Penerapan Kepemimpinan Kewirausahaan Oleh Pimpinan Lembaga Kursus Dan Pelatihan Pada Masa Pandemi Covid-19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Kardianto Indra Purnomo

Abstract

Lembaga kursus termasuk dalam golongan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dilihat dari jumlah modal yang dimiliki. Namun peranan lembaga kursus dan pelatihan dalam menyediakan tenaga kerja sudah teruji, bukan hanya dilatih keterampilan, di uji kompetensi, namun juga ditempatkan di tempat kerja atau diarahkan untuk menjadi wirausaha. Hal itu terkait dengan kemampuan pengelola lembaga kursus dan pelatihan dalam menghadapi serangan Pandemi Covid-19 dari Medio Maret 2019 hingga sekarang, dengan pelarangan mengadakan tatap muka, walaupun diperbolehkan dengan syarat mengutamakan protokoler kesehatan yang ketat. Kemampuan atau kompetensi kepemimpinan kewirausahaan dalam mengelola lembaga kursus dan pelatihan mencakup beberapa karakteristik, namun peneliti hanya mengemukakan 5 (lima) karakteristik, yaitu : yaitu (1) Inovatif; (2) Kerja Keras dan Pantang Menyerah; (3) Motivasi Berprestasi Tinggi; (4) Berani Mengambil Risiko; (5) Proaktif. Hasil yang diperoleh bahwa pengelola lembaga kursus dan pelatihan sangat tangguh dalam mempertahankan berdirinya operasional lembaganya dengan tetap memperhatikan mutu dan merubah inovasi pengelolaannya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Purnomo, K. I. (2021). Penerapan Kepemimpinan Kewirausahaan Oleh Pimpinan Lembaga Kursus Dan Pelatihan Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 5(1), 157-171. https://doi.org/10.37339/e-bis.v5i1.426

References

Badan penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan.Jakarta : Depdiknas

Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Kependidikan Kemendiknas. 2010, Kewirausahaa. Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah. Jakarta : Dirjen PMPTK

Edy Legowo, Munawir Yusuf, dan Joko Sutrisno. 2001. Standarisasi Test Kepribadian Kewirausahaan Pemuda Mahasiswa Versi Indonesia sebagai Penunjang Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Penelitian RUKK-LIPI. Surakarta. FKIP UNS.

Endang Sadbudhy Rahayu, 2020, Kewirausahaan di SMK Masa Kini, Jakarta, PT.Karendra Putra Kreasindo.

GUSTIA, YUWANA PUTRI (2014) PENDIRIAN LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN NON FORMAL DI KOTA PADANG. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan, e-skripsi Universitas Andalas.

Iwan Sutandi, Muhammad Yani dan Thami Agus Rusdi, 2020, Aplikasi Administrasi Nilai Berbasis WEB pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Cendana Samarinda, Jurnal Ilmiah Behongang, Vol. 3 No. 1 (2020)

Jaya Bahwiyanti, Rama Andri Syawalli, 2020, Analisis Kualitas Pelayanan Lembaga Pelatihan Kursus Komputer Untuk Meningkatkan Kepuasan Siswa Pada Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra Cindai Alus Martapura, ejournal.stiepancasetia.ac.id Jilid 6 Nomor 1

Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah. 2017. Bahan Pembelajaran Diklat Calon Kepala Sekolah/Madrasah. Latihan Kepemimpinan.Karanganyar : LPPKS. Karanganyar : LPPKS.

Sudjana, 2004, Manajemen Program Pendidikan, Bandung, Falah Production.

Suryana, 2003, Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Wawan Dhewanto. 2013. Intrapreneurship: Kewirausahaan Korporasi Bandung: Rekayasa Sains.
Winarto, P., 2004. First Step to be An Entrepreneur: Berani Mengambil Risiko Untuk Menjadi Kaya. Jakarta: PT. Gramedia.

Zimmerer. Thomas W., 2005. Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil. Jakarta: Indeks.

Wawan Dhewanto. 2013. Intrapreneurship: Kewirausahaan Korporasi Bandung: Rekayasa Sains.
Winarto, P., 2004. First Step to be An Entrepreneur: Berani Mengambil Risiko Untuk Menjadi Kaya. Jakarta: PT. Gramedia.
Zimmerer. Thomas W., 2005. Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil. Jakarta: Indeks.