Penguatan Manajemen Pemasaran Kerajinan Anyaman Pandan Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital di Desa Pohkumbang Kabupaten Kebumen
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kerajinan anyaman pandan merupakan umkm yang ada di Desa Pohkumbang Kec. Karanganyar, Kab. Kebumen, Memanfaatkan daun pandan sebagai bahan baku yang di cari masyarakat di pekarangan maupun di hutan sekitar desa. Seiring berkembangnya peralatan
produksi, masyarakat mulai membeli alat untuk keperluan membuat anyaman pandan sehingga produksi lebih cepat dilakukan walaupun relatif masih menggunakan bantuan tangan. Anyaman pandan desa pohkumbang memiliki ragam variasi dari berbentuk dompet, tas, tempattissu, dll dengan berbagai macam motif. Dengan peningkatan kecepatan produksi masih belum diimbangi dengan kecepatan penjualan yang masih bergantung pada permintaan pengepul/penjual anyaman di pasar sekitar kebumen. Kondisi ini diperburuk dengan adanyadampak pandemi covid-19 yang membuat penurunan permintaan pasar anyaman pandan sehingga saat ini produksi menjadi menurun dan juga beberpa pengrajin mengalami macet
produksi.
Oleh karena itu TIM P2MD Lars Alejandro beserta dosen pembimbing membuatkan website dan toko online dan tujuan dari program ini adalah untuk penguatan sekaligus meningkatkan wawasan masyarakat desa terkait manajemen pemasaran dan pemanfaatan teknologi digital dengan metode sosialisasi dan pelatihan, Sosialisasi Branding dan Website,Sosialisai Online Shop, Evaluasi Manajemen dan pengukuran program dari program
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Magdalena, H., & Santoso, H. (2021). Sosialisasi Pemasaran Digital Bagi Pelaku Industri Rumahan di Kabupaten Bangka Tengah. Jurnal Abdidas, 2(5), 1054-1063.
Chakti, A. G. (2019). The Book of Digital Marketing (Sobirin (ed.); Cetakan . Celebes Media Perkasa.
Sa’diyah, C., Hilmi, L. D., & Fitriasari, F. (2022). PENGUATAN STRATEGI BRANDING DAN DIGITAL MARKETING PADA EDOTEL SKALA SMK NEGERI 1 LAMONGAN, JAWA TIMUR. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 6(02). https://doi.org/10.22219/skie.v6i02.22420
Waluyo, A., Wakhid Yuliyanto, Asni Tafrikhatin, Wahyu Nur Hidayat, Abdurahman Mahmud, Yuni Pancawati, & Alfi Rohmatul Fauziyah. (2022). Pelatihan Pengelolaan Website untuk Pengurus PC dan Pengurus PAC Muslimat NU Se-Kebumen. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(3), 483-490. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i3.1057
Sanjaya, Ridwan dan Tarigan, Joshua (2009). Creative Digital Marketing. Elex Media Komputindo.
M. Susilo, “Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 2, no. 2, pp. 98–105, 2018, doi: 10.30743/infotekjar.v2i2.171.
Sotya Partiwi Ediwijoyo, Wakhid Yuliyanto, & Ari Waluyo. (2020). Meningkatkan pelayanan publik Di Desa Padureso Kec. Padureso Kebumen dengan Sosialisasi dan PenyuluhanTata Kelola Administrasi Desa. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 354-363. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.412
G. P. Suri and Z. S. Hasibuan, “Sistem Informasi Penjualan Online Berbasis Web di Tassia Store,” Eng. Technol. Int. J., vol. 03, no. 1, pp. 55–65, 2021.
F. Bagus Pratama, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Toko Abadi Furniture,” vol. 1, no. 09, pp. 1360–1368, 2022, doi: 10.32493/jtsi.v6i1.22638.
N. N. Firmansyah and A. Mulyani, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online Berbasis Web Pada Toko Spiccato Bandung,” J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 572–581, 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.14-2.572.
Nurainun, Heriyana, and Rasyimah, “Analisis Industri Batik di Indonesia,” Fokus Ekon., vol. 7, no. 3, pp. 124–135, 2008.
Z. Ridlwan, “Payung Hukum Pembentukan BUMDes,” FIAT JUSTISIAJurnal Ilmu Huk., vol. 7, no. 3, pp. 355–371, 2015, doi: 10.25041/fiatjustisia.v7no3.396.