, Apriany Gendalasari Dan Adil Fadillah. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Amdk Summit. Jurnal Ilmiyah Manajamen Kesatuan 10.1, 105-114.
Aditya, Wardhana. (2022). Analisis E-Wom. CV Media Sains Indonesia Bandung.
Ajeng, Rahayu dan Rizky Eka Febriansyah. (2024). The Influence Of Product Quality,Brand Image,And price on Purchasing Decision For Wardah Cosmetic Products. Journal Of Economic Business And Accounting (COSTING) Institut Penelitian Matematika Komputer Keperawatan Pendidikan Dan Ekonomi (IPM2KPE), 7.
Annisa, Himmah Rif'atul Dan Apriatni Endang Prihatni. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom¬) Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 10.2, 1153-1161.
Arizal, Syaparudin Dan Ririn Handayani. (2023). Analisis Pengaruh Content Marketing Influencer Dan Media Sosial Terhadap Keptusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajamen Dan Bisnis Terapan 5.2, 78-83.
Aropah, Dimas Zainatul Heri Wijayanto dan Dwi Warni Wahyuningsih. (2022). Pengaruh E-wom, Pengetahuan Pengaruh E-wom pengetahuan produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Bekas Bergaransi Ex Internasional Di Ponorogo. Indonesian Journal of Business and Management, 2, 344-358.
Ayu, Partiwi Dan Eti, Arini. (2021). Pengaruh Kemasan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Managamen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB) 2.1, 77-87.
Ayunita, Sisman Dan Susana Magdalena Welly Muskita. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Badati 3.1, 42-53.
Brescia, Putri Tiara, Citra Savitri Dan Syifa Pramudita Fadilla. (2024). Pengaruh Konten Pemasaran Dan E-WOM Pada Media Sosial Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z Di Kabupaten Karawang. Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 2442-2454.
Fatimatu, Zahro. (2024). Pengaruh Electronic Word OF Mouth (E-WOM) Dan Promosi Media Sosial terhadap Minat Pembelian Pada Produk Catalayaonlineshop Di Jakarta. Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis 5.2, 117-126.
Fatmaningrum, Sakti Riana Susanto Dan Muinah Fadhilah. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 4, 176-188.
Febyola, Nada Ana Ramadhayanti Dan Usran Masahere. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Live Shopping Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Pengguna Tiktok Shop. Jurnal Ekonomi Bisnis Antartika 1.1, 1-8.
Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (1 ed.). Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu Grup.
Hartono, B. (2013). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.
Haryanto, Totok dan Azizah Siti Nur. (2021). Pengantar Praktis Pemasaran Digital (1 ed.).
Haryanto, Totok Dan Azizah Siti Nur. (2021). Pengantar Praktis Pemasaran Digital (1 ed.).
Heriman, Setio Alfred Umi Fadilah Fatoni Dan Putri Sevi Agustin. (2024). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Produk Skincare Asderma Aesthetic. Jurnal Ekonomi Manajamen Pariwisata Dan Perhotelan 3.1, 126-135.
Ilhamah, Ratna Pudyaningsih Dan Nurul Akramiah. (2023). Promosi Penjualan Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal EMA, 95-104.
Imelda, Wilfrida Maria. (2024). Analisis Pengaruh Citra Merek,Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Azarine Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Jurnal Neraca Manajemen, Ekonomi, 3, 61-70.
Kolinug, Mawar Sharon Lisbeth Mananeke Jeffry Tampenawas. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Revlon Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Emba:Jurnal Riset Ekonomi Manajamen Bisnis Dan Akuntasi, 10, 101-111.
Kuswalabirama, Teuku Muhammad Ridha Dan Arry Widodo. (2024). Pengaruh Pembuatan Konten Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Iklan Sebagai Variabel Mediasi Pada E-Course Kang Aviv Institute. Jurnal Ilmiah Manajamen Bisnis Dan Inovasi, 11, 725-743.
Lia, Ade Ibdalsyah Dan Hilman Hakiem. (2022). Pengaruh Persepsi Konsumen Labelisasi Halal Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal Skincare Sri 2. Jurnal Kajian Ekonomi &Bisnis Islam 3.2, 263-273.
Luthfiana, Fatihah Dea Dan Anggit Dyah Kusumastuti. (2024). Strategi Membangun Loyalitas Merek Melalui Kepercayaan Pelanggan Untuk Meningkatkan Penjualan Sunscreen wardah. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK&BI), 113-118.
Mahaputra, Muhammad Ridho Dan Farhan Saputra. (2022). Determination Of Public Purchasing Power And Brand Image Of Cooking Oil Searcity And Price Increases Of Essential Commodities. International Journal Of Advanced Multidiscipliary 1.1, 36-46.
Maruli, Tua Geo Vanny Dan Ira Meike Andariyani. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mesin Pompa Air. Jurnal Ilmiyah Multidisiplin 1.04, 140-154.
