Diskon, Bonus Pack, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus pada Konsumen Superindo Jenggolo Sidoarjo Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Indonesia tergolong negara dengan tingkat pertumbuhan ritel tercepat di dunia, pertumbuhan ini tidak tersebar merata di seluruh kategori ritel. Tujuan penelitian ini menganalisis faktor yang mempengaruhi perilaku keputusan pembelian, meliputi diskon, bonus pack, dan kualitas pelayanan di Superindo Jenggolo Sidoarjo. Metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif digunakan pada penelitian ini. Teknik sampling dengan memanfaatkan metode non-probability sampling dan didapatkan sejumlah 96 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan memanfaatkan Google Form dengan Skala Likert tingkat poin 1-5. Data dianalisis melalui uji validitas dan reliabilitas, uji analisis regresi berganda, uji koefisien determinan, serta uji t. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa strategi diskon yang terencana, penawaran bonus pack yang menarik dapat menarik minat beli konsumen. Selain itu, upaya meningkatkan kualitas pelayanan juga dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen. Penelitian ini memiliki hasil yaitu ada pengaruh diskon terhadap keputusan pembelian, ada pengaruh bonus pack terhadap keputusan pembelian, serta kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Afrida, A. (2021). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack Terhadap Keputusan Pembelian pada Merek Mobil Suzuki (Studi Kasus: Masyarakat Kota Padang). Eko Dan Bisnis (Riau Economics and Business Review), 12(3), 267–274.
Ali, H., Limakrisna, N., & Jamaluddin, S. (2016). Model of Customer Satisfaction: The Empirical Study at BRI in Jambi. IJABER, 14(6), 3527–3534.
Amelia, D., Setiaji, B., Jarkawi, J., Primadewi, K., Habibah, U., Luisa Peny, T. L., Nugraha, D., Safitri, W., Wahab, A., Zulfiah, L., Setiaji, B., & Dharta, F. Y. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Anam, A. N. S., Munir, M., & Mahaputra, A. P. (2023). Pengaruh Diskon, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Swalayan Diva Kabupaten Kediri. PPIMAN : Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 247–261. https://doi.org/10.59603/ppiman.v1i4.141
Apriyani, D. A., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 51(2), 1–7.
Arkana, E. D., Hidayati, N., & Zamzam, N. A. N. (2024). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack Terhadap Keputusan Pembelian Detergen Attack Cv. Borobudur Prima Sejahtera Kediri. Neraca Manajemen, Ekonomi, 5(7), 1–13.
Boyd, B. K., & Salamin, A. (2001). Strategic reward systems: A Contingency Model of Pay System Design. Strategic Management Journal, 22(8), 777–792. https://doi.org/10.1002/smj.170
Brama Kumbara, V. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568
Cahya, A. D., Nurhajati, N., & Basalamah, R. (2020). Pengaruh Diskon, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Jasa Foto Bo Production). E – Jurnal Riset ManajemenPRODI MANAJEMEN, 9(2), 132–143.
Djafar, N., Yantu, I., Sudirman, S., Hinelo, R., & Hasiru, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di CV. Mufidah Kota Gorontalo. Journal Of Economic and Business Education, 1(2), 77–81.
E. Clow, K., & Baack, D. (2022). Integrated Advertising, Promotion and Marketing Communications (1st ed.). San International Scientific Publications. https://doi.org/10.59646/iapmc/144
Felycia, N. L. P. M., & Genoveva, G. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Tradisional dalam Menghadapi Pertumbuhan Ritel Modern. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 7(2), 141–152. https://doi.org/10.34203/jimfe.v7i2.3540
Fitrotin, R. R., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack Keputusan Pembelian Produk Near Expired Kecap Bango Yang di Mediasi Oleh Minat Beli (Studi Kasus di Transmart Rungkut Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 9(3), 1492–1500.
Gitosudarmo, I. (2008). Manajemen Pemasaran: Edisi Kedua (2nd ed.). BPFE.
