E-WOM, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian di TikTok Shop (Studi Kasus Jiniso Jeans)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh E – WOM, Kualitas Produk, serta Citra Merek terhadap keputusan pembelian produk Jiniso Jeans di TikTok Shop. Metodologi penelitian ini dilandasi dari pendekatan kuantitatif deskriptif, yang mana untuk populasi mencakup semua pengguna produk Jiniso Jeans Sidoarjo, serta sampel yang ditetapkan 100 orang. Sampel ditetapkan memanfaatkan teknik purposive sampling, dalam demografi berupa pria serta wanuta berusia di atas 17 tahun yang pernah membeli produk Jiniso Jeans di platform TikTok Shop. Data dikumpulkan dengan kuesioner, serta skala Likert dimanfaatkan dalam mengukur jawaban. Analisis data dilaksanakan menerapkan metode PLS-SEM memanfaatkan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian membuktikan terkait E – WOM berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk Jiniso Jeans di TikTok Shop, Kualitas Produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk Jiniso Jeans di TikTok Shop, dan Citra Merek memengaruhi keputusan pembelian pada produk Jiniso Jeans di TikTok Shop.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Alfayed, E., Ramadeli, L., Agnestasia, R., Amalina, V., Swid, Z. H. O., & Riofita, H. (2023). Analisis Strategi Pemasaean Dan Penjualan E-Commerce Pada Tiktokshop. Jurna; Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 195–2021.
Alfiah, A., Suhendar, A., & Yusuf, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Vinyl Flooring Merek Taco di CV Indosanjaya Kota Bandung. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 492–503. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3926
Anggraini, W., Permatasari, B., & Devita Putri, A. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung. Jurnal TECHNOBIZ, 6(2), 2655–3457. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/technobiz/article/view/2830/pdf
AnsahArdi. (2024). The Influence of Product Design and Brand Image on Purchasing Decisions. Amwaluna Journal, L(2), 181–182.
Dr. Duryadi, M. S. (2021). Metode Penelitian Ilmiah Metode Penelitian Empiris Model Path Analysis dan Analisis Menggunakan SmartPLS. In Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik (Vol. 7, Issue 1).
Elsa Febrina Tarigan, A., Wijayanto, G., & Widyatsari, A. (2023). Pengaruh WOM, Kualitas Produk, Harga Terhadap Brand Image SertaImplikasinya Pada Keputusan Pembelian Smartphone Merk Xiaomi di Kota Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 9(1), 72–78.
Fahrulroji Rahman, & Siti Sarah. (2024). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Fashion Di Tiktok Shop Pada Pengguna Aplikasi Tiktok. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(3), 2041–2049. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i3.2505
Firyal Nuzulul Fitri, & Muzakar Isa. (2024). Analisis Pengaruh E-Wom, Brand Attitude dan Trust terhadap Purchase Intention Eco-Friendly Transport di Surakarta. Economic Reviews Journal, 3(1), 155–175. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i1.128
Francois, N. G. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pada Two Good Bakery. Jurnal Mitra Manajemen, 4(11), 1558–1572. http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/125/69
Hanasui, P. (2024). Pengaruh e-wom dan harga terhadap keputusan pembelian produk hanasui 1. 16(2), 28–37.
Hardiansyah, M. M. (2024). Pengaruh Produk, E-WOM terhadap Keputusan Pembelian di Mediasi Citra Merek pada konsumen Lorions Kopi di Magetan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 13(1), 1–22.
Hashifah, S. N., & Nasution, A. E. (2024). Pengaruh E-WOM dan Price Terhadap Purchase Decision Melalui Consumer Trust Pada Kopi Kenangan di Cabang Medan Resort City. Jesya, 7(2), 1458–1474. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i2.1660
Hatma, D., & Nainggolan, B. M. . (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Katering Yvonne’s. Jurnal Ekonomi, Pendidikan & Pariwisata, 16(1), 1–14.
Jumawan, J., Soesanto, E., Cahya, F., Putri, C. A., Permatasari, S. A., Setyakinasti, S., & Ottay, M. L. (2024). Pengaruh Online Consumer Review Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(6), 2854–2862. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2964
Lasinta, M., Salahuddin, S., & Suriana, S. (2022). Pengaruh Sikap Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan (Kasus Sebuah Komunitas di Bantaran Sungai Ciliwung Kota Bogor). Jurnal Ilmiah Penyuluhan Dan Pengembangan Masyarakat, 2(1), 21. https://doi.org/10.56189/jippm.v2i1.24120
Lestari, D. P., & Widjanarko, W. (2023). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan E-Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Jiniso.Id Di Marketplace Shopee. Jurnal Economina, 2(3), 753–765. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.398
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795
Nada, F., Ramadhayanti, A., & Masahere, U. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Live Shopping Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Pengguna Tiktok Shop. Jurnal Ekonomi Bisnis Antartika, 1(September 2021), 9–16.
Napitu, R., Sriwiyanti, E., & Munthe, R. N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas PelayananTerhadap Keputusan Pembelian Di Toko Miyukie FloristPematangsiantar. Jurnal Ekonomi Integra, 12(2), 154–165. http://journal.stieip.ac.id/index.php/iga
Nisa, R. R. (2019). Pengaruh Sosial Media Influencerdan Trustworthinessterhadap Keputusan Pembeliankosmetikmake Over (Di Royal Plaza). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 07(02), 1–4.
Nurasmi, & Andriana Ana, N. (2024). Pengaruh Peran Beauty Vlogger, Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific Di Samarinda. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 4901–4920. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Ongky Hermawan, J. pratama P., & Fauzi, R. U. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Nilai Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Motor Listrik Di Kota Madiun. Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi I 14 Agustus 2019, 2010, 442–453.
Riset, J., Prodi, M., Fakultas, M., & Unisma, B. (2022). Angellina 2023. 12(02), 82–87.
Rofiuddin, M., Oetarjo, M., & Hariasih, M. (2024). The Role of Price, Service Quality and Location on Consumer Purchasing Decisions in Belikopi Sidoarjo. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7(4), 10345–10365.
Sinambela, Y. (2020). Analisis Perawatan Mesin Cetak Offset Heidelberg dengan Metode Total Productive Maintenance. Jurnal Optimalisasi, 6(2477–5479), 156–164. www.jurnal.utu.ac.id/joptimalisasi
Wicaksono, R. A., Octavia, A. N., & Aprianto, M. S. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Indomie Di Semarang. Solusi, 21(1), 10. https://doi.org/10.26623/slsi.v21i1.6064
Winarno, A. D., & Fitriyah, Z. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Muka Garnier Pada Mahasiswa di Surabaya. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(1), 1152–1157. https://doi.org/10.31539/costing.v7i1.7395
Zhang, C., & Chen, X. (2020). OCRS: An interactive object-based image clustering and retrieval system. Proceedings of the 6th International Workshop on Multimedia Data Mining, MDM ’05: Mining Integrated Media and Complex Data, 9(2), 71–78. https://doi.org/10.1145/1133890.1133898
Zilmam Sadad Abu Kautsar, A., Indayani, L., & Komala Sari, D. (2024). the Role of Digital Marketing, Word of Mouth and Brand Image on Sidoarjo People’S Purchasing Decisions on 3Second Brand in E-Commerce Peran Digital Marketing, Word of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Sidoarjo Pada Merek 3Secon. 7.