Mulyani, I., Satria, E., & Supriatna, A. D. (May 2013). Pengembangan Short Message Service (SMS) Gateway Layanan Informasi Akademik. Jurnal Algoritma, 9(2), 389-397.
Muslihudin, M., & Oktavianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: Andi Offset.
Nabilah, Ilmi dan Muhammad Fadli Nursal Dewi Sri Wulandari. (2023). Peran Influencer Dalam Konten Marketing dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Maybelline. Jurnal Economia, 2, 2791-2805.
Nel, Arianty Dan Andira Ari. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awarenes Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiyah Magister Manajamen 4.1, 39-50.
Noviandi, Ardi. (2021). Pengaruh E-Wom (Electronic Word Of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian. Business and Entrepreneurship Journal , 2, 25-29.
Nurani, Gita Maya, Sri Zulpadilah dan Syahdan Muhamad Syahid Syafitri Putri Derajat. (2025). Strategi Pemasaran Konten Untuk Meningkatkan Interaksi Konsumen Di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Produkglad2glow. Jurnal Krakatau indonesia of multidisciplinary, 3, 104-118.
Nuryanti, Muhammad Halim Fawazi Hery Basuki Juanda Angkasa Wati. (2024). Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian(Studi Kasus pada Konsumen Peyek Mak Nyus Jingglong Sutojayan Blitar). Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 12(1), 294-304.
O'Brien, & Marakas. (2013). Management Information System Sixteenth Edition. New York: Mc Graw Hill.
Oktaviani, Desy Nur Haliza. (2023). Pengaruh Riview Produk Dan Content Marketing Pada Aplikasi Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z. Jurnal Cakrawala, 6, 769-781.
P, K. (2013). Ekologi Industri. Yogyakarta: Andi Offset.
Philip , Kotler. (2016). Marketing Managament (15 ed.). Harlow Pearson.
Philip, Kotler. (2016). Marketing Managament (15 ed.). Harlow Pearson.
Pramudiya, Faisal Cahya and Ajat Sudrajat. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Kualitas terhadap Keputusan Pembelian Suzuki Satria F150 di Kabupaten Karawang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 11, 144-156.
Putri, Tiara Brescia Citra Savitri Dan Syifa Pramudita Fadilla. (2024). Pengaruh Konten Pemasaran dan E-Wom pada Media Sosial Tiktok Shop terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z di Kabupaten Karawang. Jurnal Ekonomi Keuangan & Bisnis Syariah, 6, 2422-2454.
Riduwan and Akdon. (2015). Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: ALFABETA.
Rizal, Dan Ahmad Yani. (2022). Influence Of Brand Image Lifestyle And Product Quality On Iphone Smartphone Purchase Decision. International Journal Of Economics Business And Accounting Research (IJEBAR) 6.3, 2475-2486.
Sari, Aditya Julita Ibn Udayana Agus Dwi Cahya. (2022). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Studi Kasus Variabel Green Marketing Dan Brand Ambassador UMKM Ngudi Rejeki Kelorida. Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4, 308-327.
Sari, Dewi Komala, Alshaf Pebrianggara and Mas Oetarjo. (2021). Buku Ajar Digital Marketing (1 ed.). Umsida.
Sari, Dewi Komala, Alshaf Pebrianggara and Mas Oetarjo. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. Umsida.
Sari, Indah Tri Rinawati dan Citra Rizkiana. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth(E-WOM) Danonline Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shoppe. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 20, 160-169.
Sella, Damayanti Dan Sumartik. (2024). Dampak Lingkungan Stres Dan Komunikasi Tehadap Kinerja Karyawan. Frontiers in Research Journal, 88-104.
Shal, Sabila Shafa Dan Rizky Eka Febriansyah Sumartik. (2024). Pengaruh Media Sosial Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Somethinc Di Sidoarjo. Jurnal Ilmiyah Universitas Batanghari Jambi 24.3, 2852-2861.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualiitatif dan Research & Development (19 ed.). Bandung: ALFABETA.
Suhendar, Alfiyah Ayu Atep Dan Muhammad Yusuf. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Vinyl Flooring Merek Taco Di CV Indosanjaya Kota Bandung. Journal Of Managament &Business 6.1, 492-503.
Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Tania, Fany Devi And Etty Zuliawati Zed. (2025). Peran Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Daya Saing Bisnis:Studi Kasus Pada Industri Kecantikan Lip Tint Barenbliss. Jurnal Ekonomi Manajamen , 2.
Wardhana, Aditya. (2022). Analisis E-WOM CV Media Sains Indonesia . bandung.
Yuda, Bimantara Dan Dian Novita. (2022). Pengaruh Harga Desain Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Strategi Managament Account Through Res Technol 1.2, 27-36.
Yustina, Chrismardani. (2023). Buku Reverensi Konsep Dan Praktek E-Word Of Mouth (E-Wom) (1 ed.).
Yusuf, Ramayani Heny Hendrayati Lili Adi Wibowo. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Keputusan. Jurnal Manajamen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1, 506-515.