Kurniaditya, G. B., Purwaningtyas, D. A., & Fadhilah, Z. E. (2024). Pengaruh Diskon Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Matahari Department Store. Journal of Psychology Students, 3(1), 13–20. https://doi.org/10.15575/jops.v3i1.32270
Lupiyoadi, R. (2008). Dinamika Bisnis Jasa dan Pentingnya Pemasaran Jasa. 1–40.
Meliana, D., Riswati, J., & Astuti, D. (2025). Analisis Perkembangan Bisnis Ritel di Indonesia. Journal of Business Economics and Management, 01(03), 235–243.
Oktavia, F., & Fageh, A. (2022). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.31294/eco.v6i1.11196
Patmala, H. S., & Fatihah, D. C. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Ukm Mart Kartika Widya Utama. Jurnal Ilmiah MEA, 5(3), 1154–1170.
Pratiwi, D. (2019). Pengaruh Bonus Pack dan In-Store Display Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Metro Pasar Swalayan Medan. Universitas Medan Area, 1–67.
Purnama Sari, D. M. F., & Cahyaningtya, R. D. A. (2020). Price Discount dan Bonus Pack Terhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana (Impluse Buying) dengan Shopping Motivation Sebagai Variabel Intervening Pepaya Fresh Gallery Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 51–62.
Rahmat Pratama & Iswati Iswati. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada Supermarket Superindo Kenjeran Surabaya. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen dan Inovasi Riset, 2(5), 233–254. https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i5.1199
Ramadani, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Handphone. Iqtishadequity Jurnal Manajemen, 1(2), 36–46. https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.540
Ridho Syafrizal, Agnes Putri Farida Sitorus, Saufina Azzahra Zebua, Dhiyah Faliha Syahira, Qatrun Nada, Shezy Ratisya Dwina, Muhammad Ilyas Sapawi, & Aprinawati. (2024). Pengaruh Strategi Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret dan Alfamart di Kawasan UNIMED. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, 3(2), 356–369. https://doi.org/10.30640/digital.v3i2.2705
Rosmaniar, A., Wandoyo, R., Kusuma, A., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Citra Merek, Diskon, dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Study Kasus Swalayan Chandra Tanjung Karang). Jurnal Enterpreneur dan Bisnis (JEBI), 1(2), 107–113.
Sarah, Y. (2022). The Effect of Giving Discounts and Brand Image on Purchase. Jurnal Matua, 4(4), 768–783.
Satria, E. (2023). Keputusan Pembelian Yang Ditinjau dari Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk: Studi Kasus Pada Toko Bangunan Berkah Desa Lempur Danau. Al Dzahab, 4(2), 92–102. https://doi.org/10.32939/dhb.v4i2.2429
Shimp, T. A. (2008). Advertising & Promotion - An Imc Approach. 650.
Sitanggang, D. H., & Damiyana, D. (2022). Analisis Faktor Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Pesan Makanan Online. Jurnal Lentera Bisnis, 11(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i2.528
Top Brand Awards, T. B. A. (2021). Top Brand Index. https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=6&id_subkategori=532&tahun_awal=2021&tahun_akhir=2023&brand1=ADA&brand2=Farmers%20Market&brand3=Superindo&brand4=Tip-top
Uswendi Pura, M. P. I., & Madiawati, P. N. (2021). Pengaruh Promotion Mix dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee dengan Perilaku Konsumen sebagai Variabel Intervening. JEMMA, 4(2), 204–216.
Utami, C. W. (2010). Manajemen ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia (2nd ed.). Salemba Empat.
W. Boyd, H., C. Walker, O., & Larreche, J.-C. (2000). Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global (2nd ed.). Erlangga.
Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). JIMT (Jurnal Ilmu Manajemen Terapan), 3(4), 392–403.
Yani, M. A., & Subandoro, A. (2022). Analisis Pengaruh Ketersediaan Produk dan Keakuratan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Superindo Cabang Semolowaru. Jurnal Syntax Admiration, 3(7), 859–868. https://jurnalsyntaxadmiration.com/index.php/jurnal/article/view/456