Penguatan Manajemen Pemasaran Kerajinan Anyaman Pandan Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital di Desa Pohkumbang Kabupaten Kebumen

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ari Waluyo
Wakhid Yuliyanto
Sri Wahyuningsih
Endang Shyta Triana
Ferdianto
Rudi Muhammad Maulana
Yuni Pancawati
Nasikin
Arizki Nurul Huda
Alif Faturrohman
M. Misbahul Huda
Mohammad Maskur
Hafid Naifudin

Abstract

Kerajinan anyaman pandan merupakan umkm yang ada di Desa Pohkumbang Kec. Karanganyar, Kab. Kebumen, Memanfaatkan daun pandan sebagai bahan baku yang di cari masyarakat di pekarangan maupun di hutan sekitar desa. Seiring berkembangnya peralatan
produksi, masyarakat mulai membeli alat untuk keperluan membuat anyaman pandan sehingga produksi lebih cepat dilakukan walaupun relatif masih menggunakan bantuan tangan. Anyaman pandan desa pohkumbang memiliki ragam variasi dari berbentuk dompet, tas, tempattissu, dll dengan berbagai macam motif. Dengan peningkatan kecepatan produksi masih belum diimbangi dengan kecepatan penjualan yang masih bergantung pada permintaan pengepul/penjual anyaman di pasar sekitar kebumen. Kondisi ini diperburuk dengan adanyadampak pandemi covid-19 yang membuat penurunan permintaan pasar anyaman pandan sehingga saat ini produksi menjadi menurun dan juga beberpa pengrajin mengalami macet
produksi.
Oleh karena itu TIM P2MD Lars Alejandro beserta dosen pembimbing membuatkan website dan toko online dan tujuan dari program ini adalah untuk penguatan sekaligus meningkatkan wawasan masyarakat desa terkait manajemen pemasaran dan pemanfaatan teknologi digital dengan metode sosialisasi dan pelatihan, Sosialisasi Branding dan Website,Sosialisai Online Shop, Evaluasi Manajemen dan pengukuran program dari program

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Waluyo, A., Wakhid Yuliyanto, Sri Wahyuningsih, Endang Shyta Triana, Ferdianto, Rudi Muhammad Maulana, Yuni Pancawati, Nasikin, Arizki Nurul Huda, Alif Faturrohman, M. Misbahul Huda, Mohammad Maskur, & Hafid Naifudin. (2023). Penguatan Manajemen Pemasaran Kerajinan Anyaman Pandan Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital di Desa Pohkumbang Kabupaten Kebumen. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 261-268. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i2.1161

References

Wilianto, W. (2020, November). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN MELALUI SOSIAL MEDIA DAN REVIEW PRODUK PADA MARKETPLACE SHOPEE PADA PERUSAHAAN MINI GROSIR MALL. In Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology(Vol. 1, No. 1, pp. 287-296).

Magdalena, H., & Santoso, H. (2021). Sosialisasi Pemasaran Digital Bagi Pelaku Industri Rumahan di Kabupaten Bangka Tengah. Jurnal Abdidas, 2(5), 1054-1063.

Chakti, A. G. (2019). The Book of Digital Marketing (Sobirin (ed.); Cetakan . Celebes Media Perkasa.

Sa’diyah, C., Hilmi, L. D., & Fitriasari, F. (2022). PENGUATAN STRATEGI BRANDING DAN DIGITAL MARKETING PADA EDOTEL SKALA SMK NEGERI 1 LAMONGAN, JAWA TIMUR. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 6(02). https://doi.org/10.22219/skie.v6i02.22420

Waluyo, A., Wakhid Yuliyanto, Asni Tafrikhatin, Wahyu Nur Hidayat, Abdurahman Mahmud, Yuni Pancawati, & Alfi Rohmatul Fauziyah. (2022). Pelatihan Pengelolaan Website untuk Pengurus PC dan Pengurus PAC Muslimat NU Se-Kebumen. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(3), 483-490. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i3.1057

Sanjaya, Ridwan dan Tarigan, Joshua (2009). Creative Digital Marketing. Elex Media Komputindo.
M. Susilo, “Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 2, no. 2, pp. 98–105, 2018, doi: 10.30743/infotekjar.v2i2.171.
Sotya Partiwi Ediwijoyo, Wakhid Yuliyanto, & Ari Waluyo. (2020). Meningkatkan pelayanan publik Di Desa Padureso Kec. Padureso Kebumen dengan Sosialisasi dan PenyuluhanTata Kelola Administrasi Desa. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 354-363. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.412
G. P. Suri and Z. S. Hasibuan, “Sistem Informasi Penjualan Online Berbasis Web di Tassia Store,” Eng. Technol. Int. J., vol. 03, no. 1, pp. 55–65, 2021.
F. Bagus Pratama, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Toko Abadi Furniture,” vol. 1, no. 09, pp. 1360–1368, 2022, doi: 10.32493/jtsi.v6i1.22638.
N. N. Firmansyah and A. Mulyani, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online Berbasis Web Pada Toko Spiccato Bandung,” J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 572–581, 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.14-2.572.
Nurainun, Heriyana, and Rasyimah, “Analisis Industri Batik di Indonesia,” Fokus Ekon., vol. 7, no. 3, pp. 124–135, 2008.
Z. Ridlwan, “Payung Hukum Pembentukan BUMDes,” FIAT JUSTISIAJurnal Ilmu Huk., vol. 7, no. 3, pp. 355–371, 2015, doi: 10.25041/fiatjustisia.v7no3.396.

Most read articles by the same author(s)