Meningkatkan Daya Saing Pengusaha Perempuan melalui Pelatihan Mindset Kewirausahaan dan Literasi Digital

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Berto Mulia Wibawa
Ni Gusti Made Rai
Geodita Woro Bramanti
Imam Baihaqi

Abstract

Indonesia saat ini menghadapi tantangan terutama pada rendahnya daya saing usaha mikro dan kecil yang dijalankan oleh perempuan. Usaha yang dijalankan relatif stagnan dan sulit berkembang, karena minimnya pemahaman tentang pola pikir kewirausahaan dan literasi digital. Tujuan PKM adalah meningkatkan daya saing pengusaha perempuan pemula di Indonesia melalui pelatihan bertema mindset kewirausahaan dan literasi digital. Pelatihan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pengusaha perempuan tentang mindset kewirausahaan, memanfaatkan media sosial dan e-commerce untuk pemasaran produk, serta menggunakan aplikasi keuangan digital. Hasil PKM menunjukkan transformasi signifikan, peserta yang sebelumnya hanya menggunakan media sosial untuk keperluan pribadi, sekarang menggunakannya untuk mengembangkan bisnis. Selain itu, yang sebelumnya mencatat keuangan secara manual, kini beralih ke aplikasi pencatatan keuangan digital, meningkatkan efisiensi pengelolaan keuangan bisnis, mendorong pembentukan komunitas bisnis informal, memfasilitasi pertukaran ide dan networking yang berkelanjutan. Pelatihan ini bukan hanya berdampak dalam meningkatkan keterampilan bisnis yang dijalankan para perempuan di Kota Surabaya dan sekitarnya, tetapi memberikan kontribusi signifikan dalam mengurangi kesenjangan gender di dunia usaha dan mendukung pertumbuhan ekonomi regional.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Berto Mulia Wibawa, Ni Gusti Made Rai, Geodita Woro Bramanti, & Imam Baihaqi. (2023). Meningkatkan Daya Saing Pengusaha Perempuan melalui Pelatihan Mindset Kewirausahaan dan Literasi Digital. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(3), 354-366. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i3.1480

References

Chatterjee, S., & Kar, A. K. (2020). Why do small and medium enterprises use social media marketing and what is the impact: Empirical insights from India. International Journal of Information Management, 53, 102103.
De Mel, S., McKenzie, D., & Woodruff, C. (2014). Business training and female enterprise start-up, growth, and dynamics: Experimental evidence from Sri Lanka. Journal of Development Economics, 106, 199-210.
Dweck, C. S., & Yeager, D. S. (2019). Mindsets: A view from two eras. Perspectives on Psychological science, 14(3), 481-496.
Eckerson, W. W. (2010). Performance dashboards: measuring, monitoring, and managing your business. John Wiley & Sons.
Gielnik, M. M., Uy, M. A., Funken, R., & Bischoff, K. M. (2017). Boosting and sustaining passion: A long-term perspective on the effects of entrepreneurship training. Journal of Business Venturing, 32(3), 334-353.
Kementerian Koperasi dan UKM RI. (2021). Data UMKM - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. https://www.kemenkopukm.go.id/data-umkm (accessed 2 June 2023).
Kumari, S., Kaushik, V., & Lodha, N. (2010). Problems faced by rural women entrepreneurs of Rajasthan. Studies on Home and Community Science, 4(2), 115-119.
Olsson, A. K., & Bernhard, I. (2021). Keeping up the pace of digitalization in small businesses–Women entrepreneurs' knowledge and use of social media. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 27(2), 378-396.
Su, J., Zhang, Y., & Wu, X. (2023). How market pressures and organizational readiness drive digital marketing adoption strategies' evolution in small and medium enterprises. Technological Forecasting and Social Change, 193, 122655.
Wibawa, B. M., Baihaqi, I., Hanoum, S., Ardiantono, D. S., Kunaifi, A., Persada, S. F., ... & Nareswari, N. (2019). Model Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Cloud Bagi Pelaku UMKM. Sewagati, 3(3), 51-56.
We are social. (2023). Digital 2023 Indonesia. https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digital-2023/
Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2020). What can be learned from growth mindset controversies?. American psychologist, 75(9), 1269.