Pengaruh Viral Marketing, Brand Image, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian Iphone pada Mahasiswa Umsida

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Salsabela Diniarti Rohmadhani
Misti Hariasih
Mas Oetarjo

Abstract

Studi ini memiliki maksud agar dapat memperoleh informasi terkait dengan dampak Viral Marketing, Brand Image, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian Iphone pada Mahasiswa Umsida. Latar belakang masalahnya adalah pentingnya memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian di kalangan mahasiswa, yang merupakan pasar potensial bagi produk teknologi. Metode penelitian menggunakan kuesioner yang dikirim melalui Google Form kepada 100 responden pengguna iPhone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Viral Marketing memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian iPhone dengan meningkatkan eksposur dan persepsi positif terhadap produk. Selain itu, Brand Image yang kuat juga memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan membantu membangun kepercayaan konsumen dan memengaruhi preferensi mereka. Gaya hidup konsumen turut memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kesimpulannya, ketiga faktor tersebut secara bersama-sama berperan penting dalam memengaruhi keputusan pembelian iPhone di kalangan mahasiswa Umsida. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pemasar untuk mengoptimalkan strategi pemasaran mereka sesuai dengan tren dan preferensi konsumen.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rohmadhani, S. D., Hariasih, M., & Oetarjo, M. (2024). Pengaruh Viral Marketing, Brand Image, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian Iphone pada Mahasiswa Umsida. Jurnal E-Bis, 8(2), 833-845. https://doi.org/10.37339/e-bis.v8i2.1875

References

Ayu., Dyah., Zannah., dan Miftakhul. (2022). "Pengaruh Citra Merek, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone (Studi Kasus Terhadap Generasi Z Kota Surabaya)". Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 11(7).
D, Anthony Miles. (2017). "A Taxonomy of Research Gaps : Identifying and Defining the Seven Research Gaps". August.
Dewi, Intan Rakhmayanti. (2023). HP Android Ditinggal, Makin Banyak yang Ganti iPhone. Diakses pada Januari 2025, dari https://www.google.com/amp/s/www.cnbcindonesia.com/tech/20230524090443-37-440020/hp-android-ditinggal-makin-banyak-yang-ganti-iphone/amp
Febrianty, Nadilla. (2023). "Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Iphone". Jurnal Bisnis. 6(2): 819–825.
Harianja, Erika B., Roslian Sitompul., dan Mardhiatul Husna. (2021). "Keputusan Pembelian Iphone (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Politeknik Negeri Medan). 589–597.
Jannah, Aminah Nurul dan Widiyono. (2021). "Pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian melalui Media Online Instagram (Studi Kasus pada Karyawan PT. Suryagita Nusaraya di Jakarta)". Jurnal Administrasi Bisnis. 1(55), 103–108.
Keller, Kevin Lane., Swaminathan., dan Vanitha. (2020). Strategic Brand Management. Edisi 5. Harlow, UK: Pearson Education.
Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2021). Principles of Marketing. Edisi 18 Pearson. Harlow, UK: Pearson Education.
Lestari, Baiq Lani Septia dan Emilia Septiani. (2021). "Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone Pada Mahasiswa di Universitas Mataram". Journal of Economics Business & Enterpreneurship. 2(1). https://doi.org/10.29303/alexandria.v2i1.26
Putra, A Hendik Purbaya Mahadi. (2019). "Pengaruh Percieved Quality, Harga Dan Lifestyle Terhadap Minat Beli Produk Oldman.Co". Jurnal Mitra Manajemen, 3(11), 1038–1054. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i11.293
Riko Mappedeceng. (2021). "Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Batanghari". Jurnal Manajemen dan Sains. 6(2).
Putri, Yayang Giani., Nur Hidayati., dan Mohammad Rizal. (2020). "Pengaruh Customer Review, Customer Rating dan Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa pengguna Tokopedia di Malang). e-Jurnal Riset Manajemen. 79–88.
Maulida, Arina Robbyatul., Haris Hermawan., dan Ahmad Izzuddin. (2022). "Pengaruh Viral Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian". Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia Administrasi dan Pelayanan Publik. 10(1).
Jannah, Wahyu Nur dan Iva Nurdiana Nurfarida Asna. (2023). "Pengaruh Citra Merek, Harga dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian HP Iphone pada Mahasiswa di Kota Malang". Journal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM). 11(1).
Cahyani, Ni Made aprilia Dea dan Ni Made Asti Aksari. (2022). "Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone". E-Jurnal Manajemen. 11(11). doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i11.p06.
Susanto, Dhenta Megasavitri dan Krido Eko Cahyono. (2021). "Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi pada Mahasiswa di Surabaya)". Jurnal ilmu dan Riset Manajemen(JRMM). 10(1).
Natakusuma, Irwan dan Umarudin Kurniawan. (2020). "Pengaruh Brand Image dan Word of Mouth Communication pada Keputusan Pembelian Smartphone Apple Iphone di Bandar Lampung". Jurnal Enterpreneur dan Bisnis (JEBI). 1(1), 54–71.
Talia, Mutiara Agnes dan Reminta Lumban Batu. (2022). "Pengaruh Gaya Hidup dan Atribut terhadap keputusan Pembelian Iphone (Survei pada Pengguna Iphone di Karawang)" e-Jurnal Apresiasi Ekonomi. 10(3), 386–394.
Pratama, Alhikam., Rahayu Setianingsih., dan Khusnul Fikri. (2023). "Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di Kota Pekanbaru". SNEBA. 3, 252–263.
Pratama, Mawan Januar dan Nuruni Ika Kusuma W. (2022). "Pengaruh Brand Image dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone di Wilayah Gubeng Surabaya". J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 417. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.421
Norbaiti dan Winda Setia Rahmi. (2020). "Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di Banjarmasin". Jurnal Ilmu Sosial Manajemen Akuntansi dan Bisnis. 1(2), 80–91.
Rambing, Gerry Owen., Agus Supandi Soegoto., dan Sjendry S. R. Loindong. (2023). "Analisis Brand Image, Brand Trust dan Viral marketing terhadap Keputusan Pembelian Iphone pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi". Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 1031–1041. https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.49346
Sawitri, Prapti Komala., Nurhajati., dan M. Ridwan Basalamah. (2022). "Pengaruh Viral Marketing, Flash Sale 12.12, dan Tagline Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian Barang di Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa FEB Unisma Angkatan 2019)". e-Jurnal Riset Manajemen. 12(2). 985–995.
Putri, Tasya Salsabila Adel., Ridho Andika Jaya., dan Vicky F Sanjaya. (2021). "PENGARUH CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE IPHONE". Digital Economics Management and Accounting Knowledge Development. 3(2), 21–32.
Tappy, Selviana dkk. (2023). "PENGARUH CITRA MEREK DAN NILAI HEDONIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar Yang Menggunakan iPhone)". Jurnal Penelitian. 14(2), 188–194.
Kusnara, Hasti Pramesti. (2023). "Pengaruh Citra Merek dan Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Pemilik Iphone (Studi pada Mahasiswa Widyatama)". Cakrawala Repositori IMWI. 6(3).
Wulansari, Ananda Devia dan Mulyo Budi Setiawan. (2023). "Pengaruh Citra Merek Gaya Hidup dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian Iphone". Economics and Digital Business Review. 4(1), 338–348.

Most read articles by the same author(s)