Fanatisme, Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Timnas Indonesia
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Dalam sepak bola masa kini, sangat penting bagi manajemen tim untuk berkonsentrasi tidak hanya pada kesuksesan atletik tetapi juga berkembang menjadi entitas bisnis yang menguntungkan. Salah satu sumber pendapatan baru yang mulai dikenal adalah penjualan merchandise resmi. Tim nasional Indonesia secara strategis bermitra dengan Espro sebagai pemasok merchandise. Tujuan Penelitian ini berusaha untuk menguji dampak Fanatisme, Kualitas Produk, dan Desain Produk terhadap Keputusan Konsumen untuk Membeli Merchandise Timnas Indonesia. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan SPSS v.26 sebagai alat analisis, penelitian ini melibatkan 96 partisipan yang dipilih melalui metode non-probability sampling. Temuan konklusif menunjukkan bahwa Fanatisme, Kualitas Produk, dan Desain Produk secara signifikan mempengaruhi keputusan yang dibuat terkait pembelian merchandise tim nasional Indonesia
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Aji Buwana, M. (2023). Perancangan Jersey Sepak Bola Klub Persik Kediri Pada Game Pro Evolution Soccer 2021. Jurnal Barik, 4(3), 1–12. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jdkv/
Alfiah, A., Suhendar, A., Yusuf, M., Studi Administrasi Bisnis, P., & Tinggi Ilmu Administrasi Bandung, S. (2023). Seiko : Journal Of Management & Business Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Vinyl Flooring Merek Taco Di Cv Indosanjaya Kota Bandung. Seiko : Journal Of Management & Business, 6(1), 492–503. Https://Doi.Org/10.37531/Sejaman.V6i1.3926
Arul Maulana, E., Pebrianggara, A., & Hariasih, M. (2024). Dampak Gaya Hidup, Pengalaman Belanja, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. Jurnal E-Bis, 8(2), 711–723. Https://Doi.Org/10.37339/E-Bis.V8i2.1744
Atho’urrohman, W., & Hariasih, M. (2024). Peranan Desain Kemasan, Variasi Produk, Dan Harga Dalam Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi Dan Masyarakat, 1(2), 17. Https://Doi.Org/10.47134/Jpem.V1i2.255
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Ilmu Sosial, 3(1), 2022. Https://Doi.Org/10.38035/Jmpis.V3i1
Debby Cynthia1, Haris Hermawan2, Ahmad Izzudin3, & 123universitas Muhammadiyah Jember. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi Dan Pelayanan Publik.
Dhonna Anggreni., M. Kes. (2022). Penerbit Stikes Majapahit Mojokerto 2022. Stikes Majapahit Mojokerto.
Dina Aulia. (2024). Semangat Suporter Timnas Indonesia : Wujud Nasionalisme Di Arena Sepak Bola Dan Pengaruh Di Kancah Internasional. Wissen : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1), 157–169. Https://Doi.Org/10.62383/Wissen.V3i1.504
Dodiet Aditya Setyawan, I. (2021). Hipotesis Dan Variabel Penelitian. Grup Penerbitan Cv Tahta Media Group.
Dr. Imam Machali, M. P. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri (Uin) Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 63. Https://Doi.Org/10.21460/Jrmb.2021.162.392
Falah, F., Welsa, H., & Cahyani, P. D. (2023). Pengaruh Experiential Marketing Dan Desain Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Smartphone Xiaomi Di Yogyakarta. J-Mas (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(2), 1646. Https://Doi.Org/10.33087/Jmas.V8i2.1435
Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome (Vol. 2).
Hananto, D. (2021). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jersey Sepeda Di Tangsel. Http://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Semnaslit
Handayani, J., Deriawan, D., & Hendratni, T. W. (2020). Pengaruh Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen. Journal Of Business And Banking, 10(1), 91. Https://Doi.Org/10.14414/Jbb.V10i1.2261
Khomsiyah, A., & Sanaji, S. (2021). Pengaruh Loyalitas Dan Fanatisme Supporter Pada Klub Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Orisinal: Studi Pada Supporter Persela Lamongan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(2), 242. Https://Doi.Org/10.30588/Jmp.V10i2.756
Kristinawati, A. (2020). Pengaruh Brand Image, Perceived Quality Dan Ewom Terhadap Purchase Intention Mobil Di Jakarta. Program Studi Magister Manajemen Universitas Tarumanagara.
Larasati, A. W., Kharisma, C. G., Nanda, M., Hutamam, S., & Delvin Oknanda, M. (2023). Fanatisme Suporter Sepak Bola Terhadap Perilaku Agresi. In Journal Of Communication And Social Sciences (Vol. 1, Issue 1). Http://Jurnal.Dokicti.Org/Index.Php/Jcss/Index
Lystia, C., Winasis, R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Ilmu Terapan, 3(4). Https://Doi.Org/10.31933/Jimt.V3i4
Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. 3(2). Www.Investor.Iddi
Misbah, M., & Jubaedah, J. (2021). Fanatisme Dalam Praktik Pendidikan Islam. Insania : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(1), 51–64. Https://Doi.Org/10.24090/Insania.V26i1.4825
Muhamad Agung Irsyad1, & Indri Ferdiani Suarna2. (2024). Pengaruh Fanatisme, Kualitas Produk, Dan Perilaku Konsumtif Terhadap Keputusan Pembelian Jersey Di Graha Persib Bandung. Jurnal Lmu Manajemen, Bisnis Dan Ekonomi.
Muhson, A. (2020). T Eknik A Nalisis Kuantitatif 1 Teknik Analisis Kuantitatif.
