Pelatihan dan Pendampingan Perhitungan Harga Pokok dan Harga Jual Produk serta Peningkatan Penjualan dengan Menggunakan Sosial Media Pada Pengusaha Tape

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nurlinda
Rahmadani
Vivianti Novita
Asmalindar
Sintiya Rajagukguk
Alika Rahmadia
Raisa Atthiyah Arin
Ageng Rahyan Al Amin
Suryanto

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mendampingi UMKM mitra Kelompok Wanita Tani (KWT) Rumah Tape Kelurahan Baru Ladang Bambu Kecamatan Medan Tuntungan Kota Medan. Pengabdian ini dilaksanakan pada bulan September 2023 oleh tim pelaksana yakni 4 orang dosen Politeknik Negeri Medan dan mahasiswa bersama dengan KWT Rumah Tape di Medan Tuntungan yang dihadiri sebanyak 14 orang. Materi yang disampaikan pada kegiatan pendampingan ini yaitu perhitungan harga pokok dan harga jual produk serta peningkatan penjualan dengan menggunakan sosial media pada pengusaha tape. Hasil dari kegiatan pengabdian ini meningkatkan pengalaman dan pengetahuan pelaku usaha Rumah Tape terkait akan perlunya sosial media dengan begitu berdampak positif pada peningkatan pendapatan. Penerapan digital marketing dapat memperluas pangsa pasar. Kemudian pelaku usaha Rumah Tape memperdalam perhitungan harga pokok dan harga jual produk secara mandiri.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nurlinda, Rahmadani, Vivianti Novita, Asmalindar, Sintiya Rajagukguk, Alika Rahmadia, Raisa Atthiyah Arin, Ageng Rahyan Al Amin, & Suryanto. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Perhitungan Harga Pokok dan Harga Jual Produk serta Peningkatan Penjualan dengan Menggunakan Sosial Media Pada Pengusaha Tape. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 274-287. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i1.1430

References

Departemen Perdagangan RI. (2008). Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025: Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009-2015. Departemen Perdagangan Republik Indonesia.

Juli Meliza, Nurhayati, Rahmadani, Akbar, A., & Tinggi, S. (2022). Pendampingan Digitalisasi Keuangan Untuk Penyusunan Harga Pokok Produksi Pelaku Usaha (Mitra) Pengrajin Tapai Singkong. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi 1(1), 42-50.

Karya Bersama Fakultas Ekonomi Universitas Surabaya dan Forum Daerah UKM Jawa Timur. (2007). Kewirausahaan UKM Pemikiran dan Pengalaman. Graha Ilmu.

Kurdi, M., & Firmansyah, I. D. (2020). Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Di Kabupaten Sumenep Melalui E-Commerce. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 569–575. https://doi.org/10.22437/jssh.v4i2.11003

Narto, N., & HM, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 48–54. https://doi.org/10.30656/intech.v6i1.2195

Nurhayati & Rahmadani. (2022). Pendampingan Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada Usaha Cekeremes Di Kecamatan Medan Tuntungan. https://journals.stimsukmamedan.ac.id/index.php/senashtek

Nurlinda, & Fathimah, V. (2019). Determinan Adopsi E-Commerce Dan Dampaknya Pada Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(3), 445–464. https://doi.org/10.17509/jrak.v7i3.18105

Nurlinda, N., Sinuraya, J., & Asmalidar, A. (2020a). The Influence of Online Technology on the Performance of MSMEs in the Covid-19 Pandemic Era. ICETLAWBE. https://doi.org/10.4108/eai.26-9-2020.2302781

Nurlinda, N., Sinuraya, J., Asmalidar, A., Hassan, R., & Supriyanto, S. (2021). Use of online applications in maintaining msmes performance during the covid-19 pandemic. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 7(2), 80–94. https://doi.org/10.26594/register.v7i2.2223

Nurlinda, Novita, V., Siregar, D. A., & Fitri, N. (2023). Model Bisnis UMKM (Rancang Bangun Bisnis untuk Usaha Pemula) (1st ed.). CV Merdeka Kreasi. https://books.google.com/books/about/Model_Bisnis_UMKM.html?hl=id&id=Z6-3EAAAQBAJ

Nurlinda, Novita, V., Siregar, D. A., Hanum, Z., & Hiya, N. (2023). Building a Business Model for Micro , Small and Medium Enterprises ( MSME ) after the Covid-19 Pandemic ( Case Study of MSME Fried Onions UMI 4 R Kitchen ). International Journal Reglement & Society, 4(1), 261–264.
Nurlinda, Sinuraya, J., & Asmalidar. (2020b). UMKM Ditengah Badai Krisis (Menilik Potensi dan Problematika). Merdeka Kreasi Group.

Nurlinda, & Wardayani. (2018). Factors Affecting E-Commerce Adoption on Micro, Small and Medium Enterproses in Medan City. www.depkop.go.id

Rahmadani, R., & Jefriyanto, J. (2021a). A Strategy To Promote The Competitiveness Of Micro, Small And Medium Enterprises (MSME) During The Condition Of Covid 19 Pandemics. Jurnal Akuntansi, 11(3), 197–208. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.11.3.197-208

Rahmadani, R., & Jefriyanto, J. (2021b). a Strategy To Promote the Competitiveness of Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) During the Condition of Covid 19 Pandemics. Jurnal Akuntansi, 11(3), 197–208. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.11.3.197-208

Rahmadani, Wardayani, Nurlinda, Nurhayati, Supriyanto, Sugianto, Elserra Siemin Ciamas, & Dewi Anggraini. (2021a). Pendampingan UMKM Hebat dengan Inovasi Produk, Pemasaran Digital, dan Pengelolaan Keuangan Pada Usaha Cekeremes di Kecamatan Medan Tuntungan. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 147–157. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i2.637

Rahmadani, Wardayani, Nurlinda, Nurhayati, Supriyanto, Sugianto, Elserra Siemin Ciamas, & Dewi Anggraini. (2021b). Pendampingan UMKM Hebat dengan Inovasi Produk, Pemasaran Digital, dan Pengelolaan Keuangan Pada Usaha Cekeremes di Kecamatan Medan Tuntungan. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 147–157. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i2.637

Suparmin, Roniwijaya, P., Priyanto, S., & Setiadi, B. R. (2017). Eksplorasi sub-sub sektor industri kreatif di pusat-pusat keramaian kabupaten kulon progo. Studi Pendidikan Teknik Mesin, January, 712–720.