Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tas Ransel Di PD. Vina Garut

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aditya Syahwaludin K Syukur Tauzirie
Nizar Alam Hamdani
Alam Avrianto

Abstract

Fokus dari telaah ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penetapan harga dan adanya promosi berperan dalam keputusan konsumen untuk membeli tas ransel di PD Vina Garut. Data primer dalam riset ini dikumpulkan menggunakan metode kuantitatif melalui penyebaran angket (kuesioner) kepada 64 orang responden yang merupakan konsumen dari PD. Vina Garut, sampel studi ini ditetapkan melalui teknik pengambilan sampel bertujuan (purposive sampling). Adapun untuk menguji hipotesis, penelitian ini menerapkan analisis regresi linier berganda. Temuan dari riset ini mengindikasikan bahwa faktor harga dan promosi, ketika diuji secara individu (parsial) maupun bersama-sama (simultan), terbukti memberikan dampak positif  terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menegaskan bahwa strategi penetapan harga yang kompetitif dan kegiatan promosi yang efektif merupakan faktor krusial yang secara kolektif memberikan dorongan kuat bagi pelanggan untuk memutuskan pembelian tas ransel di PD. Vina Garut.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Syukur Tauzirie, A. S. K., Nizar Alam Hamdani, & Alam Avrianto. (2025). Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tas Ransel Di PD. Vina Garut. Jurnal E-Bis, 9(2), 921-933. https://doi.org/10.37339/e-bis.v9i2.2522

References

Agustina, I. R., Mursalim, L., Amir, & Amir, M. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Karawo Di Kota Gorontalo. Jurnal Online Manajemen Elpei (Jomel), 4(2), 1059–1068.
Albashori, M. F., & Nugroho, H. A. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Pt Puriland Development Nasional Purworejo Tahun 2022. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(1 Se-Articles), 21 – 40. Https://Doi.Org/10.32477/Jrabi.V3i1.560
Ayumi, B., & Budiatmo, A. (2021). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Hypermart Paragon Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis; Vol 10, No 2 (2021)Do - 10.14710/Jiab.2021.31511 . Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jiab/Article/View/31511
Bella, P. A., Yanti, V. Y., & Hidayat, H. (2023). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Penjualan Produk Di Pasar Tradisional. Jurnal Bisnis Digital, 1(2 Se-Articles), 33–46. Https://Doi.Org/10.52060/J-Bisdig.V1i2.1223
Br.T, R., & Purnama, N. (2025). Pengaruh Online Customer Review Dan Promosi Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sunscreen Wardah Di E-Commerce Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Sunscreen Wardah Di Kecamatan Medan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(3 Se-Artikel). Https://Doi.Org/10.36490/Jmdb.V3i3.1673
Devy, S., & Sinulingga, N. A. B. (2018). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Pada Pt. Rotella Persada Mandiri. Journal Of Management Science (Jmas), 1(1, Januari Se-Articles), 18–23. Https://Doi.Org/10.35335/Jmas.V1i1, Januari.4
Effendy, N. A., Pratami, P. L., & Lesmana Taufik Muhammad. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan Dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart Di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(165–173).
Farah, S. A., Saryadi, & Andi, W. (2022). Pengaruh Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 758–763.
Fatih, M. R. I., Winarso, W., & Anas, H. (2023). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kedai Kopi Kawula Muda Bekasi Timur. Jurnal Economina, 2(10 Se-Articles), 2756–2774. Https://Doi.Org/10.55681/Economina.V2i10.902
Ihsan Ramadhan, I., & Ali, H. (2024). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Produk Baru Dan Keputusan Costumer. Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 2(4 Se-Articles), 183–188. Https://Doi.Org/10.38035/Jpsn.V2i4.296
Kosasih, R., Yudiardi, D., & Avrianto, A. (2021). Peranan Penetapan Harga Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Pada Auto 2000 Soekarno Hatta. Journal Knowledge Management, 15(1), 47–61.
Kotler, & Amstrong. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.
Kotler, & Keller. (2014). Manajemen Pemasaran (13th Ed.). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Ed.). Pearson Pretice Hall, Inc.
Mochamad, A. F., & Jamaludin, K. (2022). Pengaruh Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Angkringan Nineteen. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 1419–1430. Https://Doi.Org/10.32670/Ht.V1i10.2145
Mulyana, S. (2021). Pengaruh Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 7(2), 185–195. Https://Doi.Org/10.35446/Dayasaing.V7i2.665
Nugroho, T. (2022). Efek Promosi Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Tas. Jurnal Riset Pemasaran, 9(4), 101–112.
Nurlela, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Membeli Tiket Bioskop Online Melalui Aplikasi Tix.Id Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tjut Nyak Dhien Medan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2 Se-Artikel). Https://Doi.Org/10.36490/Jmdb.V2i2.872
Pertiwi, M. D., Nurlenawati, N., & Anggela, F. P. (2024). Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Produk Skincare Di Tiktok Shop (Survei Pada Karyawan Pt Chang Shin Indonesia). Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (Jebs). Https://Api.Semanticscholar.Org/Corpusid:272815328
Ratih Renaningtyas, A., Aulia Dwi Wahyuni, & Lita Oktarina. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Konsumen: Promosi, Harga Dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(5 Se-Articles), 522–529. Https://Doi.Org/10.31933/Jemsi.V3i5.988
S., R. Y. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Giant Supermarket Di Cikarang. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(4 Se-Articles), 542–548. Https://Doi.Org/10.32493/Jee.V2i4.10673
Salma, F. A., Saryadi, S., & Wijayanto, A. (2022). Pengaruh Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 758–763. Https://Doi.Org/10.14710/Jiab.2022.36079
Selfi Oktaviani, & Alvin Praditya. (2024). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Triple Jack Coffee House Ruko Evergreen Citra Raya Tangerang . Jurnal Ilmiah Swara Manajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 4(1 Se-Articles), 172–186. Https://Doi.Org/10.32493/Jism.V4i1.38272