Nel Arianty, & Ari Andira. (2020). Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4. Https://Doi.Org/10.30596/Maneggio.V4i1.6766
Ogy Irvanto, & Sujana. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger (Survey Persepsi Komunitas Pecinta Alam Di Kota Bogor). Program Studi Manajemen, Institut Bisnis Dan Informatika Kesatuan.
Ongky Hermawan, J. Pratama P., & Fauzi, R. U. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Nilai Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Motor Listrik Di Kota Madiun. In Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi I 14 Agustus 2019 (Issue 2010).
Prof. Dr. H.M. Sidik Priadana, M., & Denok Sunarsi, S. Pd. , M. M. Cht. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Puspitasari, D., Asir, M., & Rahmi, R. (2023). Efektivitas Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen: Literature Review Manajemen Pemasaran. Budgeting : Journal Of Business, Management And Accounting, 5(1), 90–95. Https://Doi.Org/10.31539/Budgeting.V5i1.6933
Putri, P. M., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 25–36. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V5i1.510
Ramayani Yusuf 1, Heny Hendrayati2, & Lili Adi Wibowo3. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2).
Rehansyah, F., Simatupang, L. N., Bisnis, D., & Manajemen, J. (2023). Pengaruh Desain Produk, Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Adidas (Studi Pada Mahasiswa Feb Universitas Satya Negara Indonesia. Jurnal Manajemen Usni, 7(2). Https://Doi.Org/10.54964/Manajemen
Reinout Adonis, M., Budi Rahayu Silintowe, Y., Ekonomika Dan Bisnis, F., Kristen Satya Wacana, U., & Artikel, R. (2021). Desain Produk, Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Y. Jurnal Capiital Kebijakan Ekonomi, Manajemen & Akuntansi, 3(1).
Rifiani, P., Yuni Dharta, F., & Oxcygentri, O. (2022). Pengaruh Endorse Influencer Fadil Jaidi Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Eksplanatori Pada Pengikut Media Sosial Instagram @Fadiljaidi). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2022(12), 289–301. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.6944728
Rifka Agustianti, P., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Alfiani Sidik, E., Nurlaila, Q., Simarmata, N., Sophan Himawan, I., Pawan, E., Ikhram, F., Dwi Andriani, A., & Rai Hardika Editor Ni Putu Gatriyani Nanny Mayasari, I. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Tohar Media. Cv. Tohar Media. Https://Toharmedia.Co.Id
Rika Hubbina, Agustina Mutia, S. E. , M. E. I., & Marissa Putriana, S. E. , M. Si. , A. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Desain Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Distro Kedai Oblong Jambi). Journal Of Student Research, 1.
Rissan Adam, A. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Persib Bandung Dalam Membangun Brand Image Sebagai Klub Sepak Bola Profesional.
Rozaky Akbar, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli Suwitho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen.
Salvara Tyara Aruna, Misti Hariasih, & Alshaf Pebrianggara. (2024). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier Sakura Glow. Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 8, 223.
Santosa, A. D., Nilawati, E., Maryanto, R. D., Sovitriana, R., & Maura, Y. (2022). Faktor Penentu Turnover Karyawan Pt Riani Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Pls Sem. In Ikra-Ith Humaniora : Jurnal Sosial Dan Humaniora (Vol. 7, Issue 1). Https://Doi.Org/10.37817/Ikraith-Humaniora.V7i1.2284
Slamet Widodo, S. S. , M. Kes., Dr.Festy Ladyani, M. K., & La Ode Asrianto, Skm. , M. K. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian. Penerbit Cv Science Techno Direct Perum Korpri, Pangkalpinang.
Taufan, M., & Azhari, M. Z. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Fanatisme Terhadap Keputusan Pembelian Jersey Orisinal (Studi Pada Supporter Persib Bandung). In Ikraith-Ekonomika (Vol. 6, Issue 2). Https://Doi.Org/10.37817/Ikraith-Ekonomika.V6i2.2352
Theosofi, J., Islam, P., Islam, T., Fanatisme, D., Sosial, P., & Zulkarnain, B. (2021). Teologi Islam Dan Fanatisme Perilaku Sosial Beragama. Theosifi Dan Peradaban Islam Al Hikmah, 3(2), 192–210. Http://Jurnal.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Alhikmah
Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen. In Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen (Vol. 5, Issue 1). Http://Jurnal.Unswagati.Ac.Id/Index.Php/Jibm
Vicky Brama Kumbara1. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2.
Wardani, I., & Dermawan, R. (2023). Pengaruh Brand Image, Korean Wave, Fanatisme Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian. Ekonomis: Journal Of Economics And Business, 7(2), 1114. Https://Doi.Org/10.33087/Ekonomis.V7i2.1357
Yani Balaka, M., & Abyan, F. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Widina Bhakti Persada Bandung. Www.Penerbitwidina.Com
Yustisia Purwaningtyas, R., Rusdianto Berto, A., & Muwarni, E. (2023). Di Balik Fanatisme Suporter Indonesia: Mobilisasi Dukungan Politik Melalui Tagar #Sepakbolakanjuruan Vs #Dukungpssi 2022. Sna), Social Media, 7(3), 455–473. Http://Ejournal.Unitomo.Ac.Id/Index.Php/Jkp
Zahriyah, A., Suprianik, M. S., Si, M., Parmono, A., & Mustofa, M. S. (2021). Ekonometrika Tekhnik Dan Aplikasi Dengan Spss. Mandala Press Anggota Appti-Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia.